Pengin Kuku Cantik ala French Menicure? Nggak Repot Kok, Ma! Cukup Lakukan 5 Tips Ini di Rumah!

Pengin Kuku Cantik ala French Menicure? Nggak Repot Kok, Ma! Cukup Lakukan 5 Tips Ini di Rumah!

1.8K
Kuku cantik ala french menicure memang bikin jari terlihat memesona. Tapi, jangan sampai Mama mengabaikan kesehatan dan kecantikan kuku, ya.

Seberapa sering sih Mama melakukan perawatan kuku di rumah?

Tidak seperti wajah, rambut, ataupun bagian tubuh lainnya, perawatan kuku cantik seringkali tidak diutamakan oleh Mama. Padahal, jika kuku Mama kotor dan tidak sehat, perawatan kecantikan di wajah akan sedikit tidak efektif karena terpapar kotoran dan bakteri dari kuku.

Sering ya, kita lihat entah di majalah, jalan, restoran perempuan dengan kuku cantik itu terlihat begitu memesona. Apalagi kuku cantik hasil french menicure, beuh bagi saya terlihat seksi!

Sebentar kali aja ada Mama yang nggak tau french menicure kayak gimana. Jadi, french menicure itu ujung kuku dipoles putih, sedangkan sisanya dicat bening. Yang pasti dengan french menicure ini, kuku cantik Mama terlihat memesona, bersih dan terawat!

Aslinya perawatan kuku cantik ini paling digemari oleh banyak perempuan.

BACA JUGA


Agar Krim Anti Aging Mama Bekerja Lebih Efektif, Lakukan Langkah Pemijatan Sederhana Berikut!

Agar Krim Anti Aging Mama Bekerja Lebih Efektif, Lakukan Langkah Pemijatan Sederhana Berikut!

Zat-zat dalam krim anti aging Mama mungkin memang sudah lengkap untuk menunda proses penuaan dini kulit. Namun, apakah Mama sudah ...

Read more..

Jika Mama merasa melakukan french menicure atau menghias kuku dengan cat warna-warni demi penampilan kuku cantik, ada baiknya melakukan 5 tips perawatan ini di rumah.

1. Batasi perawatan kuku di salon

thebeautyinsider

Kabar gembira untuk Mama, dan juga Papa pastinya, Selama ini, salon dianggap sebagai tempat untuk mendapatkan perawatan berbagai aspek tubuh, seperti wajah, rambut, dan kuku. Namun ternyata, perawatan kuku cantik di salon justru membahayakan kesehatan kuku.

Mengapa demikian?

Perawatan kuku di salon biasanya melibatkan zat-zat kimia yang tentu saja tidak aman bagi kesehatan dan kecantikan kuku. Selain itu, peralatan perawatan kuku milik salon pun sudah menjadi milik publik sehingga tidak terjamin kebersihannya. Salah-salah, kuku Mama bisa menjadi cepat rapuh, atau terkena infeksi.

Jika Mama ingin melakukan perawatan kuku, sebaiknya lakukan di rumah. Namun, jika Mama lebih suka merawat kuku di salon, sebaiknya bawa peralatannya sendiri.

2. Lakukan rangkaian perawatan kuku di rumah

thehealthsite

Apa saja sih langkah-langkah perawatan kuku di rumah? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pertama, guntinglah kuku secara rutin hanya pada saat kuku sudah panjang. Jika Mama nekat memotong kuku yang masih pendek, kemungkinan besar kulit bagian bawah kuku akan terluka dan infeksi.

Kedua, setelah menggunting kuku, haluskan bagian ujung kuku dengan kikir kuku agar tidak ada bagian kuku yang tajam dan membahayakan kulit.

Ketiga, rawat bagian kutikula dengan mengoleskan pelembap secukupnya. Ingat, jangan mengaplikasikan pelembap secara berlebihan agar tidak merusak, terdorong ke dalam kuku, atau bahkan mengelupas kutikula sebab akan mengakibatkan infeksi.

Keempat, berhati-hatilah saat membersihkan bagian dalam kuku karena risiko infeksi cukup besar. Infeksi dapat terjadi apabila muncul celah antara kuku dan bantalan kuku yang bisa dimasuki bakteri atau jamur.

Kelima, hindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak kuku, seperti menggigit atau menggaruk-garukkan kuku.

3. Batasi penggunaan pengampelas kuku, dan aseton

Teknik pengampelasan kuku biasanya digunakan untuk memudahkan pembentukan kuku yang akan membuat kuku menjadi lebih cantik. Namun terlalu sering mengampelas kuku akan membuat kuku Mama mudah mengalami keretakan. Awalnya memang keretakan kecil, namun lama-lama akan membesar, hingga akhirnya menjadi permanen.

Sementara itu, aseton biasanya digunakan sebagai produk untuk membersihkan kuku ataupun menghapus kuku. Terlalu banyak mengaplikasikan aseton pada kuku akan membuat kuku menjadi rapuh dan menguning.

Mama pasti tidak mau kan? Yuk kurangi!

BACA JUGA


Mengatasi Bibir Kering, Coba 6 Langkah Mudah Dapatkan Bibir Lembap dan Sehat Ini!

Mengatasi Bibir Kering, Coba 6 Langkah Mudah Dapatkan Bibir Lembap dan Sehat Ini!

Bibir kering sangatlah mengganggu kesehatan dan penampilan. Hilangkan dengan 6 cara ini yuk, Ma

Read more..

4. Lakukan perawatan kuku secara alami

sunwarrior

Menghindari zat berbahaya bagi kuku saja tidak cukup, agar kuku terjaga kesehatannya, Mama harus memberikan zat-zat yang baik untuk kuku yang tentu saja alami dan aman.

Pertama, untuk mendapatkan kuku yang berkilau, kuat, dan bersih, pijatlah kuku dengan kapas yang telah dicelupkan ke dalam air jeruk lemon, atau rendamlah kuku ke dalam larutan air dengan sari jeruk lemon, kemudian cuci hingga bersih.

Kedua, jika Mama ingin mendapatkan kuku yang halus dan lembap, rendamlah kuku pada minyak zaitun hangat selama 15-20 menit untuk mendapatkan kuku yang lebih halus.

Selain kuku, kutikula pun harus diperhatikan ya Mama. Ada beberapa minyak alami yang baik untuk kutikula, yaitu minyak almond dan VCO. Oleskan minyak almond atau VCO ke kutikula agar kutikula bebas dari kering dan pecah-pecah.

5. Percantik dari dalam


Untuk menunjang perawatan kuku dari luar, Mama pun harus memperbanyak konsumsi vitamin yang tentu saja baik untuk kecantikan dan kesehatan kuku.

  1. Vitamin A
    Fungsi vitamin A adalah menyuplai keratin pada kuku. Keratin dibutuhkan untuk menjaga kekuatan, pertumbuhan, dan kelembapan kuku. Sumber vitamin A : wortel, labu, pepaya, ubi jalar, tomat, aprikot, bayam, sayuran berdaun hijau, telur, dan produk susu.
  2. Vitamin B
    Vitamin B berfungsi menjaga tekstur kuku dan melindungi kuku dari infeksi bakteri maupun jamur. Ciri-ciri Mama kekurang vitamin B adalah kuku menjadi tipis, melengkung dan membulat. Sumber : sereal, paprika, kacang-kacangan, susu, keju, telur, ikan, daging.
  3. Vitamin C
    Vitamin C membantu kuku terhindar dari kekusaman, kekeringan, dan pembengkakan jaringan di sekitar kuku. Sumber : lemon, jeruk nipis, tomat, kubis, kembang kol, brokoli, peterseli, asparagus.
  4. Vitamin D
    Vitamin D akan membantu tubuh memproduksi keratin. Sumber : salmon, tenggiri, daging sapi, kuning telur, dan keju.
  5. Vitamin E
    Vitamin E akan meningkatkan kekuatan dan tekstur kuku. Sumber : sereal, sayuran berdaun hijau, almod, biji bunga matahari, kemiri, dan kacang tanah.
  6. Vitamin K
    Vitamin K akan membantu kuku lebih kuat sehingga tidak mudah pecah dan retak. Sumber : sayuran hijau, plum, mentimun, dan kacang polong,

BACA JUGA


14 Rekomendasi Maskara untuk Bulu Mata yang Tampak Lebih Panjang, Tebal, dan Dramatis

14 Rekomendasi Maskara untuk Bulu Mata yang Tampak Lebih Panjang, Tebal, dan Dramatis

Malas mengenakan bulu mata palsu tetapi ingin bulu mata tetap cetar? Maskara yang tepat adalah solusinya

Read more..

Yha, tips perawatan agar kuku cantik ini memang mudah dan murah meriah! Nggak perlu repot harus ini-itu, karena perawatan kuku nggak selamanya mesti dipoles dengan cat, dibersihin pakai ini-itu. Melakukan perawatan lewat cara alami dan dari makanan yang dikonsumi juga sangat penting untuk Mama lakukan.

Yuk, Ma, jangan malas lagi ya melakukan perawatan kuku di rumah!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pengin Kuku Cantik ala French Menicure? Nggak Repot Kok, Ma! Cukup Lakukan 5 Tips Ini di Rumah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar