Olahraga di Rumah Ternyata Hanya Butuh Waktu 7 Menit dengan 7 Gerakan Ini!

Olahraga di Rumah Ternyata Hanya Butuh Waktu 7 Menit dengan 7 Gerakan Ini!

975
Malas melakukan olahraga di rumah karena suka digelendotin anak-anak? 7 gerakan olahraga di rumah ini bisa Mama lakukan dengan mudah, meski diriweuhin oleh anak-anak.

Olahraga? Aduh, mana sempat? Terlalu sibuk dengan urusan domestik, ngurus anak, masak, ngurus suami, ini itu ... nggak sempat kalau mesti ke gym atau sekadar lari-lari seputar kompleks rumah. Olahraga di rumah? Aduh! Ini balita gelendotan terus di ujung daster. Gimana bisa olahraga?

Hmmm, sebenarnya, somehow, bisa kok, Ma, kita melakukan olahraga di rumah.

Memang, kalau mesti ke gym atau lari-lari seputar kompleks, barangkali kita rada kesulitan karena anak-anak di rumah yang masih balita nggak mungkin bisa kita tinggal. Kalaupun bisa, kadang kita juga didera rasa bersalah. Anak ditinggal di rumah, kok kita "senang-senang" di gym. Meskipun yang namanya me time itu juga penting, tapi kalau bisa ya, me time-nya nggak jauh-jauh dari anak. Betul, Ma?

Padahal, Mama tahu betul kan, betapa pentingnya kita untuk selalu sehat? Jadi mama itu kan nggak boleh sakit. Bisa kacau dunia perumahtanggaan, kalau kita sampai sakit. Dan, salah satu cara utama untuk selalu sehat adalah dengan olahraga.


BACA JUGA


Yuk, Jangan Mager! Ini Dia 5 Olahraga yang Cocok Buat Mama yang Lagi PMS!

Yuk, Jangan Mager! Ini Dia 5 Olahraga yang Cocok Buat Mama yang Lagi PMS!

God made girls have monthly periods and give birth, because He knew guys weren't strong enough to handle it

Read more..


Nah, supaya bisa tetap olahraga dan juga nggak perlu ninggal anak-anak sendirian di rumah, kenapa kita nggak olahraga di rumah saja?

Digelendotin bocah di ujung daster? Ah, itu mah biasa. Kalau Mama sempat, coba tengok-tengok para mama yang punya akun Instagram khusus homeworkout. Meira Anastasia, misalnya. Mereka tetap bisa kok olahraga di rumah, meski sambil diriweuhin anak-anak. Ada yang naik ke punggung mamanya saat lagi planking, atau ikutan melakukan gerakan ini dan itu. Justru kan malah bagus, Ma, kalau anak-anak juga ikutan Mama olahraga di rumah.

Nanti lama-lama mereka bisa jadi partner yoga Mama juga lho. Ih, asyik kali tuh!

So, supaya nggak terlalu riweuh olahraga di rumah sambil digelendotin bocah-bocah, coba saja melakukan gerakan-gerakan yang mudah dulu, Ma.

Nggak lama juga sih, Ma, melakukannya. Gerakan-gerakan olahraga di rumah ini sudah saya coba, dan hanya memerlukan waktu 10 menit saja, dan keringat sudah cukup membanjiri dahi.

Sudah cukup untuk porsi olahraga di rumah setiap hari.


Ini dia beberapa gerakan olahraga di rumah dasar yang bisa banget Mama lakukan


1. Jumping Jacks

Gerakan olahraga di rumah ini adalah yang paling wajib dilakukan, karena bagus untuk paru-paru dan jantung.

  1. Berdiri tegak dengan kedua lengan lurus di sisi-sisi tubuh.
  2. Buka kaki dengan melompat sedikit saja, nggak perlu tinggi-tinggi, selebar bahu dengan menepukkan tangan di atas kepala.
  3. Kemudian lompat lagi, dan rapatkan kembali kaki saat melompat.

Pasti Mama familer kan dengan gerakan ini ya. Dulu kalau pelajaran olahraga di sekolah, gerakan ini pasti jadi gerakan pemanasan. Jangan membuka kaki lebih lebar dari bahu Mama ya, karena bisa mengakibatkan cidera.


2. Wall sit

Gerakan olahraga di rumah ini sangat bagus untuk otot paha depan, Ma.

  1. Berdiri dengan merapat ke dinding, buka kaki selebar bahu.
  2. Geser kaki menjauhi dinding, sembari Mama merendahkan tubuh seperti mau duduk. Pastikan lutut Mama nggak melampaui kaki untuk peregangan yang dalam dan efektif.


3. Push-ups

Gerakan olahraga di rumah satu ini dapat memperkuat otot inti tubuh.

  1. Ambil posisi high plank di atas lantai, lalu dorong diri Mama sendiri ke atas.
  2. Ulangi dan lakukan gerakan ini selama 30 detik. Jangan lupa untuk tetap bernapas secara teratur ya.


BACA JUGA


5 Jenis Olahraga Kekinian Ini Harus Mama Coba Untuk 2017 yang Lebih Sehat

5 Jenis Olahraga Kekinian Ini Harus Mama Coba Untuk 2017 yang Lebih Sehat

Jenis olahraga seperti apa sih yang Mama sukai? Joging, yoga, lari? Well, barangkali Mama mau coba 5 jenis olahraga yang lagi ngehits ini ...

Read more..


4. Abdominal crunches

Gerakan dasar olahraga di rumah ini juga bagus untuk membentuk otot inti tubuh Mama.

  1. Berbaring telentang, angkat lengan kira-kira 45 derajat, sejajar dengan tubuh.
  2. Kencangkan otot perut, lalu angkat kepala dan bahu dari lantai.
  3. Tahan untuk tiga kali napas, lalu perlahan kembali ke lantai.


5. Step-up dengan kursi


Gerakan olahraga di rumah ini bermanfaat untuk keseimbangan tubuh.

  1. Ambil bangku kecil, tak perlu yang terlalu tinggi, Ma. Kalau di rumah ada tangga, bisa juga Mama memanfaatkannya.
  2. Letakkan kaki tepat di atas bangku atau tangga tersebut, lalu angkat tubuh Mama.
  3. Lalukan bergantian kaki kanan dan kaki kiri.
  4. Ulangi, dan lakukan gerakan ini dalam gerakan lambat, Ma, agar lebih terasa efeknya.


6. Squats

Gerakan olahraga di rumah yang satu ini bagus banget untuk membakar lemak dan membangun otot pinggul, paha depan dan paha belakang.

  1. Berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari bahu.
  2. Angkat lengan lurus-lurus sehingga sejajar dengan tanah, telapak menghadap ke bawah.
  3. Turunkan tubuh Mama perlahan-lahan, seperti saat wall sit hanya saja kali ini tanpa dinding di belakang Mama.
  4. Jaga agar kepala Mama tetap menghadap ke depan dengan mata lurus ke depan dan punggung tetap lurus.
  5. Pastikan lutut juga tidak melampaui kaki.


7. Tricep dips

Gerakan terakhir dalam rangkaian olahraga di rumah ini sangat bermanfaat untuk kekuatan lengan, Ma.

  1. Posisikan tangan Mama dengan lebar bahu di atas kursi atau bangku yang stabil, lalu kaki terjulur.
  2. Perlahan tekuk siku Mama, turunkan tubuh ke lantai sampai siku berada pada sudut 90 derajat.
  3. Bahu tetap tegak ya, Ma, baik saat Mama menurunkan atau mengangkat tubuh.


Nah, setelah Mama melakukan 7 gerakan olahraga di rumah di atas, Mama bisa menantang diri Mama sendiri untuk melakukan planking. Bisa yang plank biasa, atau side planking.



Lakukan sekuat Mama, mulailah dari beberapa detik, kemudian tingkatkan seiring makin terbiasanya Mama melakukan planking ini. Lama-lama pasti kuat juga melakukan planking selama 1 menit.

Saya sih belum bisa. Hahahaha. 15 detik saja masih ngos-ngosan.


BACA JUGA


Langsing Setelah Melahirkan Nggak Cuma Bisa Dicapai dengan Olahraga, dengan Melakukan 10 Kegiatan Khas Rumah Tangga Ini Juga Bisa!

Langsing Setelah Melahirkan Nggak Cuma Bisa Dicapai dengan Olahraga, dengan Melakukan 10 Kegiatan Khas Rumah Tangga Ini Juga Bisa!

Mau langsing setelah melahirkan? Diet dong! Olahraga dong! Eits, kalau Mama nggak ada waktu buat olahraga khusus, dengan 10 kegiatan khas ...

Read more..


Ah, yang penting semangat, Ma. Dan ingat, lakukan semua gerakan olahraga di rumah ini dengan niat agar Mama lebih sehat dan kuat ya, alih-alih terlalu fokus pada timbangan.

Semangat, Mama!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Olahraga di Rumah Ternyata Hanya Butuh Waktu 7 Menit dengan 7 Gerakan Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar