Pengin Mapan? Tentukan Dulu Tujuan Keuangan Keluarga Mama dengan Cara Berikut!

Pengin Mapan? Tentukan Dulu Tujuan Keuangan Keluarga Mama dengan Cara Berikut!

610
Wujudkan keluarga mapan financial, yuk, lakukan beberapa langkah sederhana ini!

Siapa sih yang nggak pengin membangun keluarga nan mapan? Siapa yang nggak pengin bisa merencanakan keuangan keluarga yang stabil?

Semua orang pasti mau. Dan, meski sebenarnya ini adalah tugas suami, tapi bukan berarti Mama nggak boleh ikut membantunya soal keuangan keluarga dan mewujudkan keluarga mapan demi masa depan anak-anak.

Zaman sekarang kita harus realistis, bahwa kemapanan itu memang perlu kerja keras untuk diwujudkan. Mapan ini dalam arti mapan fisik, mapan materi (yang berarti bisa mengalami yang namanya financial freedom), dan mapan secara rohaniah juga, pastinya.

Dan untuk mewujudkan keuangan keluarga yang stabil dan mapan, pastinya Mama harus mengambil langkah pertama, yaitu menetapkan tujuan keuangan keluarga.

Bagaimana caranya?


BACA JUGA


Ini Dia 5 Kesalahan Keuangan Keluarga Mama yang Bisa Menyebabkan Papa Menjadi Ilfil. Hati-hati lho, Ma!

Ini Dia 5 Kesalahan Keuangan Keluarga Mama yang Bisa Menyebabkan Papa Menjadi Ilfil. Hati-hati lho, Ma!

Uang itu tidak ada saudaranya. Dan karena kesalahan keuangan, maka banyak pasangan yang tidak bisa mempertahankan hubungannya

Read more..


Mama bisa mengikuti petunjuk yang dikutip dari buku karangan Tejasari Asad berjudul In What Stage You? berikut ini untuk mencapai tujuan keuangan keluarga secara tepat.

1. Tetapkan tujuan


Menetapkan tujuan adalah langkah awal rencana keuangan keluarga Mama. Boleh saja menentukan banyak tujuan, tetapi yang terpenting tetapkan prioritas.

Tentunya Mama tidak bisa mengejar semua tujuan dalam waktu bersamaan kan ya? Mama harus memilih, mana yang harus segera dilakukan dan mana yang bisa dilakukan belakangan.


2. Kumpulkan data


Langkah untuk mengumpulkan data keuangan keluarga dan memasukkannya ke dalam tabel memang membutuhkan usaha lebih.

Mama harus membuat laporan keuangan keluarga secara akurat berdasarkan dokumen, seperti deposito, polis asuransi, buku tabungan, dan lain-lain.

Buat pula data pengeluaran bulanan dan tahunan secara rinci.


3. Analisis data


Pada tahapan ini, Mama perlu melakukan financial check up dan analisis terhadap cash flow.

Hasil dari data ini akan menjadi dasar pembuatan rencana keuangan keluarga. Mama perlu tahu, mana dana utama atau dana sekunder.


BACA JUGA


Penghasilan Pas-Pasan, Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga ala Rocking Mama!

Penghasilan Pas-Pasan, Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga ala Rocking Mama!

Mama, pasti kita terkadang bingung ya, kalau si Papa merupakan seorang karyawan yang memiliki pendapatan yang lebih rendah dari rata-rata, ...

Read more..


4. Buat rencana keuangan


Mama perlu membuat rencana keuangan yang komprehensif untuk mencapat tujuan keuangan keluarga, baik jangka pendek maupun panjang. Rencana keuangan keluarga harus saling terkait supaya tujuan bisa tercapai dengan lancar.


5. Implementasi


Jangan sampai rencana Mama hanya sebatas perencanaan saja. Mama harus berusaha keras dan konsisten untuk bisa mewujudkannya.

Tahan keinginan Mama untuk membeli barang-barang yang bersifat kepuasan saja, agar dana pencapaian tujuan keuangan keluarga nggak terganggu.


6. Monitoring dan review


Semua data pelaksanaan berupa perubahan cash flow, pelaksanaan investasi, atau pembelian asuransi, harus dicatat dan diperiksa kembali.

Mama akan mengetahui rencana apa yang belum dijalankan dan seperti apa hasil jerih payah yang sudah dilakukan. Mama bisa melakukan review berkala.

Tujuannya, untuk dasar menetapkan rencana keuangan keluarga berikutnya.


BACA JUGA


Begini Seharusnya Cara Seorang Rocking Mama Mengatur Keuangan Rumah Tangga. Yay for Financial Freedom!

Begini Seharusnya Cara Seorang Rocking Mama Mengatur Keuangan Rumah Tangga. Yay for Financial Freedom!

"Don't give up on your dreams of Financial Freedom. First, change your attitude, next take action." ~ Kim Kyosaki

Read more..


Nah, semoga dengan langkah-langkah di atas, Mama bisa segera mewujudkan tujuan keuangan keluarga nan mapan dan stabil ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pengin Mapan? Tentukan Dulu Tujuan Keuangan Keluarga Mama dengan Cara Berikut!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar