Nggak Mau Hubungan Suami Istri Berantakan, Jangan Tanyakan 3 Hal Ini pada Istri ya, Papa!

Nggak Mau Hubungan Suami Istri Berantakan, Jangan Tanyakan 3 Hal Ini pada Istri ya, Papa!

1.9K
Pernikahan dan hubungan suami istri itu juga merupakan pembelajaran tanpa akhir? Memang nggak ada sekolahnya kan?

Setuju nggak sih, Ma, kalau pernikahan itu adalah penyatuan antara suami istri dengan 2 kepala yang berbeda, 2 kebiasaan yang berbeda, dari 2 keluarga yang berbeda.

Jadi kalo suka berantem-berantem karena beda pendapat, sepertinya wajar saja bukan? Tapi seiring berjalannya waktu, pasti suami istri perlahan juga akan mulai bisa memahami satu sama lain. Memahami kebiasaan berbeda yang dimiliki pasangan masing-masing, ya baik buruknya, ya positif negatinya.

Tapi tetap ya, Ma, yang namanya suami istri sepertinya juga tetep nggak mungkin bisa selamanya selaras dan sejalan. Pasti ada aja ujian-ujian dalam hubungan suami istri dalam hal-hal kecil yang kita lakukan maupun yang dilakukan oleh pasangan kita.

Hal-hal kecil itu termasuk beberapa pertanyaan dari Papa yang sepertinya remeh, namun dampaknya besar di hati para istri dan bisa berefek fatal ke hubungan suami istri lho. Hohoho. Pertanyaan apa sajakah itu?


BACA JUGA


Para Suami Paling Membenci 3 Hal Ini, Istri Wajib Tahu!

Para Suami Paling Membenci 3 Hal Ini, Istri Wajib Tahu!

Hai para istri, kami tahu kalian pengin kami, suami dan anak-anakmu, menjadi yang terbaik. Tapi cara kalian mungkin sedikit salah, Tertarik ...

Read more..


3 Pertanyaan yang jangan sampai dilontarkan demi amannya hubungan suami istri


1. "Kamu bisa masak nggak sih?"


Pertanyaan satu ini bukanlah pertanyaan yang berasal dari pasangan suami istri yang baru menikah, yang kemudian dilanjut dengan ajakan, "Ya udah, nggak apa-apa. Kita beli di luar saja yuk!"

Bukan. Bukan yang seperti itu.

Pertanyaan tersebut dilontarkan dengan nada yang lebih tinggi dari biasanya setelah Papa merasa nggak cocok dengan masakan Mama. Hayo, Pa, ngaku. Pernah nanya gitu nggak ke Mama?

Biasanya lagi, disusul dengan pertanyaan lain, "Ini masakan kamu sudah dicobain dulu belum sih tadi?"

Mama kemudian menatap Papa sambil berkaca-kaca, yang tak tertangkap oleh mata si suami karena sudah bete duluan.

Sinetron? Memang tampak seperti sinetron ya? Tapi, ini benar-benar bisa terjadi.

Mungkin keduanya memang lelah. Masakan Mama mungkin memang benar-benar kurang enak, gara-gara tadi masaknya disambi ini itu. Sambil nyuci atau mengasuh si kecil. Atau, buru-buru karena anaknya sudah rewel minta ini dan itu.

Papa pun demikian. Sudah capek dari kantor seharian, meeting tiada henti, bos rewel, klien komplain dan sebagainya, yang kemudian semua menumpuk jadi satu saat waktunya pulang dari kantor.

Well, ada cara lain kok kalau memang masakan si istri kurang cocok.

Coba deh, minta Mama duduk manis di kursi sebelah, dan minta ia nyobain masakannya sendiri. Lalu ajak Mama menertawakan masakan itu bersama-sama.

Atau mungkin dengan ditanya dengan lembut,"Sayang, kayaknya kamu kebanyakan ngasih garam deh. Cobain deh! Sini, aku suapin."

Yahhh, kalau mengritiknya dengan so sweet gitu kan, kita kan pasti merasa bersalah sendiri dan besok masakannya akan kembali enak lagi.

Iya nggak sih, Ma?


2. "Seharian di rumah, ngapain aja?"


Yes, ini lagi-lagi pertanyaan yang ditanyakan dengan nada yang cukup tinggi, biasanya akan dilontarkan saat Papa pulang dan rumah dalam kondisi bak kapal pecah.

Padahal bisa saja Mama masih dalam proses bebenah rumah dan belum selesai. Atau karena diberantakin (lagi) sama anak-anak.

Lagi-lagi, Papa mungkin sudah lelah di kantor. Penginnya di rumah bisa langsung istirahat, dan nggak keganggu ya? Tapi, ya gimana dong, realita kadang memang tak seindah ekspektasi. Betul nggak, Ma?

Kalau sudah seperti ini, masing-masing pasangan suami istri memang perlu untuk saling menahan diri. Kendalikan diri, jangan sampai emosi.

Papa bisa bertanya secara baik-baik, acara seharian di rumah. Bertanyalah seolah Papa kepo dengan keseruan aktivitas Mama dan anak-anak.

Atau boleh saja sih, istirahat dulu, Pa. Jangan lupa sapa istrinya, "Wah, kayaknya ada acara seru nih tadi. Bentar, Papa istirahat dulu. Nanti kita beresin bareng-bareng ya!"

Awww! So sweet kan?

Percayalah, dear Papa, sesungguhnya pekerjaan rumah tangga itu benar-benar berlimpah ruah, meski nampaknya sang dear istri 'hanya di rumah saja'. Bener-bener baru bisa berhenti kalau semua penghuni rumah sudah tidur.

Jadi, demi keamanan hubungan suami istri, hindarilah pertanyaan, "Seharian di rumah ngapain aja sih?" ya.


BACA JUGA


Demi Hubungan Suami Istri yang Hangat dan Langgeng, Jangan Pernah Sebut 5 Kalimat Ini!

Demi Hubungan Suami Istri yang Hangat dan Langgeng, Jangan Pernah Sebut 5 Kalimat Ini!

Tingkat perceraian semakin tinggi, nih. Jaga hubungan suami istri yang hangat, dan jangan sampai keluar kalimat yang menyebabkan perceraian ...

Read more..


3. "Ha? Uangnya sudah habis? Buat apa aja?"


Duh kesel banget ya, Ma, kalau sampai ditanyain begini dari suami tercinta?

Bukannya kita nggak bisa jawab, tapi karena memang saking banyaknya pengeluaran di sana-sini, jadi bingung mau mulai jawab dari mana.

Sebenarnya sudah ada catatannya juga kan? Papa bisa kok langsung lihat sendiri. Jangan kaget ya, kalau panjaaang. Yang rutin-rutin mah gampang, Pa, seperti bayaran sekolah, bayar listrik, atau bayar iuran kebersihan.

Nah, terus silakan dilanjut ke list yang berikutnya ya, Pa. Ada nih, mulai dari beli buah, beli sayur, bumbu dapur, anak minta jajan, beli bahan kue, beli camilan, beliin krayon anak, beli kaus kaki anak endebre endebre.

Pusing, Pa? Sama dong. Ya itu tuh, yang bikin uang habis yes?

Lagipula, kalau pertanyaan itu dilontarkan juga dengan nada tinggi, duh, kayaknya nggak percaya banget sih, Pa, sama Mama. Semacam dituduh, "Mama boros-borosin untuk yang nggak berguna ya, uangnya?"

Lebih baik, kalau memang uangnya sudah habis sebelum ada jatah bulanan lagi, bantuin Mama dong untuk memikirkan pos-pos mana saja yang bisa dipangkas dan dikelola lagi. Mama juga kadang butuh pertimbangan Papa loh!


BACA JUGA


Mencintai Istri? Sudah Pasti Dong, Apalagi Kalau Suami Selalu Menunjukkan 10 Tanda Ini. Dia Cinta Mati pada Mama!

Mencintai Istri? Sudah Pasti Dong, Apalagi Kalau Suami Selalu Menunjukkan 10 Tanda Ini. Dia Cinta Mati pada Mama!

Setiap suami pastilah mencintai istri. Apalagi kalau Papa menunjukkan 10 tanda ini. Jangan ragukan lagi deh

Read more..


Nah, ketiga pertanyaan di atas selain akan melukai keharmonisan hubungan suami istri, juga kayaknya akan berdampak nggak bagus ke Papa sendiri loh. Misalnya, Papa nggak boleh tidur di kamar, malah disuruh tidur di sofa? Hayoloh!

Intinya adalah, ada banyak kok cara melontarkan kritik yang baik. Daripada lagi akur-akur terus jadi nggak akur cuma karena satu pertanyaan aja, nggak enak banget kaaan?

Yakin deh, Pa, bahwa setiap istri pasti mau jadi yang terbaik untuk suaminya dan juga anak-anaknya.

Dan bukankah pernikahan itu juga merupakan pembelajaran tanpa akhir? Memang nggak ada sekolahnya kan?

Jadi, Insya Allah, semua kesalahan dalam pernikahan yang kita lakukan di hari ini, bisa jadi pengalaman untuk hari selanjutnya supaya menjadi yang lebih baik lagi ya.

Amin!

Stay in love, Mama, Papa!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Nggak Mau Hubungan Suami Istri Berantakan, Jangan Tanyakan 3 Hal Ini pada Istri ya, Papa!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Adriana Dian | @adrianadian

Full-time mom with two kiddos. A blogger and a moody writer too!

Silahkan login untuk memberi komentar