Liburan ke Kebun Binatang? Pastikan Si Kecil Aman Bermain dengan 7 Langkah Ini!

Liburan ke Kebun Binatang? Pastikan Si Kecil Aman Bermain dengan 7 Langkah Ini!

2.3K
I love witnessing the wonder and amazement in my boys eyes as they see an animal for the first time at the zoo!

Bagi si kecil, binatang memang makhluk hidup yang sangat memesona ya, Ma? Melihat cecak yang merayap di dinding, tubuh kucing yang begitu lentur, atau semut yang berbaris rapi, semuanya akan sangat menarik bagi si kecil.

Makanya, nggak ada salahnya juga, kalau Mama mengajak si kecil mengunjungi kebun binatang di musim liburan kali ini. Tak hanya bisa melihat binatang-binatang yang tak umum kita jumpai di sekitar rumah, bermain di kebun binatang juga memiliki banyak manfaat untuk si kecil lho!

Mengunjungi kebun binatang bisa menjadi kegiatan yang sempurna untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Tak hanya keluarga inti, kita juga bisa mengajak sepupu, keponakan atau teman-teman agar suasana semakin meriah! Selain itu, dengan mengunjungi kebun binatang, kita juga bisa memuaskan rasa keingintahuan si kecil tentang jenis-jenis binatang yang selama ini hanya ia lihat dari buku ataupun televisi, Ma.

Dengan berada di lingkungan kebun binatang, kita juga bisa mengenalkan si kecil mengenai kepedulian terhadap lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, dan melindungi binatang yang sudah di ambang kepunahan. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk melatih rasa empati si kecil terhadap makhluk hidup, seperti mengenalkan si kecil akan rasa tanggung jawab dalam merawat binatang serta lingkungan.


Baca juga: Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!


Belum lagi, kebun binatang memiliki space yang sangat luas untuk si kecil bereksplorasi. Berlari ke sana kemari, melihat ini itu, dan menemukan berbagai hal baru. Dengan catatan, diperlukan perhatian penuh oleh orangtua agar si kecil tetap aman ketika bermain.



Bicara tentang keamanan di kebun binatang, dunia sedang digemparkan oleh berita menyedihkan yang terjadi di Disney World Florida. Mama sudah baca atau dengar beritanya belum? Bahwa di pinggir danau buatan yang terletak di dalam Disney World tersebut, orangtua dari bocah berusia 2 tahun, Lane Graves, harus menerima kenyataan bahwa seekor buaya telah merenggut nyawa anak bungsu mereka. Belum lagi, Mama pasti masih ingat dengan kecelakaan yang terjadi pada tahun 2012 di Taman Safari Bogor, di mana seorang petugas tewas diterkam harimau.

Sebagai orangtua, pasti kejadian-kejadian tersebut menjadi momok bagi kita ya, untuk mengajak si kecil bermain ke kebun binatang. Namun, dengan begitu banyak manfaat yang bisa didapat, ya masa kita mau berhenti mengunjungi kebun binatang? Apa iya nggak mungkin lagi bisa bermain di kebun binatang dengan aman dan nyaman?

Jawabannya BISA, Ma!

Supaya Mama bisa tetap tenang mengajak si kecil ke kebun binatang, Rocking Mama punya beberapa tip yang bisa dipraktekkan saat berkunjung ke kebun binatang. Ini dia!



Persiapkan Si Kecil Sebaik Mungkin

Berikan informasi tentang kebun binatang sebanyak-banyaknya kepada si kecil, terutama jika ia telah memahami apa yang kita sampaikan. Informasi ini bisa berbentuk daftar binatang yang akan ditemui di kebun binatang beserta fotonya, kondisi di kebun binatang, tata tertib yang harus dipatuhi oleh setiap pengunjung, dan tak kalah penting komitmen untuk tetap tertib selama kunjungan.

Hal ini penting untuk memberikan pengertian pada si kecil, bahwa mereka boleh bermain di kebun binatang namun ada beberapa peraturan yang harus mereka patuhi agar semua tetap aman dan nyaman. Dengan ini, diharapkan si kecil akan lebih berhati-hati saat beraktivitas di kebun binatang.


Baca juga: Mau Liburan Naik Motor? Pastikan Periksa Dulu 3 Hal Berikut Ini!


Berkunjunglah di Waktu yang Tepat

Hal yang harus kita sadari, di musim liburan, kebun binatang adalah tujuan wisata murah meriah dan menyenangkan yang menjadi andalan warga kota ataupun wisatawan. Oleh karena itu, Mama harus menyiapkan strategi untuk datang pada waktu yang tepat.

Sebaiknya, berkunjunglah di waktu-waktu yang relatif sepi pengunjung, seperti di pagi hari, atau mungkin di penghujung waktu liburan ketika wisatawan lain sudah kembali ke tempat asalnya masing-masing. Kebun binatang yang penuh akan memberikan risiko keselamatan pada si kecil, misalnya risiko hilang atau terjebak di antara kerumunan orang.



Patuhi Tata Tertib yang Ada

Peraturan dibuat pasti dengan tujuan yang baik. Ketika peraturan mengatakan untuk tidak memberikan makanan kepada binatang, pasti hal itu sudah dipertimbangkan oleh pihak pengelola ya, Ma. Tujuannya tentu untuk kebaikan pengunjung, dan juga binatang. Kan nggak semua binatang bisa makan sembarangan, karena bisa mengganggu pencernaannya. Oleh karena itu, jangan anggap sepele peraturan yang ada di kebun binatang ya.


Baca juga: Ini Dia 6 Pelajaran Hidup dalam Film Finding Dory yang Bisa Mama Papa Ambil


Respect the Animal

Ya, Mama, tanamkan pada si kecil (dan juga kita sendiri), jangan perlakukan binatang di kebun binatang disrespectfully.

Binatang-binatang di kebung binatang, walaupun mereka dipelihara dan dirawat oleh manusia, namun tetaplah hewan liar. Hal ini harus Mama tekankan pada si kecil, jangan sampai timbul keinginan si kecil untuk mengelus atau menggendong binatang layaknya binatang peliharaan yang jinak di rumah. Bisa sangat berbahaya untuk si kecil.

Jangan juga mengganggu binatang, seperti melempar batu kepada binatang yang sedang tertidur, atau membuat suara-suara yang mengganggu. Binatang bisa menjadi agresif dan membahayakan diri kita dan juga si kecil pastinya.

Hal ini juga sangat bermanfaat untuk membangun kecerdasan emosional si kecil dalam hal empati terhadap binatang, Ma. Pupuk kepeduliannya terhadap binatang dan lingkungan sejak kecil, supaya hal ini bisa menjadi habit yang baik sampai ia dewasa kelak.



Jangan Korbankan Hidup Hanya untuk Sebuah Foto

Demi foto atau selfie yang instagramable, atau demi menjadi viral, lantas Mama mengorbankan keamanan si kecil dan anggota keluarga yang lain? BIG NO.

Tetap perhatikan batasan aman untuk berfoto yang telah ditetapkan oleh kebun binatang ya. Keamanan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga dan penghuni kebun binatang jauh lebih penting dibandingkan sebuah foto yang so-called spektakuler.


Jaga kebersihan

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kebersihan ya, Ma, baik kebersihan diri dan lingkungan. Ada baiknya Mama selalu membawa hand sanitizer, atau tisu basah untuk membasuh tangan si kecil yang memegang beraneka benda. Benda-benda di tempat umum tentunya memiliki risiko terkena kotoran atau penyakit karena diakses oleh banyak orang dengan kondisi yang berbeda-beda.

Selain kebersihan diri, pastikan Mama dan si kecil selalu membuang sampah di tempatnya demi keberlangsungan hidup dan lestarinya bumi kita.


Baca juga: Ini nih, 5 Tips Selfie bareng Keluarga yang Bakalan Menghasilkan Foto Like-able di Media Sosial


So, sudah siap berpetualang ke kebun binatang? Have fun ya, Ma! :)


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan ke Kebun Binatang? Pastikan Si Kecil Aman Bermain dengan 7 Langkah Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dessy Natalia | @dessynatalia

Happy single mom, mompreneur, blogger at www.ibujerapah.com