Pencernaan Terganggu di Bulan Ramadhan? Atasi Dengan 10 Makanan Kaya Akan Serat Ini!

usnews

Pencernaan Terganggu di Bulan Ramadhan? Atasi Dengan 10 Makanan Kaya Akan Serat Ini!

3.7K
Di bulan Ramadhan ini ada baiknya Mama memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar dapat beribadah dengan nyaman.

Di bulan Ramadhan, Mama mungkin akan kekurangan asupan serat karena terbatasnya waktu makan. Hasilnya, sembelit atau diare terkadang datang menghadang. Untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit pencernaan pencernaan, cara terbaiknya adalah penambahan konsumsi serat.

Ada dua jenis serat, yaitu serat larut air dan serat tidak larut air. Kedua serat ini dapat membantu menormalkan feses dan mencegah gangguan lambung, tetapi dengan cara yang berbeda. Serat tidak larut berguna untuk mencegah sembelit, sementara serat larut dapat mencegah diare. Manfaat lain dari serat adalah menurunkan kolesterol, mencegah lonjakan darah secara drastis, dan membuat kenyang lebih lama.

BACA JUGA


Si Menu Buka Puasa Wajib - Ini Dia Beberapa Fakta Mengenai Kurma

Si Menu Buka Puasa Wajib - Ini Dia Beberapa Fakta Mengenai Kurma

Menu buka puasa tak akan lengkap tanpa kehadirannya. Ternyata, nggak cuma lezat dimakan begitu saja, kurma juga yummy banget diolah menjadi ...

Read more..

Setelah mengetahui manfaat serat, pasti Mama jadi ingin memperbanyak menu berserat untuk sahur dan berbuka puasa.

Inilah 10 jenis makanan berserat yang bisa Mama konsumsi selama bulan ramadhan.

1. Apel

Cara sederhana dan enak untuk meningkatkan asupan serat adalah dengan buah apel. Mama cukup mengonsumsi satu apel perhari saja loh. Apel ukuran sedang memiliki kandungan serat kurang lebih sebnayak 4,4 gram.

2. Buah beri

Ada banyak jenis beri yang bisa Mama pilih, seperti strawberry, raspberry, blackberry, gooseberries, dan kismis.

3. Kacang-kacangan (beans)

beans

Meskipun bentuknya cukup mungil, kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai kuning, kacang kedelai hitam ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Namun sebaiknya Mama mengonsumsinya bergantian dengan sumber serat lain ya.

4. Biji-bijian

Biji-bijian seperti beras cokelat dan quinoa adalah sumber serat yang cukup baik. Jika sulit menemukan beras cokelat, Mama bisa memulainya dengan mengganti beras putih menjadi beras merah. Atau, Mama bisa mulai memperbanyak konsumsi jagung.

5. Sayuran hijau

Nah ini dia sumber serat yang sangat mudah ditemukan dan mudah diolah. Agar tidak bosan, Mama bisa memasak bergantian, misalnya hari ini bayam, besok kangkung, lusa

BACA JUGA


Yuk, Kurangi Makanan Cepat Saji! Inilah 7 Alasan Kenapa Mama Harus Melakukannya!

Yuk, Kurangi Makanan Cepat Saji! Inilah 7 Alasan Kenapa Mama Harus Melakukannya!

Makanan cepat saji memang menawarkan kecepatan dan kepraktisan untuk diolah. Namun, seharusnya Mama sadar (dan nggak pura-pura nggak tahu) ...

Read more..

6. Jeruk

Siapa sih yang tidak suka jeruk? Buah yang manis-asam-segar ini adalah alternatif lezat untuk mendapatkan serat. Mama bisa mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan ya. Jangan berlebihan karena bisa menimbulkan sariawan.

7. Pisang

Jika selama ini Mama mengonsumsi hasil olahan pisang, seperti pisang goreng, pisang aroma, ataupun bolu pisang, sebaiknya Mama mulai mengonsumsi pisang utuh ya, Ma.

8. Kubis

Sayuran jenis kubis-kubisan, seperti kembang kol, brokoli, ataupun kol, mungkin kurang banyak penggemarnya. Namun jangan sampai lidah Mama menghalangi tubuh Mama untuk mendapatkan manfaat dari serat.

9. Kentang

Eits! Jangan digoreng ya, Ma. Kentang goreng justru kaya akan minyak yang kurang baik bagi pencernaan. Rebus, panggang, kukus, atau tumis adalah cara yang lebih baik untuk mengolah kentang.

10. Kacangan-kacangan (nuts)

Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, kacang tanah, kacang mete, dan wijen bukan hanya menawarkan serat, tetapi juga lemak dan fitokimia yang sehat.

Kini Mama nggak perlu khawatir lagi kekurangan serat selama bulan ramadhan. 10 makanan ini bisa membantu Mama mengatasinya.

BACA JUGA


Puasa Sehat? Yuk, Optimalkan Detoksifikasi Selama Ramadan dengan Langkah-Langkah Sederhana Ini!

Puasa Sehat? Yuk, Optimalkan Detoksifikasi Selama Ramadan dengan Langkah-Langkah Sederhana Ini!

Menjalankan puasa seharusnya membuat kita tambah sehat, dan bukan sebaliknya. Makanya, manfaatkan puasa untuk melakukan detoks pada tubuh, ...

Read more..

Dari 10 jenis makanan ini bisa Mama selang-seling untuk konsumsinya selama bulan Ramadhan, entah untuk menu buka puasa ataupun menu praktis sahur.

Sehat selalu ya, Ma...


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pencernaan Terganggu di Bulan Ramadhan? Atasi Dengan 10 Makanan Kaya Akan Serat Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar