Menjaga Kesehatan Anak? Mulailah dari Beberapa Kebiasaan Kecil Ini untuk Manfaatnya hingga Jauh ke Masa Depan Nanti!

photo credit : country

Menjaga Kesehatan Anak? Mulailah dari Beberapa Kebiasaan Kecil Ini untuk Manfaatnya hingga Jauh ke Masa Depan Nanti!

1.5K
Kesehatan anak ditentukan oleh kebiasaan-kebiasaannya yang sudah diajarkan oleh Mama sejak kecil. So, jangan pernah menyepelekan beberapa kebiasaan kecil ini demi bekal masa depannya nanti ya, Ma.

Semua ibu pasti ingin agar anak jarang sakit dan selalu sehat, termasuk Mama sendiri tentunya, kan? Namun apakah Mama sudah memahami bagaimana caranya menjaga kesehatan anak dan mencegah penyakit untuk datang menghampiri si kecil?

Well, meski terlihat sepele dan mungkin bahkan beberapa di antaranya memang sudah biasa kita lakukan, namun kebiasaan-kebiasaan ini memang terbukti dapat meningkatkan kesehatan anak. Karena itu, patut Mama ajarkan selagi mereka masih kecil ya, Ma, agar mereka memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatannya sendiri.

Kenapa harus dibiasakan sejak mereka masih kecil?

Karena kebiasaan-kebiasaan tersebut tidak dibangun hanya dengan hitungan hari ataupun bulan, Ma, melainkan tahunan. Dengan mengajarkannya sejak dini, anak semakin terbiasa dan akan cenderung menerapkannya sepanjang hidupnya.



Nah, Ma, benefitnya besar sekali kan. Maka, yuk, coba kita lihat kebiasaan apa saja yang harus Mama tanamkan demi kesehatan anak ini.


Kebiasaan-kebiasaan kecil namun terbukti bisa meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan

1. Sikat Gigi Minimal 2 x Sehari


photo credit : apexfamilydental

Dalam 1 hari (24 jam), bakteri di dalam mulut kita akan berkembang biak dengan subur jika tidak menggosok gigi 2 kali dalam 1 hari. Bakteri ini nantinya akan memproduksi asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang karena asam tersebut mengikis email gigi.

Untuk itu Mama perlu mengajarkan betapa pentingnya menyikat gigi demi kesehatan anak.

Lantas apakah Mama tahu kapan waktu terbaik untuk menyikat gigi selain di pagi hari?

Menurut Dekan University of Pennsylvania School of Dental Medicine, Denis Kinane, menyikat gigi di antara waktu makan malam dan tidur lebih baik dibandingkan menyikat gigi sesaat sebelum tidur. Alasanya fluoride yang terdapat dalam pasta gigi dapat memiliki waktu yang lebih panjang untuk membentuk perlindungan pada gigi dari asam yang dihasilkan oleh bakteri.

Untuk itu setelah berselang 30 menit dari makan malam, Mama dapat mengajak si kecil untuk menyikat gigi bersama. Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, maka anak akan memiliki kesadaran yang tinggi akan kesehatan mulut serta giginya Ma.


2. Mencuci Tangan Sebelum Makan


photo credit : burnscreeksidefarms

Sudahkah Mama membiasakannya untuk mencuci tangan dahulu sebelum makan demi kesehatan anak secara keseluruhan?

Buah hati Mama pasti suka banget bermain dengan mainannya. Belum lagi kalau ia bermain keluar rumah, tangannya akan menyentuh apa saja yang ditemuinya. Otomatis tangan mereka mengandung berbagai kuman yang bisa menyebabkan penyakit seperti diare, tifus, dan disentri ketika mereka makan dengan tangan yang penuh kuman tersebut.

Untuk itu, jangan lupa selalu sediakan sabun cuci tangan di wastafel ya, Ma, agar si kecil lebih mudah mencuci tangannya sendiri. Saat anak beraktivitas di luar rumah seperti sekolah atau jalan-jalan, Mama bisa menyediakan tisu basah untuk membersihkan tangannya jika sulit menemukan sabun cuci tangan di toilet yang didatangi.


3. Minum Air Putih


photo credit : smartkids

Kebiasaan untuk rajin mengonsumsi air putih buah hati perlu Mama mulai sejak ia masih kecil. Mama perlu mendisiplinkan buah hati untuk lebih memilih air putih dibanding meminum minuman kemasan yang memiliki pengawet dan kadar gula yang tinggi.

Ajak si kecil untuk meminum air putih meskipun ia tidak haus, karena jika sudah merasa haus berarti tubuh sedang mengalami dehidrasi. Jika sudah dehidrasi, ia akan mudah lelah dan tidak memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas.

Fungsi air putih bagi kesehatan anak cukup penting, Ma, yaitu membantu memperlancar jalannya oksigen yang dibawa oleh sel darah merah ke seluruh tubuh. Nutrisi serta vitamin yang anak konsumsi pun dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh organ tubuh melalui bantuan air putih.

Selain itu air putih dapat memperlancar pencernaan anak, Ma, mencegah timbulnya penyakit konstipasi yang dapat membuat anak menjadi takut untuk poop.


4. Makan Banyak Buah dan Sayur


photo credit : babyology

Mama pasti sudah menyadari kan betapa pentingnya mengonsumsi buah dan sayuran bagi kesehatan anak termasuk melancarkan pencernaan. Namun mengajarkan hal ini kepada anak rasanya memang agak sulit ya, Ma.

Mama bisa memulainya dengan menjadikan diri Mama sebagai teladan kepada anak kalau Mama senang memakan buah dan sayur. Selain itu, ajak buah hati untuk terlibat dalam membuat masakan sehat tersebut sehingga mendorong mereka untuk mulai memakannya.

Tetapi jangan langsung memaksakan mereka untuk memakannya kalau tidak terbiasa. Lakukan secara perlahan ya Ma, sajikan sepiring kecil sayur atau pun buah untuk melengkapi makanannya sebagai proses untuk menumbuhkan kebiasaan makan sehatnya.


BACA JUGA


Anak Susah Makan? Ini Dia 5 Trik ala Seorang Papa Chef yang Bisa Mama Praktikkan Untuk Memperbaiki Pola Makan Mereka!

Anak Susah Makan? Ini Dia 5 Trik ala Seorang Papa Chef yang Bisa Mama Praktikkan Untuk Memperbaiki Pola Makan Mereka!

Anak susah makan? Atasi segera, Ma. Tapi sabar, karena membentuk kebiasaan dan pola makan yang baik adalah proses yang memerlukan waktu ...

Read more..


5. Tidak Melewatkan Sarapan Pagi


photo credit : ideales

Sarapan pagi juga penting untuk kesehatan anak, karena pada sarapan pagilah terdapat sumber energi anak sebelum ia beraktivitas di sekolah. Mama nggak mau kan kalo mereka malah loyo dan nggak berkonsentrasi dalam belajar karena melewatkan sarapan. Anak yang tidak sarapan cenderung akan membeli jajanan yang kurang sehat loh, Ma.

Apalagi jika di keluarga Mama memiliki riwayat sakit maag, anak dapat rentan terkena penyakit maag jika terlambat makan, Ma.

Untuk itu, yuk, mulai ajarkan buah hati Mama untuk sarapan sebelum meninggkalkan rumah. Jangan lupa sediakan sayur dan buah juga ya, Ma, untuk memenuhi nutrisi dan gizi harian mereka.


6. Hindari Jajanan Kurang Baik di Sekolah


photo credit : youtube

Sebagai Mama yang baik, jangan biarkan anak membeli jajanan sekolah sembarangan ya, Ma. Terkadang anak suka sekali makan makanan gurih seperti potato chips, ataupun yang manis seperti permen dan cokelat yang akhirnya membuatnya batuk. Mama pasti sedih sekaligus kesal kan kalau anak Mama jadi sakit karena jajanan tersebut.

Untuk mencegahnya, jangan lupa selalu bawakan bekal makanan dan snack dari rumah ya Ma. Kelebihan membawakan anak bekal dari rumah, yaitu Mama dapat mengontrol makanan apa saja yang dikonsumsi buah hati. Selain itu akan lebih bersih dan lebih sehat juga kan masakan yang dibuat Mama. Repot membuatkan bekal? Ah, kan ada banyak resep snack praktis yang Rocking Mama pernah tayangkan di sini. Mama bisa mencoba berbagai koleksi resep masakan lezat ala Rocking Mama agar anak lebih senang memakan bekalnya dibanding jajan.


BACA JUGA


Jangan Biasakan Menggunakan Sabun Antibakteri  di Rumah - Lebih Baik Ganti dengan Sabun Biasa!

Jangan Biasakan Menggunakan Sabun Antibakteri di Rumah - Lebih Baik Ganti dengan Sabun Biasa!

Sabun antibakteri akan membunuh semua bakteri. Padahal tidak semua bakteri itu jahat. Justru ada banyak bakteri baik yang sangat berguna ...

Read more..


Nah, berbagai kebiasaan sehat tersebut dapat menumbuhkan gaya hidup sehat dan juga meningkatkan kesehatan anak hingga ia dewasa, Ma. Yuk, Ma, mulai ajarkan mereka kebiasaan-kebiasaan tersebut secara lebih intens!

Stay healthy, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menjaga Kesehatan Anak? Mulailah dari Beberapa Kebiasaan Kecil Ini untuk Manfaatnya hingga Jauh ke Masa Depan Nanti!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Eunike Tania Barlian | @eunikeketania

Love kids and tech world. Techno journalist wanna be