E Learning - Satu Cara Supaya Mama Tetap Bisa Meng-Upgrade Diri Meski Berstatus Stay at Home Mom

E Learning - Satu Cara Supaya Mama Tetap Bisa Meng-Upgrade Diri Meski Berstatus Stay at Home Mom

1.7K
E learning bisa jadi cara kita untuk meningkatkan keterampilan meski kita tak bisa meninggalkan rumah, biaya minim pun punya banyak kesibukan.

Kesibukan mengurus suami, anak, rumah serta rutinitas pekerjaan di luar rumah seringkali membuat kita enggan kembali ke bangku kuliah untuk meningkatkan keilmuan kita ya, Ma.

Well, kalau yang bekerja di luar rumah sih, biasanya perusahaan memberikan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan jabatan atau pekerjaan kita. Lumayan sekali untuk menambah wawasan kita ya?

Tapi, untuk stay at home mom atau mama yang bekerja di rumah, jarang sekali mendapatkan kesempatan tersebut. Jangankan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, untuk mengikuti kursus keterampilan saja, nggak banyak yang bisa melakukannya.

Namun, di era digital seperti saat ini, kita bisa lho memanfaatkan teknologi untuk memperoleh ilmu baru atau mengasah lagi ilmu yang sudah dimiliki. Teknologi itu bernama e learning.


BACA JUGA


Ibu Rumah Tangga Sekolah Lagi? Ini Bedanya dengan Menjadi Mahasiswa Zaman Dulu

Ibu Rumah Tangga Sekolah Lagi? Ini Bedanya dengan Menjadi Mahasiswa Zaman Dulu

Ibu rumah tangga sekolah lagi biar tambah smart, sehingga bisa menjadi guru yang utama bagi anak-anak

Read more..


Apa sih e learning itu?


E learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Hanya dengan menggunakan komputer dan koneksi internet, pada saat kita punya waktu luang, kita bisa belajar apa saja dari para guru yang ahli di bidangnya, baik secara gratis maupun berbayar.



Keuntungan belajar secara e learning


Selain itu, ada 6 keuntungan e learning bagi kita, Ma, yaitu:

1. Fleksibel

Sebagai e learner kita bisa belajar kapan saja kita sempat dan di mana saja. Meskipun biasanya ada jadwal khusus untuk interaksi dengan guru, sebagian besar materi pendidikan bisa kita pelajari sendiri kapan pun.


2. Belajar Mandiri

Dalam e learning, karena tidak ada tatap muka secara rutin, maka kitalah yang bertanggungjawab atas keberhasilan pendidikan itu, Ma. Dengan demikian kita juga dapat memberi contoh kepada anak-anak cara belajar mandiri yang efektif.


3. Efisiensi Biaya

Dengan belajar di rumah atau di kantor atau di mana saja yang nyaman, kita bisa menghemat biaya transportasi dan akomodasi. Yang harus kita keluarkan hanyalah biaya kursus itu sendiri, koneksi internet dan maintenance komputer.


4. Efisiensi Waktu

Kita nggak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam di jalan hanya untuk menuju tempat kursus. Materi pelajaran e learning juga dapat kita akses 24 jam/hari – 7 hari/minggu.


5. Lebih Ringkas dan Lebih Mudah Diserap

Biasanya aktivitas dalam e learning ini tidak banyak formalitas kelas, langsung pada pokok bahasan dan mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan.

Materi yang diberikan dalam e learning ini juga lebih bersifat pelatihan dan diberikan dalam bentuk multimedia seperti gambar, video, animasi, suara serta contoh soal atau penerapannya.


6. Terhubung dengan Komunitas yang Homogen

Dengan mengikuti e learning secara berkelompok, Mama otomatis akan memperoleh teman-teman baru dengan minat serupa serta koneksi dengan guru yang ahli di bidangnya.

Komunitas ini dapat Mama manfaatkan untuk terus upgrade ilmu baru di bidang tersebut.


BACA JUGA


Menjadi Ibu Rumah Tangga adalah Privilage - Andaikan Ada Sekolah Khusus untuk Mempersiapkannya

Menjadi Ibu Rumah Tangga adalah Privilage - Andaikan Ada Sekolah Khusus untuk Mempersiapkannya

Peran ibu rumah tangga sering diremehkan. Padahal tanpa adanya ibu rumah tangga, keluarga dan rumah pasti akan kacau

Read more..


Menarik kan, Ma? Sekarang Mama bisa deh, belajar apa saja sesuai dengan minat, kapan pun dan di mana pun Mama berada dengan e learning ini. Dengan cara begini, Mama juga bisa memberi semangat dan contoh kepada anak-anak bahwa belajar itu nggak mengenal usia, dan tidak terbatas hanya di sekolah.

Nah, selamat belajar, Ma.


Sumber:

Pengertian, Karaktiristik dan Manfaat E-Learning oleh Muchlisin Riadi

7 Advantages of E-Learning


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "E Learning - Satu Cara Supaya Mama Tetap Bisa Meng-Upgrade Diri Meski Berstatus Stay at Home Mom". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Alfa Kurnia | @alfakurnia

Mamah galau. Introvert yang suka gaul. Punya cita-cita abadi jadi kurus tapi doyan makan. Blogging at http://pojokmungil.com. Believe that “Blogging is not rocket science, it’s about being yourself, and putting what you have into it.

Silahkan login untuk memberi komentar