Penghasilan Pas-Pasan, Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga ala Rocking Mama!

Finansialku.com

Penghasilan Pas-Pasan, Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga ala Rocking Mama!

905
Mengatur keuangan keluarga dengan penghasilan pas-pasan? Jangan pusing dulu, coba kita lihat yuk, satu per satu apa saja yang bisa kita lakukan.

Mama, pasti kita terkadang bingung ya, kalau si Papa merupakan seorang karyawan yang memiliki pendapatan yang lebih rendah dari rata-rata, atau mungkin hanya mendapatkan gaji sebesar UMR (Upah Minimum Regional) saja. Dengan semakin tingginya harga kebutuhan pokok sekarang, pastinya Mama harus menemukan cara mengatur keuangan keluarga dan rumah tangga yang jitu ya, apalagi jika Moms bertempat tinggal di ibu kota.

Dengan pendapatan yang nggak terlalu besar begini, jangankan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga selama satu bulan, kadang di pertengahan bulan pun sudah habis.


BACA JUGA


Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Keluarga yang Paling Sederhana ala Perencana Keuangan Profesional

Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Keluarga yang Paling Sederhana ala Perencana Keuangan Profesional

Cara mengatur keuangan pribadi sebenarnya tak serumit yang dibayangkan atau dipikirkan. 6 langkah berikut ini adalah beberapa prinsip dasar ...

Read more..


Well, sebenarnya sih, kalau sampai uang habis di tengah bulan, bisa jadi itu adalah kurang mampunya kita mengatur keuangan dengan baik.

Karena, kadang kebutuhan itu memang mengikuti pendapatan kok. Sehingga, walaupun penghasilan Papa mungkin terbilang rendah sebenarnya ya bisa saja dipakai untuk memenuhi kebutuhan keluarga hingga sebulan.

Karena itu, coba yuk, Ma, kita cek lagi, siapa tahu ada yang bisa disesuaikan lagi dalam pembukuan Mama.


BACA JUGA


6 Kesalahan Keuangan Berikut Ini Sering Dilakukan oleh Mama Demi Keluarga. Apa Saja?

6 Kesalahan Keuangan Berikut Ini Sering Dilakukan oleh Mama Demi Keluarga. Apa Saja?

Terkadang saking merasa nyaman dengan kehidupan keluarga yang bahagia, Mama suka lupa ada beberapa hal yang harus dipikirkan secara jeli ...

Read more..


Berikut ini ada beberapa cara mengatur keuangan keluarga dengan gaji di bawah rata-rata.



Menyusun rencana belanja bulanan

Menyusun Rencana Belanja Bulanan -


Salah satu alasan mengapa uang bulanan selalu nggak cukup adalah kemungkinan Mama punya kebiasaan belanja secara impulsif. 

Maksudnya gimana tuh?

Maksudnya, Mama membeli barang atas dasar keinginan, dan bukan kebutuhan. Nah, iya apa iya nih? 

Untuk menghindari belanja secara impulsif ini, coba deh, Ma, buat rencana belanja bulanan. Rencana belanja bulanan ini mutlak ada jika Mama ingin mengatur keuangan keluarga dengan lebih baik.

Mulailah dengan melihat jumlah gaji yang bisa dialokasikan untuk belanja, misalkan 50% dari pendapatan, dari jumlah tersebut kemudian susunlah daftar barang yang akan dibutuhkan selama satu bulan, dimulai dari kebutuhan pokok seperti bahan makanan dan bahan konsumsi sehari-hari, hingga transportasi, komunikasi dan pakaian.

Dengan adanya anggaran yang tertulis, pastinya Mama akan lebih mudah mengontrol gaya belanja Mama dan dapat mengatur keuangan lebih baik karena mengurangi risiko membeli barang yang tidak diperlukan.



Cermat dalam berbelanja

Cermat Dalam Berbelanja -


Berbelanja dengan penghasilan yang kurang besar butuh strategi khusus, Ma, agar uang kiat itu dapat mencukupi segala kebutuhan. 

Yang pertama harus diperhatikan adalah frekuensi kita berbelanja. Dengan gaji yang di bawah rata-rata, sebaiknya Mama berbelanja sebulan sekali saja, atau maksimal dua kali, pada awal dan tengah bulan misalnya. Alasannya adalah hal ini akan mengurangi risiko Mama ‘lapar mata’. Nah, balik lagi ke belanja impulsif tadi deh.

Kedua, manfaatkan voucher atau berbelanja kalau ada promosi atau pesta diskon atau potongan harga. Dengan memanfaatkan potongan-potongan harga ini, maka Mama pun akan dapat mengatur keuangan dengan lebih baik karena menghemat cukup banyak uang.

Alokasikan dana ekstra tersebut untuk ditabung atau diinvestasikan ya, Ma. 



Hidup sederhana atau minimalis

Hidup Sederhana Atau Minimalis -


Peliharalah gaya hidup sederhana atau minimalis, agar Mama dapat menghemat pengeluaran dan mengatur keuangan dengan lebih baik. 

Gaya hidup sederhana dapat dibina dengan memahami perbedaan keinginan dan kebutuhan. Iyes, balik lagi ke kemampuan kita membedakan antara keinginan dan kebutuhan yes? 

Mama membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal yang layak untuk keluarga, tetapi tidak berarti harus rumah yang mewah dengan fasilitas lux dan lengkap kan? Rumah yang mewah merupakan suatu bentuk keinginan. Sama halnya dengan pakaian tidaklah harus yang mewah. Mungkin Mama memang lebih memilih yang mahal, tapi pastikan pertimbangannya karena kualitas yang lebih baik, jadi lebih awet. 


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Penghasilan Pas-Pasan, Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga ala Rocking Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahmi Nurfajriani | @RahmiNurf

Silahkan login untuk memberi komentar