Belajar dari Gilmore Girls - Begini Caranya Menjadi Sahabat Si Kecil Ala Lorelai Gilmore!

Belajar dari Gilmore Girls - Begini Caranya Menjadi Sahabat Si Kecil Ala Lorelai Gilmore!

3.2K
Belajar parenting bisa dari mana saja, termasuk dari serial Gilmore Girls. Baca artikel ini sampai selesai ya, Ma!

Masih ingat serial Gilmore Girls, Ma?

Kita yang beranjak remaja di tahun 90-an pasti kenal dengan serial Gilmore Girls ya, Ma. Bahkan mungkin jadi salah satu serial yang kita tunggu-tunggu kehadirannya setiap hari Minggu di salah satu saluran televisi nasional.

Kehidupan ibu dan anak, tokoh utama Gilmore Girls, Lorelai dan Rory Gilmore di Stars Hollow memang sangat menarik untuk diikuti. Mulai dari hubungan keduanya yang sangat erat sampai relasi mereka dengan penduduk Stars Hollow. Namun, selain hubungan putus sambung Rory dan Jess serta persahabatan Lorelai dan Luke yang kemudian berkembang menjadi cinta, kedekatan Lorelai dan Rory menjadi highlight utama dari serial Gilmore Girls ini.

Menjadi single mother ketika berusia 16 tahun dan dibesarkan oleh ibu yang otoriter dan perfeksionis, membuat Lorelai ingin memastikan hubungannya dengan Rory dibangun atas dasar kepercayaan dan persahabatan yang kuat.


BACA JUGA


Pelajaran dari Film Logan - Ini Dia Beberapa Adegan yang Membuktikan Bahwa Menjadi Orangtua Itu Berat

Pelajaran dari Film Logan - Ini Dia Beberapa Adegan yang Membuktikan Bahwa Menjadi Orangtua Itu Berat

Logan, sang superhero bercakar besi, ternyata harus "bertekuk lutut" di depan seorang anak remaja. Apalagi kita, yang hanya bersenjatakan ...

Read more..


Ingin memiliki hubungan seperti halnya Lorelai dan Rory dalam Gilmore Girls, Ma? Yuk intip apa saja yang bisa kita lakukan.


1. Berbagi Passion


Gilmore Girls - Saat Lorelai dan Rory sedang berbagi hobi

Lorelai dan Rory memiliki banyak kesamaan seperti film, selera berpakaian, kopi dan masih banyak lagi.

Memiliki hobi yang sama dengan anak, atau minimal mencoba terlibat dalam hal-hal yang mereka sukai dapat mendekatkan hubungan kita dengan anak.

So, sesekali ajak anak ngobrol, cari tahu hal-hal yang asyik dilakukan bersama ya, Ma.


2. Bantu Anak Mewujudkan Impiannya


Gilmore Girls - Ngobrol, untuk lebih tahu apa keinginan anak

Sebagai orang tua, kita dapat membantu anak mewujudkan impiannya seperti berprestasi di hal yang dia sukai atau masuk ke sekolah idamannya atau hal-hal lain yang tidak kita dapatkan dulu, adalah hal yang membahagiakan ya, Ma.

Tapi ingat, membantu bukan berarti memudahkan usahanya. Yang kita perlu lakukan adalah mengajak anak memetakan impiannya, bersama-sama mencari tahu hal apa saja yang perlu disiapkan untuk mencapainya, membantunya menyiapkan diri serta memberinya semangat.


3. Perlakukan Teman Anak Sebagai Bagian Dari Keluarga


Gilmore Girls - Kenalan juga dengan teman-temannya, tapi bukan untuk menyelediki mereka

Kenali teman-teman si kecil, terutama yang tengah beranjak remaja, Ma. Bahkan mungkin lebih baik jika kita buka pintu rumah untuk “markas” mereka. Jadikan diri kita figur hangat yang dapat mereka andalkan.

Seperti yang dilakukan Lorelai kepada Lane, sahabat Rory. Melihat temannya dapat memercayai kita dan menguatkan hubungan kita dengan anak serta membuat anak akan selalu kembali ke rumah jika ada masalah.


BACA JUGA


5 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga Super Ala Film Joy - You Can Do It Too, Ma!

5 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga Super Ala Film Joy - You Can Do It Too, Ma!

Ibu rumah tangga selalu berusaha menjadi seorang Mama yang super. Film Joy berkisah tentang seorang ibu rumah tangga yang berjuang untuk ...

Read more..


4. Ciptakan Tradisi Keluarga


Gilmore Girls - Ciptakan tradisi keluarga

Entah itu makan malam bersama setiap hari, games night pada Jumat malam atau jogging/biking setiap Minggu pagi, tradisi yang kita ciptakan bersama keluarga dapat menyatukan anggota keluarga, memberikan stabilitas serta kesenangan pada keseharian kita lho, Ma.

Yuk, coba!


5. Terima Perasaan Anak Apa Adanya


Gilmore Girls - Menghargai dan menerima perasaan anak apa adanya

Bahkan perasaan sedih sekalipun. Jangan katakan kepada mereka, “Oh, nggak apa-apa. Gitu aja kok nangis.”

Tapi pahamilah penyebab kesedihannya, biarkan mereka berkabung ketika mainannya hilang, sahabatnya pindah ke lain kota atau hal-hal lain.

Ajarkan anak bahwa sedih itu perasaan yang wajar dan harus diterima. Sebagaimana yang dilakukan Lorelai ketika Rory patah hati. Alih-alih menghiburnya, ibu muda ini justru menyuruh Rory untuk menghabiskan waktu di tempat tidur, makan es krim dan pizza, merias diri atau nonton film sedih.

You need to wallow,” ujar Lorelai kepada Rory.


6. Anak Tidak Harus Belajar Segalanya


Gilmore Girls - Pahami kekuatan dan keistimewaan anak

Ingat episode yang satu ini?

Rory: “How am I supposed to get into Harvard if I have no wilderness skills?”
Lorelai: “I don’t know, honey. Maybe you’ll have to give up your dream of majoring in Logging.”

Anak memiliki keistimewaannya masing-masing. Adalah tugas kita ya, Ma untuk memaksimalkan potensi mereka,

Tapi bukan berarti kita harus memaksakan mereka menguasai semua hal. Yang terpenting adalah mereka sehat dan bahagia. Itu saja.


7. Jadilah Diri Sendiri


Gilmore Girls - Be the best of yourself

Rory sangat beruntung memiliki ibu yang tidak pernah memaksanya menjadi sesuatu yang bukan dirinya. Justru Lorelai memberikan kebebasan bagi Rory untuk menjadi dirinya sendiri.

Kita juga bisa begitu, Ma. Rasanya tak perlu berusaha menjadi ibu yang sempurna. Jadilah versi yang terbaik dari diri kita sendiri.


BACA JUGA


Ini Dia 15 Film Hollywood dan Film Indonesia Bertema Ibu yang Paling Asyik dan Keren! Must Watch!

Ini Dia 15 Film Hollywood dan Film Indonesia Bertema Ibu yang Paling Asyik dan Keren! Must Watch!

Mama, ibu, bunda, ummi, ataupun sebutannya adalah seseorang yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Dari setitik jiwa sampai benar-benar ...

Read more..


Well, barangkali Lorelai, si mama dalam Gilmore Girls ini, memang bukanlah karakter ibu yang sempurna.

Bahkan beberapa teori parenting menganggap pola asuh Lorelai terlalu permisif. Namun, yang pasti, ia adalah mama yang penuh kasih, peduli dan mengagumkan.

Ambil saja contoh positifnya dan tinggalkan sisi negatifnya, dan jadilah mama terbaik bagi anak-anak versi Mama sendiri.

Stay happy, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar dari Gilmore Girls - Begini Caranya Menjadi Sahabat Si Kecil Ala Lorelai Gilmore!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Alfa Kurnia | @alfakurnia

Mamah galau. Introvert yang suka gaul. Punya cita-cita abadi jadi kurus tapi doyan makan. Blogging at http://pojokmungil.com. Believe that “Blogging is not rocket science, it’s about being yourself, and putting what you have into it.

Silahkan login untuk memberi komentar