Penuhi 2 Jenis Nutrisi Ibu Hamil Ini Agar Mama Bisa Menjalani Kehamilan dengan Sehat dan Bahagia!

Penuhi 2 Jenis Nutrisi Ibu Hamil Ini Agar Mama Bisa Menjalani Kehamilan dengan Sehat dan Bahagia!

992
Nutrisi ibu hamil ada 2; nutrisi ibu hamil secara fisik, dan nutrisi jiwa. Penuhi keduanya untuk masa kehamilan yang sehat dan bahagia.

Mama sedang hamil? Wah, selamat ya! Jangan lupa untuk memperhatikan nutrisi ibu hamil yang harus Mama penuhi.

Apa sih nutrisi itu?

“Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan” (WIKIPEDIA)

So, memang penting banget untuk memenuhi nutrisi ibu hamil. Dan, satu lagi nih, memilih nutrisi ibu hamil juga nggak hanya sekadar memikirkan manfaatnya, namun juga harus menyenangkan kan? Soalnya kalau pemenuhan nutrisi ibu hamil ini tak menjadi proses yang menyenangkan, ya kita jadi malas saja kan, Ma?


BACA JUGA


Lagi Hamil, Boleh Makan Ini Nggak Ya? Boleh Makan Itu Nggak Ya?

Lagi Hamil, Boleh Makan Ini Nggak Ya? Boleh Makan Itu Nggak Ya?

Let us make pregnancy an occasion when we appreciate our female bodies. ~ Merete Leonhardt-Lupa

Read more..


Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih nutrisi ibu hami, beserta beragam alasan ilmiah yang menyertainya.


Tips memenuhi nutrisi ibu hamil yang menyenangkan, sehingga Mama akan semangat saat melakukannya

FYI, Mama, nutrisi ibu hamil itu nggak hanya berbentuk makanan saja lho. Tapi juga nutrisi fisik dan nutrisi jiwa,

Berikut adalah jenis nutrisi ibu hamil yang harus dipenuhi:


Nutrisi Fisik

Nutrisi ibu hamil ini yang akan membuat ibu dan janin sehat, Ma. Bisa berupa makanan, susu ataupun suplemen. Untuk bisa memilih nutrisi ibu hamil yang berupa makanan dan susu kehamilan terbaik, perhatikan hal-hal berikut.


1. Bergizi


Sumber: Oregon Health & Science University

Selain memikirkan kesehatan Mama sendiri, Mama juga harus menanggung kesehatan janin. Gizi atau nutrisi ibu hamil merupakan cara untuk mendapatkan asupan terbaik untuk awal kehidupan janin.

Jika berupa makanan, maka pastikan makanan Mama mengandung 3 zat penting ini.

  • Asam Folat, untuk mencegah anemia. Mama juga rentan terkena pre-eklamsia dan asam folat bisa membantu menghindari gejalanya. Gejala pre-eklamsia ini meningkatkan jumlah kematian setelah melahirkan, Ma. Sedangkan untuk janin, manfaat asam folat berperan dalam pembentukan sumsum tulang belakang, juga tabung otak janin. Manfaat lainnya, asam folat mengurangi risiko bayi lahir dengan tidak sempurna (cacat), baik pada tulang belakang maupun bagian otaknya. Selain itu juga mencegah janin mengalami bibir sumbing dan down syindrome.
  • Multivitamin, yaitu vitamin A, B kompleks, C dan D. Semuanya berfungsi untuk penyerapan nutrisi ibu hamil yang masuk, termasuk penyerapan zat besi, kalsium, pembentukan sistem jantung dan tulang.
  • Kalsium, bagi janin, kalsium berguna untuk pembentukan tulangnya. Sedangkan bagi Mama, kalsium diperlukan untuk membuat tubuh kuat. Jika kekurangan kalsium, maka janin akan mengambilnya dari tubuh mamanya, sehingga di kemudian hari bisa saja Mama menjadi mudah mengalami osteoporosis.

Tapi, tak semua Mama yang sedang hamil bisa melewati trimester pertama dengan mulus. Banyak yang mengalami hyper emesis, bahkan kadang sampai membahayakan kondisi janin akibat kekurangan nutrisi ibu hamil. Banyak juga yang akhirnya kehilangan berat badan di masa awal kehamilan.

Atau, mungkin juga, Mama dalam kondisi ngidam dan perubahan hormonal yang bisa memengaruhi selera makan.

Nah, di sinilah susu hamil sangat diperlukan untuk memenuhi sumber nutrisi ibu hamil yang tidak tercukupi hanya melalui makanan. Pastikan Mama memilih yang terbaik ya.


2. Enak


Tidak dimungkiri, bahwa perubahan hormonal saat hamil bisa membuat selera makan Mama berubah. Apalagi jika mengalami masa kehamilan yang berat dengan adanya emesis. Makanya, Ma, ketika memilih makanan untuk memenuhi nutrisi ibu hamil yang diperlukan, pastikan rasa makanannya juga enak. Agar Mama bisa makan lahap dan banyak.

Jika nggak menemukan makanan yang sesuai selera, maka pastikan Bunda memilih susu yang enak. Sehingga kalau semisalnya mood makan nggak bagus, atau mengalami mual, masih ada susu yang support nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan oleh tubuh.


BACA JUGA


Ini Dia 9 Kondisi yang Sering Dikeluhkan oleh Mama Hamil - Wajar Kok, Tak Perlu Khawatir!

Ini Dia 9 Kondisi yang Sering Dikeluhkan oleh Mama Hamil - Wajar Kok, Tak Perlu Khawatir!

It is the most powerful creation to have life growing inside of you, there is no bigger gift. - Beyonce

Read more..


3. Mudah didapat


Selera makan Mama mungkin akan naik turun ya. Apalagi saat awal kehamilan.

Rasa mual dan ingin muntah sering datang, makanya kadang pengin deh menemukan satu makanan yang bisa mengobati semua rasa yang nggak enak itu.

Biasanya sih Papa akan dengan senang hati memenuhi keinginan Mama. Tapi ya, kalau bisa langsung dapat. Kalau enggak?

Ya, ini lumrah sih, Ma, terjadi pada ibu hamil.

Sementara belum mendapatkan makanan yang diingini, tetap ingat ya, Ma, untuk tetap memenuhi nutrisi ibu hamil yang diperlukan. Mama bisa makan dulu makanan alternatif yang lain. Jangan sampai karena yang diinginkan nggak dapat, lantas Mama jadi mogok makan.

Syukur-syukur kalau Mama bisa ngidamnya ngidam makanan yang gampang didapat saja. Hahaha. Pasti akan jauuuh lebih baik yah. Papa juga nggak bingung nyariin kan?

Bukankah yang terpenting, nutrisi ibu hamil yang diperlukan terpenuhi? Janin sehat, Mama juga sehat kan?


Yah, itu dia beberapa hal yang harus Mama perhatikan demi memenuhi nutrisi ibu hamil yang diperlukan, baik oleh janin maupun untuk Mama sendiri.

Biasanya sih kebanyakan, kita akan baru bisa makan enak di trimester kedua ya. Namun, tetap pastikan asupan nutrisi ibu hamil harus dipenuhi, bagaimanapun caranya. Di trimester kedua, janin sudah membesar dan Mama pun membutuhkan nutrisi ibu hamil fisik yang lebih banyak lagi.


BACA JUGA


Ibu Hamil Harus Selalu Sehat dan Bebas Stres! Maka Lakukanlah 7 Hal Berikut, Ma!

Ibu Hamil Harus Selalu Sehat dan Bebas Stres! Maka Lakukanlah 7 Hal Berikut, Ma!

Ibu hamil harus selalu sehat dan bahagia, itu pasti! Karena kebahagiaan dan kesehatan Mama berarti juga adalah kebahagiaan dan kesehatan si ...

Read more..


Nutrisi Jiwa

Ingat kan, Ma, bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat?

Begitu pun dengan ibu hamil. Tubuh Mama yang sehat akan membuat jiwa Mama juga sehat, Mama pun akan merasa bahagia. Karena itu, nutrisi ibu hamil berikutnya yang harus Mama penuhi adalah nutrisi jiwa.

Ada 4 hal nutrisi ibu hamil yang penting untuk membuat Mama merasa bahagia menjalani kehamilan.


1. Tidak ada tekanan


Pastikan Mama tidak mendapat tekanan yang membuat stres.

Kurangi hal-hal yang mengganggu pikiran dan menyita waktu. Kalau Mama sedang hamil dan harus tetap bekerja di luar rumah, maka pastikan untuk tidak mengambil beban tugas yang berlebihan. Hindari lembur dan atur lagi manajemen waktu yang lebih baik antara pekerjaan dan waktu istirahat.


2. Dukungan keluarga

Dukungan bermacam-macam bagi Mama dari suami, mertua, orang tua, bahkan si kakak janin, bisa berupa perhatian, pendampingan dan pemenuhan segala kebutuhan Mama.

Dari Papa, mungkin bisa memberi Mama pijatan ringan saat lelah atau pegal, juga mendengarkan keluh kesah Mama, termasuk juga membelikan susu ibu hamil, misalnya.

Dengan adanya dukungan ini, mood Mama pasti akan membaik, yang berarti akan baik juga untuk janin.


BACA JUGA


Mual Saat Hamil Memang Tak Menyenangkan. Yuk, Ma Kenali Fakta dan Cara Mengatasinya!

Mual Saat Hamil Memang Tak Menyenangkan. Yuk, Ma Kenali Fakta dan Cara Mengatasinya!

Mual saat hamil atau biasa disebut morning sickness adalah salah satu bagian dari kehamilan yang nggak menyenangkan

Read more..


3. Olahraga yang cukup

Olahraga memang termasuk nutrisi ibu hamil untuk fisik sih, Ma. Tapi, berbeda dengan olahraga yang dilakukan oleh orang lain, senam dan olahraga hamil akan membuat Mama merasa rileks dan enjoy dengan kehamilan Mama. Di samping juga, mempersiapkan tubuh menghadapi proses persalinan, mengatur jantung dan pernapasan, juga meredakan kecemasan mendekati saat melahirkan.

Olahraga yang cocok untuk ibu hamil saat ini sangat banyak pilihannya. Bisa berupa senam hypnobirthing, berenang, yoga atau jogging.


4. Lebih banyak me time

Lakukan hal yang menyenangkan Mama sesuai dengan minat dan hobi.

Jika Mama senang melakukan perawatan ke salon, membaca buku, shopping, kuliner, ngeblog atau apa saja, lakukanlah lebih intens selama hamil.

Me time ini menjadi sangat penting menjadi mood booster Mama. Yang penting adalah pilihlah me time yang aman untuk Mama dan janin.


BACA JUGA


Hamil di Usia 40 Tahun, Bahkan Lebih? Bukan Hal Mustahil, 13 Selebriti Ini Telah Membuktikannya!

Hamil di Usia 40 Tahun, Bahkan Lebih? Bukan Hal Mustahil, 13 Selebriti Ini Telah Membuktikannya!

Kisah para selebriti Hollywood yang telah hamil di usia 40 tahun lebih ini dapat menjadi motivasi untuk Mama yang ingin kembali memiliki ...

Read more..


Kehamilan memang tidak selalu mudah ya, Mama. Banyak ibu hamil abai dengan kondisinya saat hamil, apalagi untuk memerhatikan nutrisi ibu hamil yang harus dipenuhi.

Well, nutrisi ibu hamil. baik fisik dan jiwa, bisa terpenuhi bersamaan jika mengikuti tips di atas. Sesuaikan dengan kondisi Mama dan juga kondisi keluarga pada umumnya ya.

Nah, selamat menjalani kehamilan dengan sehat dan bahagia, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Penuhi 2 Jenis Nutrisi Ibu Hamil Ini Agar Mama Bisa Menjalani Kehamilan dengan Sehat dan Bahagia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ruli Retno Mawarni | @ruliretno

Supermom for 3 kids, lifestyle & travel blogger, content writer, www.ruliretno.com Cp : ruliretno@gmail.com

Silahkan login untuk memberi komentar