Pengin Punya Perpustakaan Pribadi Sendiri di Rumah? Hanya Perlu 1 Pojok dan 4 Langkah Mudah Ini!

Pengin Punya Perpustakaan Pribadi Sendiri di Rumah? Hanya Perlu 1 Pojok dan 4 Langkah Mudah Ini!

10K
Mama hobi membaca buku, dan pengin punya perpustakaan sendiri di rumah?

Untuk orang-orang yang mempunyai hobi membaca, perpustakaan pribadi pastilah menjadi ruangan favorit di dalam rumah ya, Ma?

Pasti ada keinginan tersembunyi di benak seorang kutu buku, untuk mempunyai perpustakaan pribadi di rumah.

Tapi kalau mau bikin, aduh, terkadang udah malas lebih dulu ya. Hal ini dikarenakan kita telah membayangkan perpustakaan tentulah ruangan luas untuk menampung sekian banyak buku-buku koleksi. Jangan lupa juga untuk menambahkan tempat membaca, terus belum lagi acara bersih-bersihnya. Ouch!

Padahal, Ma, sebenarnya hal ini tidaklah serumit yang dibayangkan lho. Kita hanya perlu memperhatikan hal-hal seperti berikut ini.


BACA JUGA


Ini Dia 25+ Inspirasi Ruang Baca di Rumah Supaya Anak-anak Makin Gemar Membaca

Ini Dia 25+ Inspirasi Ruang Baca di Rumah Supaya Anak-anak Makin Gemar Membaca

Pengin supaya anak-anak gemar membaca? Nggak cuma harus menyediakan bacaan bagus, tapi sediakan juga ruang baca yang nyaman untuk mereka

Read more..


4 Hal yang perlu dipikirkan untuk membuat sebuah perpustakaan pribadi di rumah

1. Tak butuh ruang khusus



Perpustakaan atau ruang baca, tidak harus berupa ruangan khusus yang tertutup, tetapi terpisah dari ruangan lainnya. Bisa saja berupa ruang yang dipisahkan oleh sekat ataupun dinding rendah.

Memang tidak senyaman ruang yang terpisah sama sekali dengan dinding ya. Tapi ruang yang seperti ini juga akan tetap nyaman kok, Ma, karena kita nggak akan merasa terkurung di dalamnya.


2. Cukup ventilasi dan sirkulasi udara



Nah, yang penting untuk diperhatikan dalam perpustakaan pribadi di rumah ialah ventilasi udara. Sirkulasi udara harus lancar agar tidak membuat cepat lelah akibat kekurangan oksigen.

Jadi pastikan Mama memilih sudut rumah yang memang paling baik ventilasi udaranya ya. Cukup terbuka, tapi juga nggak terlalu terbuka sekali, karena salah-salah malah lembap.

Penataan rak-rak koleksi buku dan majalah dapat diatur menempel ke dinding dengan kerapatan yang cukup supaya udara dapat mengalir di antara celah antara rak dengan dinding. Fungsi celah ini adalah untuk sirkulasi udara yang dapat mengurangi kemungkinan kelembapan, bau apak dan bersarangnya serangga di antara buku-buku tersebut.

Celah tersebut akan mempermudah perawatan dan pembersihan koleksi dari debu setiap saat dan menghindari udara lembap yang dapat merusak kondisi buku-buku koleksi kesayangan kita.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Toko Buku Paling Menakjubkan di Paris yang Saya Harap Juga Ada di Indonesia

Ini Dia 5 Toko Buku Paling Menakjubkan di Paris yang Saya Harap Juga Ada di Indonesia

Toko buku, semakin tersudut oleh toko-toko modern lain. Pun bukunya sendiri, pergerakannya makin menyedihkan, didesak oleh semua yang serba ...

Read more..


3. Cukup terang


www.housebeautiful.com

Penerangan juga penting dalam perpustakaan pribadi di rumah, Ma, karena penerangan yang baik tidak membuat mata menjadi lelah. Penerangan diberikan secukupnya tetapi mampu memberi kesan ruangan lebih luas, nyaman dan menyenangkan.

Lampu-lampu untuk perpustakaan dan ruang baca ini sebaiknya adalah lampu neon dan bukan lampu pijar, karena pantulan cahaya lampu pijar pada kertas berpengaruh cukup banyak dan menimbulkan kelelahan. Sinar lampu yang berwarna putih dan intensitas cahaya yang cukup, akan membantu mata untuk membaca dengan lebih nyaman.

Tempatkan lampu ini pada bagian belakang posisi kalau kita sedang duduk membaca, Ma, di kursi santai atau sofa baca.


4. Dekorasi yang pas


Dinding ruang baca dan perpustakaan pribadi di rumah, selain dapat diperindah dengan lukisan, sebaiknya juga dipasangi peta, gambar tokoh-tokoh atau banner yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Untuk penyegar ruangan, kita dapat tambahkan beberapa pot bunga atau tanaman hias yang tidak terlalu besar serta sesuai dengan komposisi seluruh ruangan.

Tanaman hias yang dipilih adalah yang mudah dirawat dan tidak mudah rontok daunnya yang fungsinya untuk memberikan nuansa alami dan tidak membosankan. Kehadiran warna hijau dan sejuk ini akan melembutkan kesan kaku dan serius dari koleksi buku-buku tersebut.


BACA JUGA


6 Akun Instagram Ini Wajib Mama Follow Untuk Ide Seputar Penataan Rumah!

6 Akun Instagram Ini Wajib Mama Follow Untuk Ide Seputar Penataan Rumah!

Inspirasi lewat Instagram, why not? Di media sosial yang lagi hits sekarang ini, Instagram, Mama pun bisa menemukan inspirasi untuk penataan ...

Read more..


Nah, 4 langkah di atas kiranya cukup untuk Mama mulai membuat perpustakaan pribadi di rumah dengan style yang diinginkan, bukan? Mau mulai sekarang, Ma?

Yuk!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pengin Punya Perpustakaan Pribadi Sendiri di Rumah? Hanya Perlu 1 Pojok dan 4 Langkah Mudah Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar