Penyakit Jantung Telah Membawa Pak Bondan Winarno Pergi - Ayo, Waspadai Penyakit Ini dengan Deteksi Dini!

Penyakit Jantung Telah Membawa Pak Bondan Winarno Pergi - Ayo, Waspadai Penyakit Ini dengan Deteksi Dini!

954
Satu lagi publik figur yang berpulang karena kalah melawan penyakitnya, Bondan Winarno. Yuk, pelajari cara mendeteksi penyakit jantung sejak dini.

Bondan Winarno telah berpulang pada hari Rabu tanggal 29 November 2017 kemarin, di usianya yang ke-67 tahun. Pak Bondan dikabarkan meninggal dikarenakan penyakit jantung yang dideritanya.

Sebenarnya beliau menyimpan rapi riwayat penyakit jantung yang telah dideritanya selama bertahun-tahun. Dan belum lama ini, beliau memberitahukan tentang penyakitnya melalui catatan yang dibuatnya dengan menjelaskan kronologis riwayat penyakit jantung ini, sebelum operasi terakhir yang dijalaninya dan akhirnya mengakhiri perjalanannya melawan penyakit tersebut.

Sangat disayangkan, seorang pakar kuliner dan penulis hebat seperti Pak Bondan Winarno harus mengalami penyakit jantung yang sepertinya agak terlambat beliau deteksi.

Pertanyaan pun muncul. Untuk seorang pakar kuliner yang pastinya akrab dengan berbagai panganan yang bisa jadi banyak mengandung kolesterol, kenapa beliau tampak tidak mengantisipasi bahaya penyakit yang ada kaitannya dengan makanan yang disantapnya ini?


BACA JUGA


Untuk Mencegah Berbagai Penyakit Datang, Coba Jawab 5 Pertanyaan yang (Seharusnya) Sudah Dijawab Sejak Kita Berusia 20-an Ini!

Untuk Mencegah Berbagai Penyakit Datang, Coba Jawab 5 Pertanyaan yang (Seharusnya) Sudah Dijawab Sejak Kita Berusia 20-an Ini!

Agar dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya datang di usia senja kita, seharusnya kita sudah menjawab 5 pertanyaan berikut ini sejak ...

Read more..


Berkaitan dengan hal itu, Ma, ada baiknya bila kita mempelajari bagaimana cara paling sederhana untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyakit jantung pada diri kita. Akan lebih baik kan, kalau kita mengetahui apa saja yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita. Apalagi penyakit jantung ini bisa dialami oleh siapa saja lo, Ma.



Cara paling simpel untuk mengecek penyakit jantung ini adalah dengan cara memeriksa denyut jantung di pagi hari. Karena di pagi hari tubuh kita telah selesai beristirahat.

Untuk memeriksa denyut jantung, bisa dilakukan dengan tangan sendiri. Caranya yaitu dengan meletakkan telunjuk atau jempol di pergelangan tangan tepat di bawah jempol. Lalu raba bagian pergelangan sampai terasa adanya denyutan. Rasakan denyutannya lalu hitunglah jumlah denyut jantung tersebut.

Denyut jantung bisa dikatakan normal kalau dalam waktu satu menit jantung tersebut berdenyut sebanyak 60 sampai100 kali. Kalau denyut jantung berdenyut lebih dari 100 kali tiap menit, maka bisa diangap itu berisiko terserang penyakit jantung. Denyut nadi yang berdenyut lebih dari 100 per menit menandakan adanya tachycardia, yaitu masalah irama jantung yang terlalu cepat. Gangguan ini disebabkan karena kekacauan sinyal listrik yang berfungsi menstimulus otot jantung agar bisa memompa secara teratur.

Nah, setelah Mama tahu cara mendeteksi penyakit jantung, Mama juga wajib tahu faktor-faktor pemicunya, beberapa di antaranya adalah tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes.

Jadi sebaiknya Mama juga melakukan serangkaian tes untuk memeriksa apakah Mama juga terkena tekanan darah tinggi, kolesterol atau diabetes. Jika dari hasil tes tersebut ternyata Mama memiliki risiko terserang penyakit jantung yang cukup tinggi, sebaiknya segera perkecil risikonya dengan mengubah gaya hidup Mama yang kurang sehat.

Sekarang kita bahas gimana caranya supaya jantung kita bisa tetap sehat ya, Ma.


BACA JUGA


Penyakit Kanker Benar-benar Tak Bisa Disepelekan! 13 Artis yang Meninggal Karena Kanker Ini Buktinya!

Penyakit Kanker Benar-benar Tak Bisa Disepelekan! 13 Artis yang Meninggal Karena Kanker Ini Buktinya!

Penyakit kanker benar-benar tak bisa dianggap sepele. Dan, semua selalu berawal karena ketidaknormalan kecil dalam tubuh kita. Hanya kitalah ...

Read more..


Ini ada beberapa tips yang bisa Mama terapkan supaya jantungnya tetap sehat terus dan mencegah penyakit jantung datang

1. Istirahat cukup

Cara paling terbaik untuk beristirahat adalah dengan tidur. Cukup tidur itu akan menghindarkan kita dari penyakit jantung.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa manusia yang tidur di bawah 6 jam dalam sehari, tubuhnya berisiko memiliki banyak protein C-reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Itulah sebabnya mengapa jam tidur yang paling ideal adalah 8 jam sehari.


2. Olahraga teratur

Sudah pasti kalau rajin berolahraga maka jantung akan semakin sehat ya, Ma. Karena dengan berolahraga dapat membuat tekanan yang teratur dan jantung akan berdetak dengan normal.


3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayuran yang mengandung banyak serat adalah vitamin yang sangat penting bagi jantung.

Selain bisa menekan kolesterol dalam tubuh, buah dan sayur juga merupakan asupan penting yang bisa menjaga kita dari serangan penyakit jantung.


4. Minum air putih yang banyak

Air mineral sangatlah menyehatkan dan berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh, tak terkecuali jantung. Dan banyak mengkonsumsi air putih juga akan mengurangi risiko terserang penyakit jantung.


5. Jaga kestabilan emosi

Sering marah-marah bisa menyebabkan darah tinggi. Sebaiknya selalu stay cool dalam menghadapi setiap permasalahan hidup. Jangan terlalu emosian ya, Ma. Karena itu bisa memicu detak jantung yang tidak teratur dan bila tidak bisa mengontrolnya akan berbahaya bagi kesehatan jantung.


BACA JUGA


Ini Dia 10 Balita yang Tangguh Melawan Penyakit Hingga Viral di Social Media

Ini Dia 10 Balita yang Tangguh Melawan Penyakit Hingga Viral di Social Media

Berbagai usaha sudah dilakukan untuk berjuang melawan penyakit. Namun, mereka hanya bisa berusaha tanpa tahu hasilnya akan seperti apa. ...

Read more..


Itu tadi beberapa tips sederhana untuk menjaga diri kita agar tak terserang penyakit jantung. Jangan abaikan penyakit ini ya, Ma. Segera lakukan deteksi penyakit jantung dengan cara yang sangat sederhana ini sekarang juga.

Keep health ya, Ma.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Penyakit Jantung Telah Membawa Pak Bondan Winarno Pergi - Ayo, Waspadai Penyakit Ini dengan Deteksi Dini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mel Ara | @melara

Silahkan login untuk memberi komentar