Menyusui Tanpa Rasa Sakit, Begini Caranya!

Menyusui Tanpa Rasa Sakit, Begini Caranya!

644
Salah satu cara terbaik untuk memperkuat ikatan batin antara Mama dan buah hati adalah dengan menyusui.

Bagi seorang Mama, melahirkan anak adalah hal paling berharga dalam hidupnya. Dan menyusui juga merupakan suatu hal yang luar biasa bagi Mama.

Namun, banyak di antara Mama muda yang masih takut jika harus menyusui. Salah satu faktornya adalah rasa sakit saat menyusui.

Padahal jika Mama memahami bagaimana cara menyusui dengan baik dan benar, rasa sakit itu hanyalah sugesti.


BACA JUGA


Agar Ibu Menyusui Nggak Stres dan Ringan Bebannya, Yuk, Kita Lakukan 6 Hal Ini untuk Mendukungnya!

Agar Ibu Menyusui Nggak Stres dan Ringan Bebannya, Yuk, Kita Lakukan 6 Hal Ini untuk Mendukungnya!

Kesuksesan ibu menyusui bayinya memang tergantung pada diri ibu itu sendiri. Tapi, peran kita, orang-orang di sekitarnya juga bisa ...

Read more..


Gimana cara untuk menghilangkan rasa sakit saat menyusui? Ini dia yang sebaiknya Mama lakukan.

1. Lakukan IMD sesaat setelah melahirkan

Apa itu IMD? IMD adalah Inisiasi Menyusui Dini.

IMD ini sebaiknya dilakukan beberapa menit pasca Mama melahirkan. Caranya, letakkan si kecil di atas dada Mama dan biarkan ia mencari keberadaan puting Mama.

IMD ini juga perlu dilakukan agar si kecil dan Mama terjalin hubungan batin satu sama lain. Kabar baiknya, melakukan IMD bisa membuat puting Mama sedikit melemas untuk mengurangi lecet di area puting.



2. Konsultasi laktasi

Setelah melahirkan, biasanya Mama akan dirujuk untuk melakukan konsultasi mengenai laktasi.

Ketika banyak dari mama lain yang sangat takut menyusui, konsultan akan mengarahkan Mama bagaimana cara menaruh mulut si kecil tepat di puting Mama.

Dan konsultan juga akan menjelaskan bagaimana caranya supaya Mama bisa merasa nyaman tanpa rasa takut akan terjadinya rasa sakit saat laktasi.



BACA JUGA


Menyusui Itu Penuh Kejutan Seperti Naik Roller Coaster! Ini dia 7 Kejutan Seputar Menyusui

Menyusui Itu Penuh Kejutan Seperti Naik Roller Coaster! Ini dia 7 Kejutan Seputar Menyusui

Yang bilang menyusui (breastfeeding) itu 'hanya' kegiatan memberi asupan nutrisi bagi bayi, pasti belum pernah menyusui! Ya, Itu sih yang ...

Read more..


3. Meletakkan puting dengan tepat

Saat ini sudah banyak artikel dan buku-buku yang bisa Mama pelajari tentang serba serbi menyusui.

Salah satu poin pentingnya adalah bagaimana cara meletakkan puting secara tepat. Mama bisa coba dan pelajari sebelum melahirkan, agar setelah si kecil lahir Mama tinggal mempraktikkannya.



4. Sebaiknya menyusui ketika bayi sedang tidak rewel

Lo, kok disusui ketika lagi tidur? Nah, tentang ini masih banyak Mama yang belum tahu.

Ketika si kecil lapar, ia akan semakin bersemangat untuk menggigit puting. Ini bahaya, Ma, karena akan berpotensi mengakibatkan luka pada area puting. Mama pasti nggak mau kalau itu sampai terjadi kan?

Maka dari itu, sebelum si kecil terlalu lapar, sebaiknya Mama memberikan ASI padanya terlebih dahulu ya.



5. Usahakan jangan menggunakan dot

Ngerti sih, kalau malam Mama pengin istirahat dan bergantian menjaga si kecil bersama Papa. Tapi Mama pengin si kecil sehat terus, kan?

Mama wajib tahu kalau terlalu sering menggunakan dot untuk menyusui sangat tidak dibenarkan. Hal ini bisa menyebabkan si kecil jadi bingung sama puting. Meskipun yang di dalam dot isinya adalah ASI sekalipun.

Mama tidak bisa menjamin 100% ‘kan dengan kebersihan botolnya. Yang ada si kecil jadinya bisa mencret, Ma. Bayi yang pure mendapatkan ASI dari puting Mama sebelum terkena MP-ASI 90% kecil peluangnya terkena diare.

Please, jangan menganggap ASI yang ditaruh di botol sama saja ASI dari puting ya, Ma. Ini juga termasuk bagi Mama yang suka gonta-ganti menyusui ASI melalui dot dan puting. Karena nantinya si kecil jadi tidak bisa membedakan mana puting Mama dan dot, sehingga ia akan bersemangat menggigit puting seperti dot yang memiliki kekenyalan.



BACA JUGA


Ibu Menyusui Akan Membutuhkan Dukungan dari Seluruh Keluarga - Berikut Hal-hal yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Menyusui!

Ibu Menyusui Akan Membutuhkan Dukungan dari Seluruh Keluarga - Berikut Hal-hal yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Menyusui!

 Ibu menyusui tidak sendirian. Ada banyak orang tersayang yang bisa membantu dan mendukung selama proses ibu menyusui. Ayo, ajak mereka ...

Read more..


Banyak kok cara untuk menyusui tanpa rasa sakit. Yang penting hilangkan dulu sugesti Mama tentang kekhawatiran dan ketakutan mengalami rasa sakit saat menyusui.

Yang penting, tetap semangat ya, Ma! Minta bantuan Papa juga untuk selalu memberi semangat pada Mama.

Selamat menyusui!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menyusui Tanpa Rasa Sakit, Begini Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mel Ara | @melara

Silahkan login untuk memberi komentar