Menopause Dini Pada Anak Bisa Saja Terjadi. 6 Hal Ini Perlu Mama Ketahui Untuk Mencegahnya Terjadi!

Menopause Dini Pada Anak Bisa Saja Terjadi. 6 Hal Ini Perlu Mama Ketahui Untuk Mencegahnya Terjadi!

2.1K
Menopause dini, mendengarnya saja bikin nggak nyaman ya, Ma. Apalagi kalau terjadi pada anak perempuan kita. *duh amit-amit. Karena itu Mama perlu tahu hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan menopause dini.

Ma, tidak ada yang lebih bahagia bila seorang perempuan melahirkan anak perempuan. Ibu dengan anak gadisnya seperti melihat cermin dalam kehidupan sehari-hari. Yang sering kita lakukan adalah membuatnya selalu terlihat cantik. Tapi, melihat gaya hidup sekarang ini terbersit satu pikiran buruk, apakah putriku bisa menopause dini?

Kenapa kesehatan anak perempuan begitu penting?

Seperti kita ketahui anak perempuan di usia akil baliq akan mendapatkan haid yang menandakan organ-organ reproduksinya berfungsi normal. Ternyata keberlanjutan fungsi organ tersebut tergantung dengan gaya hidup dan asupan gizi mereka sehari-hari lho Ma.

Seseorang gadis umumnya mendapatkan haid sekitar usia 11 hingga 13 tahun. Tetapi adakalanya seorang gadis memeroleh haid pertama diusia 8 tahun paling cepat, adapula yang hingga usia 17 tahun baru mendapat haid pertamanya.

Perlu Mama ketahui bahwa usia seseorang mendapatkan haid pertamanya ada kaitannya dengan usia menopausenya di kemudian hari. Jadi, kalau seorang gadis mendapatkan haidnya di usia masih muda, maka usia menopausenya pun lebih cepat dibandingkan dengan perempuan lain.

Menopause sendiri berarti berhentinya siklus haid yang berkaitan dengan usia lanjut seorang perempuan, biasanya di atas usia 50 tahun. Sifatnya memang personal karena berbeda-beda antara satu perempuan dengan perempuan lain.

Gejala awalnya pun berbeda, tetapi bila selama 12 bulan berturut-turut tidak haid, maka bisa dikatakan sudah memasuki masa menopause.

BACA JUGA


Kurang Olahraga, Tubuh pun Mengirimkan 8 Sinyal Ini. Namun Sayangnya Sering Mama Abaikan!

Kurang Olahraga, Tubuh pun Mengirimkan 8 Sinyal Ini. Namun Sayangnya Sering Mama Abaikan!

Kurang olahraga bisa membuat kita lemah, lesu, lemot, sampai mengalami mood swing. Yes, olahraga nggak cuma berkaitan dengan pengurangan ...

Read more..

Beberapa penelitian ternyata menyebutkan bahwa gaya hidup perempuan di masa lalunya ternyata dapat mempengaruhi nantinya mendapatkan menopause dini atau tidak. Adanya dugaan menopause dini adalah bila perempuan di usia di bawah 45 tahun sudah mengalami menopause.

6 Hal ini perlu Mama tahu agar mencegah terjadinya menopause dini pada putri kita.

1. Minuman bersoda

Anak-anak gadis yang terbiasa minum minuman bersoda atau jus dengan kadar gula tinggi ternyata beberapa bulan lebih cepat mendapatkan haid daripada anak-anak lain. Hal ini disebabkan kadar gula tinggi mempengaruhi metabolisme tubuh seseorang, termasuk dapat menyebabkan obesitas.

2. Obesitas

Makanan cepat saji hampir semuanya mengandung tepung-tepungan dan digoreng, sehingga kemungkinan besar berkalori tinggi. Karbohidrat yang disimpan di tubuh akan menyebabkan obesitas.

Obesitas pada anak gadis ternyata dapat menyebabkan mereka mendapatkan haid di usia muda.

BACA JUGA


Perut Buncit, Selain Bikin Nggak Nyaman, Ternyata Bisa Mendatangkan 6 Penyakit ini, Ma!

Perut Buncit, Selain Bikin Nggak Nyaman, Ternyata Bisa Mendatangkan 6 Penyakit ini, Ma!

Perut buncit ini memang jadi masalah sejuta umat deh. Nggak cuma masalah, perut buncit juga mendatangkan penyakit berbahaya lho

Read more..

3. Anoreksia

Takut gemuk dan tidak memiliki bentuk tubuh ideal merupakan hal-hal yang sering ditakuti anak gadis. Sehingga mereka takut makan, bahkan memuntahkan makanan yang telah disantap sebelumnya.

Akibatnya secara berkepanjangan, tubuh terlalu kurus dan kurang gizi. Tentu saja hal ini dapat mengganggu siklus haid dan fungsi reproduksi mereka.

4. Mendapatkah haid lebih awal

Seperti dijelaskan di awal artikel, bahwa seseorang yang mendapatkan haid di usia muda (di bawah 11 tahun) ternyata berkaitan dengan masa menopause yang kemungkinan juga di usia lebih muda.

Menopause yang datang lebih awal tentu saja memengaruhi usia reproduksi seseorang. Apalagi bila perempuan tersebut menginginkan mempunyai anak.

Dugaan penyebab haid di usia muda tersebut antara lain, genetik, pola makan dan perasaan insecure dalam keluarga.

BACA JUGA


7 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Saat Haid

7 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Saat Haid

Makanan sehat baik untuk dikonsumsi setiap hari agar tubuh kita selalu fit dan terhindar dari penyakit. Begitupun saat haid, kita perlu ...

Read more..

5. Merokok

Ma, bahaya merokok telah disebarluaskan dimana-mana, tetapi pengaruh lingkungan masih saja ada. Beri pengertian pada gadis remaja Mama, bahwa perempuan perokok 14% memiliki resiko tinggi infertilitas, sedangkan 26% kemungkinan mendapatkan menopause dini.

Racun pada asap tembakau dapat mempengaruhi hormon reproduksi, siklus fertilitas, dan menyebabkan embrio tidak dapat menempel di dinding rahim.

6. Kanker

Pengobatan kanker diduga dapat menyebabkan kerusakan pada ovarium. Ada beberapa perempuan yang bisa melalui masa pengobatan dan pulih seperti sediakala. Tetapi ada juga akibat radiasi yang merusak bagian-bagian tubuh yang sehat, ovarium berhenti berfungsi.

Akibat jangka panjangnya, perempuan tersebut mendapatkan menopause dini. Oleh sebab itu, perempuan penderita kanker di usia remaja atau dewasa muda perlu mendapatkan penjelasan tentang kemungkinan menopause dini ini.


Ma, beberapa penelitian di Amerika menjelaskan bahwa akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, perempuan-perempuan di usia 20-an sudah mengalami menopause dini. Hal ini menimbulkan kerisauan bagi perempuan-perempuan yang ingin memperoleh anak.

Selain itu akibat menopause ada masalah kesehatan lain yang mengikutinya, misalnya osteoporosis, kulit yang kering dan tidak kenyal, serta hilangnya gairah seksual.

Dari paparan di atas, penting sekali memerhatikan kesehatan jiwa dan raga, terutama kesehatan reproduksi anak gadis Mama untuk mencegah terjadinya menopause dini. Bila dijumpai masalah segeralah konsultasikan ke dokter ahli untuk mendapatkan terapi atau pengobatan yang sesuai.

Berilah dukungan selalu pada anak gadis Mama. Selalu semangat dan jangan putus asa, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menopause Dini Pada Anak Bisa Saja Terjadi. 6 Hal Ini Perlu Mama Ketahui Untuk Mencegahnya Terjadi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hani Widiatmoko | @handayaniwidiatmoko

hai...saya Hani. Blog saya http://www.haniwidiatmoko.com

Silahkan login untuk memberi komentar