Mobil Mogok di Jalan, Jangan Panik! Segera Lakukan Langkah-Langkah Ini untuk Mengamankan Mobil dan Diri Sendiri

Mobil Mogok di Jalan, Jangan Panik! Segera Lakukan Langkah-Langkah Ini untuk Mengamankan Mobil dan Diri Sendiri

582
Mobil mogok itu bisa terjadi kapan saja, sehingga kita harus selalu siap. Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengamankan diri dan mengamankan kendaraan.

Saat kita mengendarai mobil, ada beberapa hal yang jadi 'nightmare', yaitu mobil mogok di perjalanan. Duh, pasti panik luar biasa deh! Entah itu mogok di jalur lalu lintas padat, atau kebalikannya, mogok di jalanan sepi dan kita nggak ngerti mesin. Hiks.

Tenang, Ma, tenang. Yang paling pertama harus kita lakukan kalau mobil mogok adalah tetap tenang, jangan panik. Kemudian lakukan beberapa langkah pengamanan mobil dari jalan, sebagai berikut.


BACA JUGA


7 Cara Klaim Asuransi Mobil yang Harus Mama Lakukan Ketika Mobil Mengalami Kecelakaan

7 Cara Klaim Asuransi Mobil yang Harus Mama Lakukan Ketika Mobil Mengalami Kecelakaan

Cara klaim asuransi mobil sangat penting dilakukan ketika mobil Mama mengalami kecelakaan, entah ringan maupun berat. Setidaknya dengan ...

Read more..


Langkah-langkah mengamankan mobil mogok

Mobil Mogok di Jalur Lalu Lintas Padat

Dulu saya pernah punya mobil yang sudah cukup umur, dan nggak sopan banget karena suka tiba-tiba ngambek di mana saja.

Suatu kali, tiba-tiba dia ngambek di salah satu perempatan paling ramai di kota tempat saya tinggal, di waktu lalu lintas sedang pada puncaknya.

Paniklah pasti ya, Ma.

Padahal saya hanya sendirian dengan anak-anak yang waktu itu masih kecil. Untungnya, melihat mamanya susah, mereka pun mengerti dan nggak rewel.

Nah, itu yang harus Mama lakukan ya. Menenangkan diri dan kemudian menenangkan anak-anak jika mereka sedang bersama Mama saat mobil mogok.

Jika Mama mengalami masalah ini, langsung segera amankan kendaraan. Kalau perlu cari bantuan untuk bisa mendorong mobil ke pinggir. Tak usah pedulikan konser musik rock klakson yang diperdengarkan oleh orang-orang yang tak peduli pada kesulitan orang lain itu, Ma. Tutup telinga Mama. Cuekin!


Mobil Mogok di Jalanan Sepi

Ini yang paling ditakuti oleh perempuan ya. Orang bisa berpikiran jahat jika melihat kesempatan, salah satunya kalau melihat seorang perempuan sedang kesusahan, butuh pertolongan, plus terdampar sendirian.

Karena itu, kalau mogok di jalanan sepi yang terpenting bukan lagi mengamankan kendaraan, melainkan mengamankan diri sendiri.


Nggak Ngerti Mesin

Hampir semua perempuan 'musuhan' dengan mesin. Ya, itu sih sepertinya anggapan yang umum dipunyai oleh semua orang ya. Termasuk kita sendiri. Belum coba mengerti dan paham, sudah malas duluan.

Padahal sebenarnya, para pria (aka para papa) itu juga nggak ngerti-ngerti amat soal mesin, tapi mereka mau berusaha paham yang basic dan wajib diketahui, lalu selebihnya mereka akan memasrahkannya pada ahlinya, yaitu bengkel.

Kita juga bisa, Ma, kayak gitu.

Misalnya, setidaknya kita harus tahu kapan aki mobil harus dicek, ditambah air dan diganti. Atau kalau mobil lama, kita harus rutin mengecek air radiator. Lalu kita juga harus berlatih peka terhadap kondisi mobil, jika ada yang nggak beres. Misal, remnya mesti dikocok dulu sebelum bisa benar-benar menghentikan kendaraan. Atau suara mesin yang nggak mulus, itu berarti kemungkinan busi bermasalah. Asap yang keluar dari knalpot juga bisa menjadi gejala yang dapat dibaca jika ada tanda-tanda kurang beres pada kendaraan.

Kalau sudah mengenali tanda-tandanya, segeralah menghubungi dokter eh bengkel, Ma. Jangan ditunda lagi, supaya terhindar dari mobil mogok tiba-tiba.


Tanda-tanda Bahaya di Sekitar

Nah, kita sudah membahas mengenai kondisi mobil mogok di jalan.

Permasalahan lain yang kemudian timbul, adalah kadang kondisi sekitar saat mobil mogok itu juga bikin kita harus ekstra waspada. Mau jalanan padat, jalanan sepi atau jalanan biasa, yang namanya perempuan, itu rentan menjadi korban kejahatan. Apalagi perempuan yang lagi panik dan kesusahan.

Saya pernah juga mengalaminya, Ma. Mobil mogok gara-gara harus ganti ban, dan saya harus kehilangan satu tas berisi berkas-berkas penting. Antara sedih, nyesek, sebel dan sebagainya, karena paspor baru saja jadi dan ikut hilang bersama tas tersebut.

Lalu beberapa waktu yang lalu, saat mobil mogok di suatu tempat, saya juga mencurigai beberapa orang yang secara "aneh" bertanya mengenai jalan menuju satu tempat (yang cukup jauh dari lokasi saya dan mobil mogok berada), dan kemudian ada orang lain lagi yang memosisikan diri sedemikian rupa di dekat mobil. Saya langsung waspada, saya kemasi dompet, ponsel dan semua barang berharga dari dasbor dan jok mobil. Saya naikkan jendela, dan kunci pintu. Saya siapkan pula kunci stang panjang, sebagai senjata jika sewaktu-waktu diperlukan.

Untunglah montir dari bengkel yang saya panggil segera datang, sehingga mobil mogok segera teratasi dan saya pun bisa segera meninggalkan tempat itu.


BACA JUGA


Harus Menerobos dan Mengemudi di Tengah Banjir? Hati-hati, dan Lakukan 8 Hal Berikut!

Harus Menerobos dan Mengemudi di Tengah Banjir? Hati-hati, dan Lakukan 8 Hal Berikut!

Kadang kita terjebak dan harus mengemudi di tengah banjir. Tetap tenang, dan lakukan 8 tips berikut

Read more..


Nah, apa pun keadaan di sekitar, kalau mobil mogok, memang ada kecenderungan kita untuk panik sehingga tingkat kewaspadaan kita menurun. Saat mulai meninggalkan rumah, kita mungkin selalu berdoa agar semua lancar. Namun, kondisi bisa berubah sewaktu-waktu.


So, jika Mama harus menghadapi masalah mobil mogok di jalan, maka lakukan beberapa langkah ini untuk pengamanan.



Amankan diri dan kendaraan

Amankan Diri Dan Kendaraan -


Mengamankan mobil mogok itu memang harus, tapi yang terutama adalah mengamankan diri sendiri lebih dulu, Ma. 

Sembunyikan benda-benda berharga dan siapkan peralatan keamanan. Kunci stang bisa berfungsi sebagai alat pertahanan diri jika ada kondisi darurat. Jangan perlihatkan muka panik. Tunjukkan bahwa persoalan ini biasa saja bagi kita.

Pinggirkan kendaraan di tempat aman. Untuk mobil-mobil keluaran baru, sebaiknya jangan asal dorong, karena sistem kelistrikannya bisa rusak. Dorong seperlunya saja. 



Tak perlu mendengarkan keriuhan telolet lain

Tak Perlu Mendengarkan Keriuhan Telolet Lain -


Nggak perlu mendengarkan telolet-telolet oleh mobil lain, ketika mobil mogok di tengah jalan, agar tetap fokus,

Tetap amankan kendaraan ke pinggir. Lihat sekeliling untuk meminta tolong mendorong kendaraan. Paling aman sih, minta tolong polisi. Biasanya yang akan dilakukan polisi adalah mengatur lalu lintas supaya tidak macet, sementara kita bisa minta tolong ke tukang becak, tukang ojek atau laki-laki lain untuk membantu dorong. Kadang, pak polisi juga mau bantu dorong kok.

Jangan lupa pasang senyum manis Mama saat meminta bantuan ya. It works everytime!



Coba cari tahu kemungkinan penyebabnya

Coba Cari Tahu Kemungkinan Penyebabnya -


Kalau itu mobil yang biasa kita kendarai sehari-hari, meski perempuan, kita juga harus tahu sedikit tentang kendaraan tersebut. 

Memang sih, males banget ya melakukan perawatan kendaraan itu. Tahunya makai, maksimal nyuci. 

Ya, tapi paling tidak harus tahu fungsi masing-masing bagiannya juga, Ma. Misalnya, seperti kasus yang pernah saya alami, mobil mogok gara-gara air radiator mendidih. Mobil sih masih bisa jalan, tapi saya memilih berhenti dan mematikan kendaraan, karena air radiator mendidih bisa berakibat fatal ke bagian yang lain juga. 

Bahkan radiatornya juga nggak boleh langsung dibuka untuk mendinginkan. Bisa nyemprot tuh air mendidihnya. Bahaya!

Kenali juga penyebab lain mobil mogok, seperti aki yang sudah waktunya diganti, ban gembos, atau kehabisan bensin. 


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mobil Mogok di Jalan, Jangan Panik! Segera Lakukan Langkah-Langkah Ini untuk Mengamankan Mobil dan Diri Sendiri". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lusi Tris | @lusitris

Silahkan login untuk memberi komentar