Menghemat Biaya Persalinan Bisa Mama Lakukan Dengan 5 Tips Ini!

Menghemat Biaya Persalinan Bisa Mama Lakukan Dengan 5 Tips Ini!

1.8K
Biaya persalinan adalah hal yang penting untuk Mama perhatikan sejak awal kehamilan. Untuk menghemat biaya persalinan Mama bisa lakukan 7 tips ini.

Mama lagi hamil? Selamat, ya! Pastinya perasaan bahagia itu selalu melingkupi setiap harinya. Apalagi untuk Mama dan Papa yang telah menantikan si buah hati sejak lama, tentunya bahagianya dobel, ya. Selain kesehatan Mama dan calon bayi yang harus diperhatikan, biaya persalinan juga perlu menjadi perhatian Mama dan Papa.

As we know ya, biaya persalinan sekarang ini nggak murah. Mama pastinya mengharapkan untuk persalinan normal bukan. Tapi, kadang kala kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Otomatis, kita harus bisa menyiapkan biaya persalinan setidaknya untuk ukuran sectio cesaria (SC) untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA


Persiapan Hamil dan Doa yang Tak Putus Memberi Saya Kepercayaan Bahwa Anugerah Itu Akan Datang Suatu Hari Nanti. Mama Juga Bisa Melakukannya!

Persiapan Hamil dan Doa yang Tak Putus Memberi Saya Kepercayaan Bahwa Anugerah Itu Akan Datang Suatu Hari Nanti. Mama Juga Bisa Melakukannya!

Persiapan hamil memang harus dilakukan berdua dengan suami, bukan hanya tugas Mama saja. Yuk, terus berdoa, berusaha dan ikhlas. Anugerah ...

Read more..

Kapan kita mesti menyiapkan biaya persalinan?

Ada baiknya, biaya persalinan sudah mulai Mama cicil sejak tanda strip dua muncul di test pack. Lebih baik lagi, jika Mama dan Papa sudah mulai menyiapkannya setelah menikah (sebelum dinyatakan hamil). Untuk besaran rupiahnya, tergantung Mama dan Papa disesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga.

Nah, saat Mama akan melakukan kontrol pertama kali ke dokter kandungan di rumah sakit, klinik atau puskesmas, Mama bisa tanya berapa biaya persalinan untuk normal dan SC. Kalau di rumah sakit dan klinik, Mama akan diberikan brosur rincian biaya persalinan normal dan SC, serta harga per kamar.

Hal-hal yang perlu diketahui untuk perkiraan biaya persalinan

Biaya persalinan akan dibayarkan oleh Mama dan Papa tergantung dari tindakan yang dilakukan pada saat itu.

- Tindakan bersalin normal memang biaya lebih murah dibandingkan SC. Tapi, Mama perlu tahu untuk persalinan normal juga berbeda lho harganya. Perbedaannya disebabkan oleh tindakan yang dilakukan tenaga medis. Tentunya persalinan normal spontan akan lebih murah dibandingkan normal dengan bantuan induksi, ILA, vacuum.

- Untuk persalinan secara SC, kadang ada perbedaan dengan harga yang ditentukan karena ada tambahan obat. Memang sih, nggak terlalu banyak tapi perlu untuk disiapkan.

- Pilihan kelas kamar juga memengaruhi biaya persalinan lho Ma. Tentu saja kelas VIP akan lebih mahal daripada kelas I, II, III. Nggak usah malu untuk bertanya rincian harga per kamar.

BACA JUGA


Menjalani Kehamilan dan Melahirkan di Usia Rawan, Begini 10 Cara untuk Tetap Sehat dan Bahagia!

Menjalani Kehamilan dan Melahirkan di Usia Rawan, Begini 10 Cara untuk Tetap Sehat dan Bahagia!

Melahirkan di usia rawan berisiko terkena penyakit yang bahkan tak pernah kita idap sebelumnya, seperti kolesterol, diabetes, darah tinggi, ...

Read more..

Setelah mengetahui HPL (hari perkiraan lahir), Mama bisa melakukan tips ini untuk menghemat biaya persalinan.

1. Manfaatkan asuransi yang dipunya

Setiap tempat kerja pasti menyediakan asuransi bagi karyawannya. Biasanya asuransinya ada yang swasta, BPJS. Bahkan ada juga perusahaan yang memberikan dua asuransi tersebut.

Apabila Mama akan menggunakan asuransi swasta, bisa ditanyakan ke HRD fasilitas apa saya yang akan didapatkan, plafon biaya melahirkan, rawat jalan, kelas kamar. Perlu banget Mama tanya, apakah sistem reimbursement atau bukan. Jangan lupa pula untuk ditanyakan dokumen yang akan disiapkan apabilan asuransinya menggunakan sistem reimbursement.

Lain halnya jika Mama dan Papa memilih menggunakan BPJS. Mama perlu mengetahui rumah sakit mana saja yang bekerja sama dengan BPJS. Dan Mama harus tahu alur surat rujukan yang mesti diperoleh sebelum masuk rumah sakit. Perihal biaya persalinan, BPJS mengcover semuanya normal dan SC. Bahkan bayi yang ada di dalam kandungan pun sudah bisa didaftarkan, tapi Mama harus tahu mekanismenya, syaratnya apa saja untuk pendaftaran.

2. Berhemat

Ini adalah hal yang paling penting untuk dilakukan.

Banyak hal yang bisa Mama lakukan untuk hal ini, salah satunya dengan memangkas biaya pengeluaran rumah tangga yang nggak penting, seperti makan di restoran tiap minggu. Bisa kan diganti dengan makan di rumah saja.

Apabila ada dana berlebihan, segera masukkan ke tabungan dan jangan diambil kecuali ada urusan yang emergency. Pilihan deposito juga menjadi alternatif untuk Mama agar bisa berhemat demi persiapan melahirkan.

3. Belanja kebutuhan bayi dan ibu secukupnya

Mama yang lagi hamil anak pertama pasti menunggu saat untuk belanja kebutuhan bayi dan melahirkan, benar nggak Ma?

Memang sih barang-barang bayi itu lucu dan menggoda iman untuk membeli dalam jumlah banyak. Coba tahan diri dulu, ya, Ma. Karena ada beberapa barang yang tak perlu dibeli dalam jumlah banyak. Ingat Ma, bayi nantinya akan tumbuh, jadi belanja lah pakaian bayi secukupnya. Belanja berlebihan hanyalah pemborosan.

Agar Mama tidak mengalami pemborosan, sebaiknya bikin list barang-barang apa saja yang penting untuk dibeli. Sehingga, Mama dan Papa bisa kalkulasi berapa besar biaya yang dibutuhkan.

O ya, biasanya akan ada kerabat yang memberikan warisan perlengkapan bayi dan ibu melahirkan, diterima Ma. Tak usah gengsi atau malu, toh mereka akan memberikan barang yang masih layak dipakai. Setidaknya ini salah satu bentuk menghemat pengeluaran biaya setelah melahirkan.

4. Survei tempat melahirkan

Melakukan survei tempat melahirkan perlu dilakukan agar Mama bisa tahu biaya persalinan. Ini bisa dilakukan di awal kehamilan.

Ketika Mama telah memutuskan untuk kontrol kandungan ke bidan atau dokter ahli kandungan, maka Mama mesti tahu di mana mereka praktek.

Biasanya dokter ahli kandungan, mereka kerja di beberapa rumah sakit mana dan klinik. Mama bisa lakukan survei di tempat-tempat tersebut. Begitu juga apabila Mama kontrol ke bidan, cari tahu apa bisa lakukan persalinan di puskesmas atau klinik tempat bidan bekerja.

Perkiraan biaya melahirkan di bidan sekitar Rp 800.000 - Rp 1.500.000 di tempat bidan praktek swasta. Jika melahirkan di bidan di rumah bersalin atau rumah sakit harganya sekitar Rp 3.000.000 - Rp 5.000.000. Jika dengan dokter kandungan, harganya sekitar Rp 6 - 9 juta dengan persalinan normal spontan. Jika melahirkan dengan operasi caesar, biayanya sekitar Rp 13 juta - 25 juta. Ini hanya harga perkiraan saja. Harganya relatif dan berbeda-beda tergantung lokasi di mana Mama melahirkan dan tindakan apa yang diperlukan.

5. Siapkan biaya tak terduga

Selama proses kehamilan hingga melahirkan, pastinya kita mengharapkan yang terbaik untuk Mama dan bayi. Tapi, ada kondisi tertentu di mana Mama atau bayi harus memerlukan perawatan khusus.

Misalnya, Mama diharuskan melahirkan secepat mungkin dan belum genap bulan. Bayi pun diharuskan masuk ke NICU agar bisa mengontrol perkembangannya dan menyempurnakan organ tubuhnya. Ada juga bayi yang kuning, otomatis harus disinar dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut sungguh di luar prediksi, Ma. Dan tak ada yang tahu itu bakal terjadi. Biaya-biaya tersebut pun tidaklah murah. Oleh karena itu, ada baiknya Mama menyiapkan dana cadangan untuk hal tak terduga ini.

Dana cadangan bisa Mama peroleh, dari pinjaman karyawan di kantor tempat bekerja atau menjual investasi yang Mama miliki seperti, emas.

BACA JUGA


5 Makanan Ibu Menyusui Ini Wajib Mama Konsumsi Untuk Menghasilkan ASI Berkualitas!

5 Makanan Ibu Menyusui Ini Wajib Mama Konsumsi Untuk Menghasilkan ASI Berkualitas!

Makanan ibu menyusui memang harus diperhatikan demi si bayi dan juga Mama sendiri. Dengan memilih makanan ibu menyusui yang tepat, Mama bisa ...

Read more..

Memikirkan biaya persalinan dan endebre lainnya memang bikin pening, Ma. Jangan sampai memikirkannya membuat kondisi Mama drop, ya. Dikomunikasikan dengan suami dan cari solusinya. Semoga cara menghemat biaya persalinan ini bisa membantu mengatasi permasalahan Mama, ya.

Semoga sehat selalu, Ma.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menghemat Biaya Persalinan Bisa Mama Lakukan Dengan 5 Tips Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Armita Fibriyanti | @Armita

Ibu dari dua orang putra yang saat ini menekuni pekerjaan sebagai konsultan nama bayi dan perusahaan, penerjemah dokumen, dan blogger.

Silahkan login untuk memberi komentar