Merawat Kaos Sablon Digital Supaya Awet dan Tampak Selalu Baru Susah? Nggak Juga!

sumber foto : Gettyimages

Merawat Kaos Sablon Digital Supaya Awet dan Tampak Selalu Baru Susah? Nggak Juga!

1.2K
Merawat kaos sablon digital agar sablonannya nggak mudah pudar sebenarnya sederhana saja, tapi memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci dan menyetrikanya.

Mama, Mama suka mengenakan kaos? Papa suka mengenakan kaos? Anak-anak suka mengenakan kaos? Lebih khusus lagi, suka mengenakan kaos sablon digital? Tapi suka sebel karena sablon digital itu gampang pudar? Iya, memang kita perlu trik khusus buat merawat kaos sablon digital seperti ini sih, Ma.

Ah, kaos memang merupakan jenis baju yang buanyak sekali penggemarnya ya! Enak dipakai, nyaman, menyerap keringat pun. Cocok buat santai, jalan-jalan, sekadar main saja di rumah dan sebagainya. Saya sendiri juga sudah yang paling nyaman kalau pakai kaos. Gerah oke, saat cuaca dingin pun juga oke, tinggal menyesuaikan saja tebal tipisnya.

Apalagi kaos-kaos sekarang. Lucu-lucu! Bentuknya sendiri macam-macam. Apalagi yang model cewek ya. Dari bentuk kerahnya saja sudah banyak banget. Belum lagi sablonnya.

Iya, kaos itu sudah yang paling nyaman, dan sablonnya sih yang biasanya menjadi faktor penentu saat memilih dan kemudian dibeli. Anak-anak pun demikian. Biasanya yang dipilih kalau mau beli kaos adalah yang bergambar karakter-karakter kesayangannya.

Sablonnya memang bikin kaos jadi tampil lucu. Tapi, pernah nggak Mama memperhatikan kaos kesayangan kita sablonannya tampak mulai pudar. Kalau sablonannya sudah pudar, kaos nggak akan jadi lucu lagi.

Well, barangkali si kecil sudah nggak merhatiin juga, gara-garanya dia sudah nyaman mengenakan kaos kesayangannya itu. Asal dipakai saja, sudah nggak merhatiin sablonannya lagi. Tapi kita yang melihat, semacam gatel gitu ya? Sablon kaos yang hilang itu kadang bisa jadi bikin kesan kalau kaosnya kucel. Iya nggak sih, Ma? Hihihi.


Merawat kaos sablon digital memang gampang-gampang susah


Beda jenis kaos tentu beda juga perawatannya. Apalagi merawat kaos sablon digital, Ma, karena lebih memerlukan perhatian dan perlakuan khusus.

FYI, kaos sablon digital disablon dengan menggunakan media paper transfer dengan teknik hot press. Kebanyakan orang suka mengenakan kaos sablon digital karena memang lebih customized. Kita bisa memesan satu saja dengan gambar sablon yang kita mau.

Soal harga? Ya memang lebih mahal, karena teknik sablonnya yang berbeda dengan sablon manual biasa, yang kalau mau murah juga harus pesan banyak itu. Meski begitu, baik kaos sablon digital maupun kaos sablon manual sama-sama memerlukan perawatan khusus lho. Bagaimanapun mahal dan bagusnya kaos yang kita beli, kalau kita tidak benar merawatnya ya nggak akan tahan lama.

Siapa pun ingin kaos kesayangan dapat digunakan dalam jangka lama meskipun sering dipakai. Betul nggak sih?

Terus, gimana ya supaya kaos sablon nggak mudah pudar, terutama sablon digital yang sudah mahal-mahal kita beli ini? Ya, kita harus merawat kaos sablon digital ini dengan baik, Ma.

Cara merawat kaos sablon digital agar sablonannya nggak mudah pudar sebenarnya sederhana saja, tapi memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci dan menyetrikanya.


Begini cara merawat kaos sablon digital


Merawat kaos sablon digital - jangan terlalu lama merendamnya, pisahkan warna.

    1. Perendaman

    Jangan direndam terlalu lama, Ma.

    Usahakan jangan merendam kaos sablon digital kesayangan Mama dan keluarga ini lebih dari 30 menit. Agar sablon pada kaos tidak cepat pudar ataupun rusak, jangan menggunakan detergen yang berlebihan.

    2. Pemakaian pemutih dan pewangi

    Hindari penggunaan pemutih pada saat mencuci kaos yang bersablon digital, karena hal ini dapat membuat sablon pada kaos menjadi luntur ataupun pudar, dan tekstur kaos menjadi lebih cepat tipis, kasar dan berbulu.

    Hindari juga pemakaian pewangi dan pelembut pakaian pada saat mencuci kaos bersablon digital karena memiliki zat kuat yang dapat merusak kaos.


    Merawat kaos sablon digital - cuci dengan tangan secara manual akan lebih baik


    3. Pencucian

    Saat proses pencucian kaos sablon digital, pisahkan kaos yang berwarna kuat, selain putih, dengan kaos putih yang bersablon. Cuci dalam kondisi kaos terbalik, posisi kaos yang ada sablonnya berada di bagian dalam.

    Hindari penggunaan mesin cuci, Ma. Usahakan mencuci kaos bersablon menggunakan tangan atau manual. Karena jika tidak, kaos akan mudah melar dan sablonannya rusak. ini disebabkan karena adanya gesekan dan tarik ulur antar kaos dengan mesin cuci. Iya, memang riweuh ya, kalau tanpa mesin cuci. Tapi ini demi kaos sablon Mama sekeluarga selalu tampak baru.

    Hindari penggunaan sikat pada kaos yang berbahan katun, karena dapat merusak tekstur kain dan sablon pada kaos. Sebaiknya cukup dikucek sebentar saja ya, Ma.

    Kalau kaos anak terkena noda, segera oleskan detergen cair ataupun sampo tepat pada noda, dan kucek dengan halus bagian yang bernoda sampai noda hilang. Lalu bilas dengan air bersih.

    4. Penjemuran dan setrika

    Jemur kaos secara terbalik (yang ada sablon di bagian dalam) agar sablonan nggak terkena sinar matahari langsung. Dan jangan digantung saat kaos masih basah, karena dapat mengakibatkan leher kaos menjadi melar.

    Pada saat menyetrika, bagian kaos yang bersablon harus selalu dibalik (berada di bagian dalam). Sebaiknya Mama nggak menyetrika bagian yang bersablon secara langsung, Ma, karena dapat merusak sablonnya. Jangan menyetrika kaos dalam keadaaan lembap atau setengah kering, karena akan membuat kaos cepat melar.


    Merawat kaos sablon digital - perhatikan cara menjemur dan juga menyetrika, bagian tersablon harus berada di bagian dalam


    5. Pemakaian sehari-hari

    Kaos bersablon digital seperti ini kalau mau lebih awet sebaiknya nggak dipakai untuk tidur, Ma. Ingatkan si buah hati untuk tidak memakai kaos sablon digital untuk tidur ya, supaya nggak gampang kusut dan tetap bagus.

    Sebaiknya sih kaos sablon digital nggak dipakai setiap hari, karena kalau terlalu sering dicuci sablonannya akan lebih cepat pudar dan rusak. Untuk sehari-hari kenakan saja kaos tanpa corak, tanpa sablon, atau pakaian lain yang lebih santai.


    Nah, mudah kan, Ma, merawat kaos sablon digital ini?

    Yuk, dicoba deh!



    Write for Us!

    Kamu baru saja membaca artikel "Merawat Kaos Sablon Digital Supaya Awet dan Tampak Selalu Baru Susah? Nggak Juga!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

    Tulis ceritamu di sini !


    | @RisaRusli

    Silahkan login untuk memberi komentar