Merawat Mebel Antik Itu Nggak Susah Kok. Coba Lakukan 5 Hal Ini!

Merawat Mebel Antik Itu Nggak Susah Kok. Coba Lakukan 5 Hal Ini!

1.6K
Merawat mebel antik itu sebenarnya sama saja dengan cara merawat mebel bergaya modern.

Mama penggemar mebel antik?

Sebenarnya sih yang namanya mebel antik itu nggak harus berusia puluhan atau ratusan tahun lho. Tetapi bisa juga mebel atau perabotan tersebut merupakan hasil reproduksi baru yang mengikuti gaya dan bentuk mebel pada suatu era. Misalnya gaya Victorian, Baroque, ataupun yang lagi ngehits sekarang ini, Shabby Chic.


BACA JUGA


Menata Rumah dengan Gaya Shabby Chic yang Cantik - Begini 3 Langkah Mudahnya!

Menata Rumah dengan Gaya Shabby Chic yang Cantik - Begini 3 Langkah Mudahnya!

Tahu nggak sih, Ma, Shabby Chic, gaya interior yang sedang hits saat ini pada mulanya adalah sebuah merek retail perabot rumah yang terkenal ...

Read more..


Nah, untuk perawatan mebel antik ini sih sebenarnya sama saja. Seperti halnya mebel modern, keduanya harus mendapatkan penanganan tepat. Keduanya tak selalu memerlukan penanganan oleh seorang profesional. Kita sendiri pun bisa, Ma, merawatnya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat mebel antik Mama agar selalu tampak baru.



1. Jagalah permukaan mebel dengan baik

Hindari adanya goresan, noda maupun warna agar nggak semakin kusam, misalnya dengan selalu menggunakan taplak di atas permukaan meja. Taplak tersebut dapat meminimalkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat merusak mebel antik kita secara perlahan.


2. Bersihkan

Kalau ada noda pada mebel antik tersebut, segera bersihkan, Ma. Lap secara saksama dengan menggunakan kain bersih secara berkala.

Sebaiknya sih jangan menggunakan pembersih yang mengandung bahan kimia ya, Ma, untuk membersihkannya. Karena bisa saja bereaksi dengan finishing mebel tersebut, dan malah semakin meninggalkan noda.


BACA JUGA


Ciyeh! Rumah Baru Ya, Ma? Jangan Lupa Isi dengan 5 Furniture yang Wajib Ini, Ya!

Ciyeh! Rumah Baru Ya, Ma? Jangan Lupa Isi dengan 5 Furniture yang Wajib Ini, Ya!

Mama baru saja memiliki rumah baru pastinya senang banget, ya. Saatnya berburu furniture wajib untuk rumah baru yang Mama tempati

Read more..


3. Posisikan dengan tepat

Tempatkan mebel antik di tempat yang memiliki suhu normal dan nggak lembap. Usahakan pula agar mebel tersebut nggak kena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung.

Hal ini karena dapat membuat mebel antik milik Mama terlihat kusam, lapisannya retak atau kayunya melengkung. Jadi nggak indah lagi, kan?



4. Peremajaan

Mama bisa menjadwalkan untuk melakukan peremajaan terhadap mebel-mebel tersebut secara berkala. Misalnya, dengan mengecat atau memoles ulang mebel antik, setidaknya 2 – 3 tahun sekali untuk membuatnya tetap menawan.


5. Penanganan hati-hati

Setiap penanganannya juga harus dilakukan dengan hati-hati.

Misalnya nih Ma, kalau mau memindahkan sebuah kursi antik. Cara memindahkannya ya harus diangkat dari bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang bagian lengan atau sandarannya saja.

Karena kita nggak akan pernah tahu, bisa saja kan sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya.


BACA JUGA


Ingin Menata Rumah Agar Lebih Menarik? Mama Bisa Mulai dari 8 Hal Kecil Berikut Ini!

Ingin Menata Rumah Agar Lebih Menarik? Mama Bisa Mulai dari 8 Hal Kecil Berikut Ini!

Menata rumah memang nggak akan selesai dalam waktu sehari. Tapi, menata rumah memerlukan waktu maupun perencanaan agar semua tampak sesuai ...

Read more..


Nah, dengan kelima tip sederhana di atas, barangkali kita bisa membuat mebel antik atau gaya klasik kita lebih awet kan?

Selamat bebenah, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Merawat Mebel Antik Itu Nggak Susah Kok. Coba Lakukan 5 Hal Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar