Pengin Me Time Tapi Sibuk? Bisa Kok, Bahkan Walau Mama Hanya Punya Waktu 5 Menit Saja!

Pengin Me Time Tapi Sibuk? Bisa Kok, Bahkan Walau Mama Hanya Punya Waktu 5 Menit Saja!

4.6K
Me time to me is doing exactly what I want on my own. So, do it full-hearted!

Setelah ramai viral tentang blog seorang papa yang memberi waktu sang mama untuk ngelencer demi melakukan me time, maka ramailah media sosial membahas tentang keluarga mereka. Tidak sedikit yang menghujat, dan lebih banyak lagi sih yang mendukung. Ada juga yang silent reader, barangkali sebetulnya iri gimana gitu. Hihihi. Tapi ya sudahlah, setiap keluarga punya keunikan sendiri. Betul, Ma?

Lalu, soal me time nih. Seberapa perlu sih me time untuk Mama? Kok kayaknya juga bolak balik saja dibahas di mana-mana, termasuk di Rocking Mama? Seberapa penting sih bagi kita untuk bisa melakukan me time?

Jawabannya, penting dan perlu banget dong!


BACA JUGA


Nggak Sempat Me Time? Ini Dia 7 Cara Jitu untuk Bisa Menciptakan Me Time yang Berkualitas!

Nggak Sempat Me Time? Ini Dia 7 Cara Jitu untuk Bisa Menciptakan Me Time yang Berkualitas!

Familiar dengan ungkapan di atas, Ma? Cocok sekali dengan kondisi kita, ya. Ketika bayi yang kita nantikan dengan sepenuh hati lahir, saat ...

Read more..


Waktu yang 24 jam serasa kurang bila sudah berurusan dengan keluarga bukan? Sejak bangun pagi, tidak bisa leyeh-leyeh, karena ada toddler yang harus disiapin sarapan, termasuk sarapan si Papa toddler. Belum lagi, ternyata Mama lupa pasang tombol ON di rice cooker. Oh no! Jadi, alih-alih punya nasi hangat untuk sarapan, Mama harus segera putar otak menyiapkan sarapan kilat yang semuanya doyan.

Sepanjang hari, Papa sudah berangkat mencari nafkah, tinggal Mama stuck dengan urusan rumah tangga dari A hingga Z. Kemudian ber-multitasking bak mama gurita, bertangan delapan. Ah, rasanya juga ingin nambahlah itu tangan, jadi enam belas gitu.

Belum lagi, bila Mama adalah seorang ibu bekerja yang juga punya tanggung jawab di luar rumah dalam masyarakat. Pulang ke rumah tinggal sisa-sisa tenaga.

Sebelum membahas tentang bagaimana me time yang cocok, lebih baik kita pahami dahulu bahwa me time adalah waktu di mana Mama bisa punya waktu untuk diri Mama sendiri. Nah, di sinilah kuncinya, Ma.

Waktu.

Tinggal kita atur-atur saja waktunya bukan? Sounds easy? Yes. Hard to do? Errr ... could be. Tapi kita bisa kok mengatur waktu me time di tengah jadwal sibuk kita dengan beberapa cara berikut.


Trik bisa me time di tengah jadwal sibuk Mama: Masukkan dalam to-do-list


Mama selalu dituntut untuk multitasking dan selalu siap dengan to-do-list dalam genggaman demi produktivitas? Kalau demikian, cobalah untuk memasukkan jadwal me time dalam to-do-list yang sudah Mama buat.

Membuatnya tercantum dalam daftar saja pasti sudah membuat Mama merasa lega, karena sebentar lagi punya waktu untuk diri sendiri.

Merasa lega dan rileks adalah obat mujarab agar kita bisa tetap semangat menjadi mama yang dibutuhkan setiap saat. Tentu saja, waktu yang dicantumkan dalam me time tadi disesuaikan dengan kondisi keluarga masing-masing ya, Ma. Tidak mungkin juga menetapkan jadwal me time 5 jam per hari. Doh, makan apa anak-anak nanti?

Sebenarnya hanya dalam waktu 5 menit pun bisa menjadi me time yang berkualitas.


Apa saja yang bisa Mama lakukan untuk melakukan me time dalam waktu kepepet tersebut?


Banyak!

Bila waktu me time Mama hanya 5 - 10 menit


  • Buatlah minuman hangat favorit. Bagi penggemar kopi, seduhlah kopi panas favorit. Bisa juga mencoba resep Vietnam Drip. Atau segelas cokelat susu yang dimasak dengan kayu manis. Atau just a cup of lemon tea. Duduklah di sofa tanpa melakukan apa-apa, kecuali menyeruput minuman hangat. Jangan pula berpikir, habis ini ngapain yah? Just follow your breath.
  • Gadgetan. Kepo-kepoin akun Instagram olshop baik juga untuk me time. Window shopping, cek-cek barang-barang yang ingin dimiliki lalu mencatatnya dalam daftar keinginan. Tapi awas ya, bisa kalap.
  • Mendengarkan lagu tanpa ada yang mengganggu.
  • Senam ringan.


Bila waktu me time Mama 15 - 30 menit


  • Membaca buku. Sediakan tempat dalam rumah, serta buku, majalah yang ingin dibaca. Beri tanda pada buku, bab-bab yang ingin dibaca.
  • Jalan-jalan atau lari pagi seputaran rumah.
  • Yoga.
  • Melakukan hal kecil yang paling disukai tanpa merasa ada beban. Misalnya merawat tanaman, atau memilih kerudung yang pas untuk baju tertentu.
  • Maskeran sambil tiduran.
  • Mandi dan keramas dengan nyaman tanpa ada yang menggedor pintu kamar mandi. Tentu saja untuk hal ini perlu bantuan orang rumah, bisa suami atau keluarga untuk mengawasi anak-anak.


Bila waktu me time Mama 30-60 menit


  • Bagus juga janjian dengan sahabat Mama hanya untuk ngobrol-ngobrol dan minum teh bareng.
  • Pergi ke salon, potong rambut, massage atau meni-pedi.
  • Pergi ke toko terdekat hanya strolling atau lihat-lihat.
  • Mencoba resep baru.
  • Bikin aneka craft. Misalnya membuat kalung manik-manik, memasang mote pada jilbab, atau peniti cantik. Atau mau coba hobi baru yang lagi kekinian, seperti membuat clay doll atau handlettering? Cusss deh!
  • Memperdalam hobi, misalnya melukis, main musik.
  • Browsing internet, blog walking atau membuat oret-oret mind mapping untuk artikel blog.
  • Menonton TV atau film seri favorit. Pilih yang Mama suka, film India atau drama Korea? Ssssttt ... Rocking Mama punya semua rekomendasinya lho!
  • Tidur.


BACA JUGA


Ma, Jangan Terlalu Tegang Menjalani Hari! Mari Nikmati Hidup Ini To The Fullest!

Ma, Jangan Terlalu Tegang Menjalani Hari! Mari Nikmati Hidup Ini To The Fullest!

The most important thing is to enjor your life -to be happy- it's all that matters. - Audrey Hepburn

Read more..


Nah, banyak kan?

Mama bisa menambahkan daftar me time apa saja sesuai dengan kondisi keluarga masing-masing.

Jangan lupa, libatkan dan bicarakan dengan pasangan kapan waktu ingin me time. Yang penting bila Mama ada waktu untuk me time, jangan ada rasa bersalah. Lakukan saja dengan rileks, tanpa ada beban “harus” ini-itu. Lakukanlah itu dengan tujuan supaya Mama punya kesempatan recharge energi. Supaya menjadi mama yang lebih fresh dan semangat mengurus keluarga kesayangan di hari-hari mendatang.

Dan, kok me time di hari Senin sih? Ya, kenapa enggak? Weekend itu kan justru hari sibuk kan buat kita, Ma? Secara pada di rumah semua. Hahaha.

Selamat ber-me time sekarang!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pengin Me Time Tapi Sibuk? Bisa Kok, Bahkan Walau Mama Hanya Punya Waktu 5 Menit Saja!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hani Widiatmoko | @handayaniwidiatmoko

hai...saya Hani. Blog saya http://www.haniwidiatmoko.com

Silahkan login untuk memberi komentar