Menyambut Hari Valentine, Ini Dia 7 Ide Usaha Kreatif yang Bisa Menjadi Usaha Sampingan Mama dari Rumah

Menyambut Hari Valentine, Ini Dia 7 Ide Usaha Kreatif yang Bisa Menjadi Usaha Sampingan Mama dari Rumah

6.5K
Hari Valentine juga bisa kita manfaatkan momennya untuk menangkap peluang usaha lho. Ini dia 7 ide usaha yang bisa Mama lakukan.

Sebentar lagi hari Valentine nih. Ah, memang bulan Februari ini bulan cinta ya. Ciyeee. Dan, seperti biasa, para remaja dan anak muda yang pasti akan meramaikan 14 Februari nanti untuk 'memanjakan' orang-orang tersayang mereka. Terlepas dari segala pertentangan boleh tidaknya merayakan hari Valentine, sebenarnya momen ini adalah momen yang bisa dimanfaatkan untuk menangkap ide bisnis lho, Ma!

Yah, namanya juga usaha. Iya nggak sih, Ma? Kita harus bisa jeli mencari kesempatan dan peluang dari yang lagi ngehits di masyarakat.


BACA JUGA


7 Ide Merayakan Valentine untuk Merayakan Kesederhanaan Cinta Antara Papa dan Mama

7 Ide Merayakan Valentine untuk Merayakan Kesederhanaan Cinta Antara Papa dan Mama

Merayakan Valentine berdua dengan Papa merupakan salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan oleh pasangan agar hubungan menjadi lebih kuat ...

Read more..


Nah, jika Mama ingin ikutan menambah sedikit pundi-pundi dari usaha sampingan dengan memanfaatkan momen hari Valentine, berikut ada 7 ide usaha yang bertema hari Valentine yang bisa Mama lakukan dari rumah.


7 Ide usaha bertema hari Valentine yang bisa menjadi usaha sampingan dari rumah.


1. Cupcake


Bagi yang punya bisnis baking, hari Valentine bisa menjadi "ladang emas". Bisa jadi semakin dekat ke hari valentine, berarti "order" semakin bertambah banyak. Tinggal kita manfaatkan secara optimal dengan memikirkan ide yang kreatif, supaya bisa tampil beda dengan yang lain.

Misalnya, dari penampilan cupcakes-nya, bisa Mama kreasikan sedemikian rupa supaya meski bentuknya sederhana tapi tampilannya jadi cantik dan menarik dengan hiasan permen, butter cream, frosting dan sebagainya. Jangan lupa pernak-pernik cinta yang bisa melambangkan hari Valentine itu sendiri, dan juga warna-warna dominasi pink atau merah.

Atau, Mama juga bisa mengkreasikan bahan cake yang Mama buat. Misalnya, alih-alih tepung terigu, Mama menggunakan tepung kentang atau tepung ketela, barangkali? Supaya lebih sehat, pastinya ya.

Supaya harga cupcakes-nya lebih terjangkau, dan pastinya agar bisa menarik dan tampil beda, Mama bisa packing cupcakes per biji, atau per 2 biji. Ya, kecuali jika memang ada order dalam jumlah yang banyak.

Pikirkan model packaging cupcakes yang menarik, misalnya dengan kotak box yang bisa dijinjing secara praktis. Jangan lupa desain hangtag berwarna yang dicetak, atau sekalian dengan kartu ucapan hari Valentine-nya. Tambahkan juga nama brand bisnis Mama ya!

Dan, sebagai finishing, tambahkan pita pada box packaging cupcakes tersebut. Awww! So sweet kan, Ma?

Para remaja itu pasti suka deh.


2. Boneka Kain Flanel


Sumber: Etsy

Nah, kalau yang ini cocok banget buat Mama yang suka jahit menjahit nih, Ma. Biasanya cowok-cowok juga banyak yang menjadikan boneka sebagai kado hari Valentine buat pacar masing-masing. So, kenapa nggak kita bikin boneka dari kain flanel yang imut? Pasti banyak yang suka deh.

Untuk pola atau model bonekanya, banyak pola boneka lucu yang bisa kita dapatkan dari berbagai sumber di internet, baik yang didapatkan secara gratis atau kalau mau yang lebih cantik, Mama bisa membeli polanya.

Supaya lebih personal dan beda, tambahkan nama si pemesan dan pasangannya pada boneka tersebut.


3. Mason Jar


Sumber: Mom 4 Real

Mason jar sekarang lagi ngehits banget ya, Ma. Mason jar bisa dijadikan gelas minuman, tempat camilan, bahkan cake in a jar yang yummy banget itu juga bisa memanfaatkan mason jar sebagai tempatnya.

Selain karena bentuknya yang unik, mason jar juga terkesannya vintage banget. Jadi, memang sangat cantik dibikin kreasi apa pun.

Salah satu contoh kreasi mason jar untuk hari Valentine adalah dengan mengisinya dengan berbagai cokelat praline berbentuk hati. Lalu, tempelkan berbagai kata romantis di mason jar bagian luar dengan kertas asturo warna pink, merah dan putih. Ikat dengan pita merah, atau Mama bisa memanfaatkan natural fiber seperti tali akar wangi, supaya tampilannya lebih natural.

Jangan lupa juga untuk sematkan hangtag atau kartu Valentine-nya sekalian dengan nama bisnis kita ya, Ma!


4. Donat Cinta


Donat ini memang camilan kesukaan semua orang ya, Ma. Selain enak dan empuk, donat sendiri juga bentuknya bisa dikreasikan macam-macam, pun topping-nya.

Nah, untuk hari Valentine kali ini, coba deh membuat donat berbentuk hati seperti di atas. Mama bisa menemukan banyak resep membuat donat berbentuk hati di Youtube.

Atau mau coba bikin dossant atau cronut yang sekarang lagi ngehits itu? Boleh juga tuh, Ma! Bakalan laris manis, apalagi dengan topping yang sesuai dengan tema hari Valentine. Berikut ada video cara membuat dossant atau cronut dari Youtube yang bisa menjadi referensi Mama.


Untuk menjualnya, bungkuslah donat dalam plastik, bisa dalam kemasan per 4 pcs atau 6 pcs. Kemudian ikat dan tempelkan hangtag.


5. Make up


Perempuan mana sih yang nggak pengin diberi hadiah berupa make up kit? Kalau saya mah mau banget. *lalu ngerayu Papa buat beliin*

Nah, kenapa kita nggak bikin parcel berisi make up yang harganya terjangkau, yang bisa dijadikan sebagai kado hari Valentine besok? Per parcelnya bisa disesuaikan dengan bujet si pemesan, juga disesuaikan dengan merek makeup-nya juga ya, Ma. Mama bisa mengemasnya dalam box atau dalam totebag cantik dengan sentuhan pink.

Tuh, siapa yang kuasa menolak cinta dalam sepaket makeup, coba ya? Hahaha.


6. Buket Bunga


Salah satu kesukaan perempuan, selain make up dan cokelat, adalah bunga.

Khusus untuk hari Valentine, kita bisa mengambil ide buket bunga ini dengan cara mengemas beberapa kuntum bunga dan kemudian bisa dibungkus dengan kertas cantik warna-warni.


7. Oreo Pops Valentine


Ide terakhir ini sepertinya yang paling mudah nih, Ma. Percaya deh. Mama bisa mengikuti tutorial membuatnya pada video Youtube di atas. Hasilnya? Yummy dan penampilannya wow banget kan?

Buatlah paket-paket yang terdiri atas 6 oreo pops, kemas dalam plastik mika, rangkai dalam mason jar. Wah! Bakalan banyak yang suka.


BACA JUGA


Agar Hari Valentine Lebih Istimewa, Coba deh Mama Aplikasikan Riasan Ala Cheryl Raissa Ini! Dijamin Papa Akan Terkesima

Agar Hari Valentine Lebih Istimewa, Coba deh Mama Aplikasikan Riasan Ala Cheryl Raissa Ini! Dijamin Papa Akan Terkesima

Hari Valentine nanti, makeup Mama pastinya harus beda dari hari biasanya dong, Ma. Aplikasikan yuk, makeup ala beauty blogger yang cocok ...

Read more..


Nah, mumpung masih ada satu hari buat menyiapkan semuanya, ayo, Ma, segera beli bahan-bahan yang diperlukan, dan manfaatkan momen hari Valentine untuk menambah uang jajan. Hahaha. Lebih asyik kan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menyambut Hari Valentine, Ini Dia 7 Ide Usaha Kreatif yang Bisa Menjadi Usaha Sampingan Mama dari Rumah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indriyas Wahyuni | @indriyaswahyuni

Blogger, Freelancer, Book & Food Lover Blog : http://www.indriariadna.com

Silahkan login untuk memberi komentar