Nak, 8 Janji Ini Akan Mama Lakukan Demi Kebahagiaan Kalian. I Promise!

Nak, 8 Janji Ini Akan Mama Lakukan Demi Kebahagiaan Kalian. I Promise!

2.3K
Janji, kata sederhana namun sering terlontar dari mulut kita. Dan terkadang janji pula yang membuat kita melakukan hal-hal untuk kebahagiaan anak-anak.

Ya, anak-anak adalah masa depan kita, bukan begitu Ma? Mereka yang akan meneruskan kehidupan di bumi ini, menjalani hari demi hari seiring dengan berputarnya roda dunia. Sebagai orangtua, Mama tentu sedang menyiapkan mereka dengan berbagai bekal, baik pendidikan formal, maupun pelajaran moral pun dengan keterampilan dasar hidup. There are a lot of things going on in your mind, demi kebaikan, demi kebahagiaan masa depan mereka. Termasuk janji.

Janji dalam hal ini, sesuatu yang akan kita lakukan demi kebahagiaan mereka. Bukan janji palsu kayak politikus, ya, Ma. Terkadang dengan adanya janji bikin kita terpacu untuk lebih baik lagi dan membuat mereka bahagia.

Lalu, janji apa yang akan Mama berikan kepada anak-anak? Well, 8 janji untuk anak ini bisa jadi pilihan untuk Mama.

1. Janji untuk selalu mengatakan ‘I love you’

Seringnya kita sadar betul bahwa ada seseorang yang disayang tapi mulut enggan untuk mengucapkannya. Hayo, bener nggak Ma?

Padahal ungkapan verbal itu dibutuhkan loh, Ma! Dan, tidak akan pernah menyakitkan bukan, mengatakan hal-hal yang menyenangkan pada orang yang disayang?

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Lisa Diamond, PhD, seorang profesor Developmental Psychology dari Universitas Utah, Amerika Serikat, pernyataan sayang itu berdampak baik bagi kesehatan, karena menaikkan hormon kortisol (yang mengatur tekanan darah dan kekebalan tubuh).

Jadi, jangan bosan mendengarnya ya, nak! Mama janji akan menyemangatimu, membuat harimu terasa indah, dengan kalimat sederhana tapi dari hati Mama, ‘I love you’. Bahkan sampai kalian beranjak dewasa nanti!

2. Janji untuk selalu mendengarkan

Karena didengarkan itu memberi kenyamanan.

Ingat kan, saat-saat di mana Mama perlu ‘curhat’? Ketika itu, yang diinginkan tentu bukanlah nasihat, tapi sekadar didengarkan.

Nah, jangan khawatir ya nak, Mama janji akan menyediakan kedua telinga saat kalian ingin berceloteh tak karuan tentang khayalan, atau menceritakan sebuah kejadian penting. Mama tidak akan menyela omongan, hanya akan berada di sana. Menjadi teman terbaik kalian, dengan mendengarkan.

BACA JUGA


Komunikasi dengan Anak Tak Sekadar Hanya Menasihatinya. Ayo, Lihat Kembali, Seberapa Sering Mama Memberinya Pujian?

Komunikasi dengan Anak Tak Sekadar Hanya Menasihatinya. Ayo, Lihat Kembali, Seberapa Sering Mama Memberinya Pujian?

Komunikasi dengan anak memang tak hanya berhenti pada memberinya nasihat, masukan, bahkan juga kritik, tetapi juga dalam bentuk pujian

Read more..

3. Janji untuk menghormati pilihan

Layaknya orangtua, kita tentu (seringnya) tahu yang terbaik buat anak-anak. Atas nama itu, kemudian kita memaksakan kehendak. Bolehkah? Tentu saja! Jika menyangkut keselamatan dan nilai moral. Jika tidak, then let them decide.

Oleh karena itu, Mama janji untuk membiarkan adik yang kekeuh memakai baju yang bergambar beruang itu terus setiap malam, walaupun siangnya masih ada di jemuran. Jika kakak kepengin memilih les menari daripada bahasa Inggris, juga tidak mengapa. Selama kalian senang, Mama hormati pilihannya.

4. Janji untuk mengingatkan

Anak-anak itu pelupa. Entah sengaja, atau asli khilaf. Mereka akan sibuk bermain, dan lupa waktunya mandi. Bila sudah agak besar, mereka akan punya banyak jadwal ekskul, dan tidak ingat makan. Yang paling sering adalah, suka pura-pura atau betulan lupa beribadah.

Jangan khawatir, nak, akan selalu Mama ingatkan. Berapa kalipun kemudian Mama mendapat predikat ‘cerewet’, tidak mengapa. Karena mandi, makan, belajar, beribadah, semua ada waktunya, dan Mama punya kewajiban untuk mendisiplinkan. Yang penting anak-anak sehat, bersih, dan rajin belajar serta beribadah.

5. Janji untuk berada di sana saat diperlukan

Setiap hari akan menjadi kenangan baru, bukan begitu, Ma?

Si bungsu menjejakkan kakinya ke lantai untuk pertama kali, atau si sulung ikut bernyanyi dalam acara pentas seni, semua menjadi bagian dalam kenangan.

Tidak hanya akan hadir dalam momen bahagia, Mama juga akan berada di sisimu di saat-saat sedih, ya. Mama janji akan memeluk, membesarkan hati, dan menghapus airmata. Mama adalah gadis pompom terdepan kalian dalam suka, sekaligus sandaran terbaik dalam duka.

6. Janji untuk selalu membimbing

Orang tua adalah panutan bagi anak-anaknya. Mereka melihat dan meniru kita. Tentu saja, sebagai manusia, Mama dan Papa pernah berbuat salah. Tapi kemudian, pasti berusaha sadar dan berinstropkesi.

Walau masih jauh dari sempurna, Mama berjanji untuk selalu membimbing kalian, nak! Mama akan diam-diam belajar, untuk kemudian mengajari kalian. Mama akan berjalan di depan, untuk menggandeng kalian. Semua demi segala kebaikan yang akan menjadi bekal masa depan kalian kelak.

7. Janji untuk melindungi

Bahkan dengan nyawa sendiri, ya kan Ma? Sedari anak-anak kecil, Mama pasti akan menghindar, bila ada sekumpulan Mama yang sukanya mencubit-cubit pipi anak dengan gemasnya. Mama juga akan maju ke depan, bila anak-anak sampai disakiti orang.

Jangan khawatir, nak, sedapat mungkin, Mama akan menjadi body guard kalian yang paling galak. Walaupun ada saatnya nanti kalian harus menjaga diri sendiri, setidaknya kalian tahu, bahwa sejatinya Mama selalu melindungi kalian dengan sepenuh jiwa.

BACA JUGA


Dalam Mendidik Anak Hindari Meremehkan Kemampuan Mereka Dengan Melakukan 5 Hal ini!

Dalam Mendidik Anak Hindari Meremehkan Kemampuan Mereka Dengan Melakukan 5 Hal ini!

Intuisi dan insting adalah hal luar biasa yang Tuhan berikan kepada kita, Mama, sebagai bekal untuk melindungi anak-anak kita. Betapa orang ...

Read more..

8. Janji untuk memprioritaskan

Karena anak-anak adalah alasan mengapa Mama melakukan ini dan itu.

Sebagian Mama ikut bekerja untuk menambah penghasilan keluarga. Sebagian lain berjaga di rumah mengurus keperluan rumah tangga. Demi siapa? Demi anak-anak (dan suami juga sih..) tentunya.

Jadi, Mama janji untuk selalu menjadikan kalian prioritas. Mama tidak akan melewatkan drama sekolah di mana kakak menjadi pemainnya, demi sebuah janji dengan klien. Mama juga tidak akan mendahulukan membersihkan noda membandel di baju Papa, dan tidak menjemput adik sekolah. Tidak ada yang lebih penting dari kalian. Semua pekerjaan bisa dijadwal ulang, setelah acara-acara kalian, nak!

"I believe the children are our future. Teach them well and let them lead the way. Show them the beauty they posses inside...." ~ Whitney Houston

Mama adalah orang pertama yang begitu sayang dan peduli, serta selalu mendoakan anak-anak. Mama adalah ibu, teman, sekaligus panutan bagi mereka. Mama berada di sana untuk segala prestasi dan kebahagiaan mereka, sekaligus juga orang yang paling sakit dan sedih, dalam kejatuhan dan kegagalan mereka. Semoga Tuhan selalu memberi kita semua kekuatan untuk menepati janji kita terhadap anak-anak, ya Ma!

God bless us all!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Nak, 8 Janji Ini Akan Mama Lakukan Demi Kebahagiaan Kalian. I Promise!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar