Menyusui Saat Sakit? Aman Nggak Ya Buat Bayi yang Masih ASI Eksklusif?

Menyusui Saat Sakit? Aman Nggak Ya Buat Bayi yang Masih ASI Eksklusif?

2.3K
Kalau lagi sakit, sebenarnya masih boleh menyusui nggak ya? Kira-kira berdampak nggak buat si kecil?

Tak bisa dipungkiri kalau Air Susu Ibu (ASI) adalah yang terbaik dan teristimewa bagi bayi-bayi yang dilahirkan oleh seorang perempuan. Setuju, Ma? Dan, menyusui adalah hal termewah yang pernah diterima oleh para ibu mana pun.

Rasanya nggak ada kan, mama yang nggak ingin menyusui dan memberikan ASI yang terbaik untuk anaknya? Karena Mama tahu, bahwa ASI bisa memenuhi kebutuhan untuk perkembangan bayi, memastikan pertumbuhan bayi, dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi yang masih rentan.


BACA JUGA


Agar Ibu Menyusui Nggak Stres dan Ringan Bebannya, Yuk, Kita Lakukan 6 Hal Ini untuk Mendukungnya!

Agar Ibu Menyusui Nggak Stres dan Ringan Bebannya, Yuk, Kita Lakukan 6 Hal Ini untuk Mendukungnya!

Kesuksesan ibu menyusui bayinya memang tergantung pada diri ibu itu sendiri. Tapi, peran kita, orang-orang di sekitarnya juga bisa ...

Read more..


Komponen ASI yang terdiri dari berbagai zat, seperti lemak, kolesterol, protein, vitamin, mineral dan zat besi, adalah yang paling dibutuhkan oleh bayi Mama. ASI merupakan satu-satunya makanan bagi bayi yang belum ada penggantinya. Selain itu, kalau bayi Mama lagi sakit, ASI Mamalah akan menjadi penyembuh yang ampuh untuk mengobati penyakitnya.



Lalu, apakah ASI juga baik buat Mama? Bagaimana jika Mama sakit? Apakah akan berpengaruh untuk bayi Mama? Aman nggak ya, jika kita masih menyusui si kecil?

Mama pasti sudah tahu ya, bahwa dalam proses menyusui, ASI nggak cuma menguntungkan bagi bayi, tetapi juga bagi Mama. Take and Give, demikian istilahnya.

Beberapa hal penting yang didapat Mama saat Mama bisa menyusui dan memberikan ASI kepada si kecil, di antaranya adalah:

  • mencegah kanker payudara dan kanker serviks, terutama bagi Mama yang memiliki riwayat keluarga pengidap kanker.
  • Mencegah terjadinya osteoporosis pada Mama, setelah mencapai masa menopause.
  • Membantu rahim dan tubuh Mama kembali ke bentuk semula.
  • Membuat Mama lebih tenang, bahagia, serta menguatkan bonding dengan si kecil, dan tentunya, bikin Mama selalu sehat.

Karena itulah Mama disarankan untuk menyusui buah hatinya secara maksimal, dan ini nggak terkecuali dalam keadaan sakit.


BACA JUGA


Ibu Menyusui Akan Membutuhkan Dukungan dari Seluruh Keluarga - Berikut Hal-hal yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Menyusui!

Ibu Menyusui Akan Membutuhkan Dukungan dari Seluruh Keluarga - Berikut Hal-hal yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Menyusui!

 Ibu menyusui tidak sendirian. Ada banyak orang tersayang yang bisa membantu dan mendukung selama proses ibu menyusui. Ayo, ajak mereka ...

Read more..


Merupakan mitos, Ma, bahwa mama yang sakit akan memproduksi ASI yang kurang bagus. Belum ada penelitian yang mengungkapkan, seorang mama yang sedang sakit, nggak diperbolehkan untuk menyusui buah hatinya.

Justru fakta yang ada adalah saat Mama sakit, produksi ASI akan membuat air susu yang memiliki antibodi lebih tinggi dari biasanya, sehingga mampu melindungi bayi secara sempurna.

Wow! Amazing ya, ASI ini!




Jadi, Mama, nggak perlu takut untuk tetap menyusui dan memberikan ASI secara eksklusif, meskipun badan sedang kurang sehat, atau mengalami sakit semacam flu dan batuk.

Bahkan Mama masih bisa kok menyusui saat sedang mengalami sakit Hepatitis A ataupun Diabetes. Kecuali Mama yang sedang menyusui menjalani pengobatan radioaktif ya, Ma, atau sedang mengonsumsi obat anti kanker.

Selain itu sih obat-obatan yang Mama minum tidak berpengaruh pada produksi atau kualitas air susu Mama kok. Justru antibodi yang terdapat dalam ASI memberikan zat kekebalan tubuh bagi bayi biar nggak tertular penyakit Mama.

Nah, meski menyusui aman bagi Mama yang sedang sakit, Mama tetap harus memikirkan atau mempertimbangkan, apakah Mama perlu mengonsumsi obat untuk menyembuhkan atau mengurangi rasa sakit. Jika Mama sedang menderita flu, demam, sakit kepala atau diare, sebaiknya memakai masker (penutup hidung) untuk menghindari penyebaran virus.

Juga, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menyusui dan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Kalaupun Mama terpaksa mengonsumsi obat-obatan harus sesuai dengan rekomendasi dokter ya, Ma, nggak boleh sembarangan. Konsumsilah obat sesedikit mungkin dan paling lambat masuk ke dalam ASI.

Aturlah jadwal menyusui dan jadwal mengonsumsi obat selama sakit, seperti beri ASI dahulu sebelum minum obat, misalnya. Disarankan juga minum obat pada malam hari, karena bayi tidur lebih lama di malam hari.


BACA JUGA


Menyusui Itu Penuh Kejutan Seperti Naik Roller Coaster! Ini dia 7 Kejutan Seputar Menyusui

Menyusui Itu Penuh Kejutan Seperti Naik Roller Coaster! Ini dia 7 Kejutan Seputar Menyusui

Yang bilang menyusui (breastfeeding) itu 'hanya' kegiatan memberi asupan nutrisi bagi bayi, pasti belum pernah menyusui! Ya, Itu sih yang ...

Read more..


Menyusui memang penting, tetapi tentu saja kesehatan Mama dan buah hatinya juga penting.

Karena itulah, Mama harus selalu sehat dengan makan dan minuman yang bergizi, agar dapat tetap menyusui dan memberikan ASI yang terbaik bagi putra putri tercintanya, meski kondisi tubuh Mama tidak dalam kondisi yang fit atau lagi sakit.

Semoga cepat sembuh ya, Mama.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menyusui Saat Sakit? Aman Nggak Ya Buat Bayi yang Masih ASI Eksklusif?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indah Sibarani | @indahjulisibarani

Emak Blogger yang tinggal di Yogyarta. Wara wiri di Jakarta. Sesekali masak, lebih sering makan enak.

Silahkan login untuk memberi komentar