Merawat Kulit Kering Ternyata Nggak Sesulit Itu Asal Mama Sudah Mengenali Karakter Kulit Kering Terlebih Dahulu!

Merawat Kulit Kering Ternyata Nggak Sesulit Itu Asal Mama Sudah Mengenali Karakter Kulit Kering Terlebih Dahulu!

235
Jangan biarkan kulit kering mengganggu penampilan Mama!

Setiap jenis kulit memerlukan cara perawatan yang berbeda, yes. Dan, kali ini, Rocking Mama akan membahas tentang seluk-beluk kulit kering. Barangkali ada di antara Mama yang galau menentukan jenis kulitnya. Well, keep reading until the last!

Kulit wajah yang cenderung kering memerlukan perhatian ekstra. Jika tidak, bisa membuat kulit wajah menjadi sensitif, mengelupas dan terasa makin kering. *raba kulit wajah*

Apabila ini terjadi, bukan nggak mungkin lo, Ma, lama-kelamaan garis halus dan kerutan di sekitar wajah akan hadir lebih dini. Maka, ada baiknya, Mama coba kenali dan lakukan cara yang tepat untuk merawat kulit kering ini.


BACA JUGA


Kulit Wajah Kering, Ma? Atasi dengan 7 Tip Simpel dengan Hasil Cepat di Bawah Ini!

Kulit Wajah Kering, Ma? Atasi dengan 7 Tip Simpel dengan Hasil Cepat di Bawah Ini!

Pernahkah Mama merasa nggak pede keluar rumah atau ketemu dengan teman ataupun saudara hanya karena merasakan kulit wajah kering, kaku dan ...

Read more..


Yakin Kulit Mama Kering? Uji Dulu Dengan 2 Langkah Berikut Ini!

1. Sebelum tidur, bebaskan wajah dari krim malam. Pagi harinya, sebelum mandi, gunakan kertas minyak atau blotting paper. Tekan-tekan pada area wajah. Jika Mama tidak mendapatkan minyak wajah melekat di kertas minyak, menandakan jenis kulit Mama adalah cenderung ke jenis kulit kering. Apalagi kalau kondisi setelah bangun tidur ini, kulit terasa kencang. Wah, udah pasti deh, kulit Mama adalah kulit kering.

2. Lakukan tes menggunakan media cermin.

Sebelumnya, Mama perlu menghindari beberapa hal, seperti :

  • Mencuci wajah sejam sebelumnya
  • Tidak melakukan aktivitas yang bisa memicu kulit berkeringat setengah jam sebelumnya.
  • Hindari AC setengah jam sebelumnya.

Caranya, gunakan cermin bersih, lalu sentuhkan cermin tadi pada area dahi, hidung, dagu dan pipi. Apa yang Mama dapatkan? Jika Mama tidak menemukan banyak minyak yang menempel pada cermin, tetapi merasakan rambut wajah berdiri ketika menyentuhnya, ini menandakan Mama memiliki kecenderungan jenis kulit kering.


Okay, ini step awalnya ya, Ma. Kalau sudah bisa mengidentifikasi, maka, yuk kenali pemicu kulit kering


BACA JUGA


Ini Dia 9 Makanan Tepat untuk Perawatan Kulit Agar Senantiasa Sehat dan Indah Sepanjang Hidup!

Ini Dia 9 Makanan Tepat untuk Perawatan Kulit Agar Senantiasa Sehat dan Indah Sepanjang Hidup!

Perawatan kulit tak hanya dari luar saja, Ma, tetapi juga harus dari dalam

Read more..


Inilah Pemicu Kulit Kering yang Mama Miliki

Beberapa hal berikut bisa menjadi salah satu pencetus kulit kering:

  1. Polusi dan cuaca (entah itu panas maupun dingin).
  2. Stres dan kulit sensitif terhadap penggunaan produk kosmetik serta perawatan kulit seperti sabun sampai lotion.
  3. Terlalu sering berada di bawah paparan sinar matahari tanpa memberikan perlindungan pada wajah. Dalam jangka panjang, hal ini dapat memberi efek negatif, seperti bintik hitam dan menjadi lebih kering.
  4. Alkohol, rokok, kafein dan obat-obatan yang mengganggu keseimbangan hormon.
  5. Kurang mengonsumsi vitamin A, omega 3, zinc dan B kompleks yang secara bersamaan memberi makanan dan mempertahankan struktur kulit.
  6. Menderita sakit yang menyebabkan berkurangnya carian tubuh (diare, muntah, dan lain-lain).
  7. Hipotiroid, kondisi di mana kelenjar tiroid menghasilkan terlalu sedikit hormon dan mengurangi produksi keringat serta minyak. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan kering.
  8. Faktor usia. Semakin bertambah umur, maka kulit akan cenderung menjadi kering. Tanpa didukung oleh perawatan yang tepat, kulit Mama akan nampak kusam dan kasar.


Ternyata 8 faktor ini seringkali bersentuhan dengan keseharian kita ya, Ma. Huft, makanya kulit jadi kering deh!


BACA JUGA


Perempuan Usia 30 Tahun dan Segala Permasalahan Kulit yang Harus Dihadapi. Usia Memang Nggak Bisa Bohong!

Perempuan Usia 30 Tahun dan Segala Permasalahan Kulit yang Harus Dihadapi. Usia Memang Nggak Bisa Bohong!

Usia 30 tahun, berarti tambah satu permasalahan dalam hidup perempuan, yaitu penuaan dini. Oh nooo! Apa yang harus kita lakukan, Ma

Read more..


Untuk kulit kering, jangan sembarang pilih produk yes? Baiknya Mama mencatat 4 hal ini untuk memilih produk yang tepat untuk kulit kering.


  1. Saat memilih pelembap, lebih baik jatuhkan pilihan pada produk dengan tekstur yang lebih creamy. Produk yang memiliki tekstur ini cenderung lebih banyak kandungan minyak dibanding tekstur lotion yang lebih kaya akan air.
  2. Jangan lupa, rawat juga area bibir dengan mengaplikasikan lip balm secara berulang untuk keseharian dan selalu lapisi bibir dengan produk serupa saat malam. Hindari kandungan peppermint dan menthol untuk sementara.
  3. Karena matahari merupakan salah satu pemicu utama kulit kering, sertakan selalu tabir surya sebelum mengaplikasikan tata rias. Ingat, meski Mama bekerja di dalam ruangan, sinar ultaraviolet terutama UVA mampu menembus kaca dan kulit lebih dalam. Radiasi yang dihasilkan oleh UVA pun dapat mencapai dermis (lapisan kulit kedua dari kulit) dan dapat merusak serat-serat yang berada di dalamnya.
    Akibatnya? Kulit pun menjadi kehilangan elastisitas dan berkerut.
  4. Pilih juga pelembap yang kaya vitamin E dan C untuk membantu memperbaiki tampilan kulit kering menjadi lebih baik. Aplikasikan terutama pada area mata dan sekitar bibir karena dua area ini adalah area krusial hadirnya garis-garis halus menjadi lebih jelas.


BACA JUGA


4 Langkah Sederhana Merawat Kulit dan Wajah Ini Wajib Mama Lakukan Demi Kulit Kinclong Setiap Hari!

4 Langkah Sederhana Merawat Kulit dan Wajah Ini Wajib Mama Lakukan Demi Kulit Kinclong Setiap Hari!

Merawat kulit tidak akan berat jika menjadi kebiasaan dan rutinitas. Hanya 4 hal saja kok yang harus kita lakukan setiap hari, tapi efeknya ...

Read more..


Yuk, Rawat Kulit Kering Mama Agar Wajah Terlihat Lebih Fresh dan Glowing

Beberapa cara berikut ini bisa banget dilakukan untuk merawat dan menjaga kulit kering Mama.

  1. Sebaiknya kurangi berendam, mandi maupun membersihkan wajah dengan air hangat. Kenapa? Karena jika Mama rutin melakukannya efeknya bisa menghilangkan minyak kulit alami lebih cepat.
  2. Gunakan pelembap wajah dan serum setelah mencuci wajah. Para ahli kecantikan menyarankan untuk menggunakan produk perawatan saat kulit masih lembap. Ini disebabkan karena partikel air yang masih melekat di wajah mampu ‘mengunci’ formula yang diberikan dari pelembap atau serum.
  3. Bersihkan area leher dan wajah dengan mengusapnya secara perlahan. Pembersih wajah bertekstur gel adalah pilihan yang tepat karena banyak mengandung pelembap. Hindari produk perawatan dari bahan-bahan keras. Selesai melakukannya, basuh wajah dan leher dengan air, lalu keringkan dengan handuk khusus wajah dengan lembut.
  4. Rutin seminggu sekali melakukan facial scrub dengan butiran lembut agar sel kulit mati bisa terangkat.
  5. Hindari untuk terus-menerus berada di udara yang kering dan tingkat kelembapan rendah seperti AC.
  6. Jangan lupa, selain cukup istirahat, perbanyak juga asupan air mineral dan mengonsumsi protein, vitamin dan mineral yang banyak terdapat dalam buah, sayur dan gandum utuh agar kulit tetap sehat.


BACA JUGA


3 Perawatan Kulit Sehari-hari yang Wajib Dilakukan Oleh Perempuan Usia 40-an Agar Tetap Segar dan Kencang

3 Perawatan Kulit Sehari-hari yang Wajib Dilakukan Oleh Perempuan Usia 40-an Agar Tetap Segar dan Kencang

Melakukan perawatan kulit berarti berinvestasi bagi diri sendiri untuk jangka waktu yang panjang. Yuk, lakukan perawatan kulit sejak ...

Read more..


Gimana, Ma, panduan untuk merawat kulit kering ini? Jelas banget yes? Sekarang Mama bisa mengidentifikasikan sendiri kulit Mama termasuk kulit kering atau tidak, dan kemudian merawatnya dengan cara mudah.

Stay pretty, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Merawat Kulit Kering Ternyata Nggak Sesulit Itu Asal Mama Sudah Mengenali Karakter Kulit Kering Terlebih Dahulu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar