Peralatan Kemah yang Wajib Dibawa Demi Menikmati Petualangan Seru dalam Camping Keluarga Weekend Ini!

Peralatan Kemah yang Wajib Dibawa Demi Menikmati Petualangan Seru dalam Camping Keluarga Weekend Ini!

1.4K
Peralatan kemah seabrek sampai-sampai kita malas berangkat atau malas mengajak anak mengalami petualangan seru? Ah, rugi banget. Peralatan kemah mah simpel aja kok. Bawa saja yang penting! Selanjutnya, biarkan petualangan Mama yang memutuskan.

Mama sudah pernah mengajak anak-anak berkemah, Ma? Belum? Malas? Malas kenapa, Ma? Karena repot harus membawa peralatan kemah yang banyak, belum lagi nanti di lokasi banyak nyamuk, susah air dan sebagainya?

Ahhh, Mama, sesekali bagus juga kali kalau kita ajak anak-anak berkemah di alam bebas.

Berkemah adalah suatu kegiatan rekreasi yang sangat menyenangkan lho! Inilah kesempatan kita untuk membawa anak-anak lebih mengenal dan dekat dengan alam. Bagaimana mereka seharusnya berterima kasih pada alam, karena sudah menyediakan banyak hal agar kita hidup.


BACA JUGA


Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!

Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!

“The sun does not shine for a few trees and flowers, but for the wide world’s joy.” –Henry Ward Beecher

Read more..


Apalagi, umumnya kita berkemah untuk bisa sekadar beristirahat dan menjauh dari keramaian kota kan? Pasti segar deh, menghirup udara bebas meski sehari dua hari saja, jauh dari polusi kota. Mata pun tersegarkan karena dihadiahi pemandangan hijau indah yang asri.

Bener nggak sih, Ma?

Nah, mumpung sebentar lagi weekend, barangkali Mama mau mencoba untuk mengajak anak-anak berkemah besok?

No worries deh, soal peralatan kemah, banyak nyamuk dan susah air itu. Semua bisa kita atasi kok!

Soal banyak nyamuk, misal, Mama bisa mengandalkan krim anti nyamuk itu kan? Soal susah air, wah, ini nggak ada sama sekali, Ma. Banyak tempat berkemah yang sudah terfasilitasi dengan baik sekarang. Duh, Mama, ke mana aja sih? Hahaha.

Ok then, kalau memang Mama pengin ajak anak-anak berkemah, ada beberapa hal yang harus Mama siapkan sejak sekarang. Pastinya pergi berkemah akan lebih menyenangkan jika semua keperluan dipersiapkan dengan matang terlebih dahulu kan? Jangan sampai ada peralatan kemah yang tertinggal.

Apa saja peralatan kemah yang harus kita siapkan?


Beberapa peralatan kemah yang harus disiapkan agar berkemah bisa lebih enjoyable


1. Tenda


Tenda adalah peralatan kemah utama dan pertama yang harus dibawa ketika hendak berkemah.

Ukuran tenda yang dibawa harus sesuai dengan jumlah rombongan yang akan ikut berkemah. Jika rombongan yang ikut berkemah banyak, bisa membawa beberapa tenda.

Yang penting, pastikan semua anggota rombongan bisa muat masuk ke dalam tenda ya, Ma.

Untuk alas di dalam tendanya, ada satu peralatan kemah lagi yang jangan sampai lupa dibawa, yaitu matras atau tikar. Ini sangat penting sebagai alas ketika tenda sudah berdiri. Pilihlah matras atau tikar yang nyaman dan mudah dibawa.


2. Sleeping bag atau selimut


Jangan lupa untuk membawa sleeping bag sebagai alas tidur. Yang satu ini juga merupakan peralatan kemah yang wajib ya, Ma. Bawalah sleeping bag yang bagus namun ringan. Sekarang sudah banyak dijual sleeping bags khusus anak-anak dengan motif dan bentuk lucu-lucu lho, Ma. Dengan sleeping bag yang seperti ini, pastinya anak-anak akan semakin semangat pergi berkemah.

Jika tidak menyukai tidur dengan sleeping bag atau nggak punya, Mama tetap bisa menggunakan selimut untuk menghangatkan tubuh ketika tidur di dalam tenda kok.


3. Peralatan untuk diri sendiri


Maksudnya untuk dipakai oleh anak-anak, suami dan juga Mama sendiri, agar lebih nyaman selama di lokasi perkemahan. Di antaranya:

Kaus kaki

Ini peralatan kemah yang penting untuk saya nih, Ma, yang kakinya tidak tahan terhadap udara dingin. Kaus kaki sangat diperlukan saat tidur di dalam tenda. Teman-teman atau yang anaknya punya keluhan yang sama dengan saya, bisa membawa kaus kaki untuk menghangatkan kaki di saat udara dingin.

Jas Hujan dan payung

Jas hujan diperlukan jika sewaktu-waktu turun hujan, sementara harus berada di luar tenda. Apalagi jika cuaca tidak menentu seperti sekarang ini. Pilihlan jas hujan yang praktis dan ringan, misalnya seperti jas hujan plastik.

Payung juga perlu untuk dibawa ya, Ma. Pasti akan ada gunanya.

Jaket

Udara dingin pasti dirasakan saat malam hari ketika berkemah. Dan jaket dibutuhkan saat seperti itu.

Pakaian ganti

Bawalah pakaian ganti secukupnya, supaya perlengkapan yang dibawa tidak terlalu berlebihan dan berat.


4. Peralatan kemah untuk makan dan minum



Bawalah makanan yang bisa dimasak saat berkemah seperti makanan instan. Mi instan, kopi instan, dan abon merupakan beberapa makanan praktis yang bisa dibawa sebagai persediaan makanan dan minuman saat berkemah.

Jangan lupa untuk membawa kompor portable, apalagi jika berkemah jauh dari warung makanan dan minuman. Selain kompor portable, jangan lupa untuk membawa gas yang menyertai kompor portable-nya. Atau kalau Mama memang pengin camping yang benar-benar kembali ke alam, ya harus siap-siap membuat 'kompor alam'. Namun, Mama, hati-hati ya jika menyalakan api di alam. Jangan sampai api malah membuat rusak lingkungan kita. Kadang hal ini sepele saja, namun ternyata berakibat buruk.

Jangan lupa untuk membawa piring, mangkuk, sendok, garpu, dan gelas yang sebaiknya terbuat dari plastik. Seminimal mungkin menggunakan bahan dan barang sekali pakai buang ya. Perhatikan peralatan kemah yang Mama bawa, jangan sampai membuat area kemah menjadi kotor dan rusak. Bawalah tempat sampah sendiri kalau perlu.


5. Peralatan kemah lainnya

Di antaranya:

  • Senter, akan sangat penting saat malam hari kalau kita ingin keluar dari tenda. Jika tidak senter, teman-teman bisa menggunakan headlamp.
  • Kompas, diperlukan jika kita ingin menjelajah.
  • Handphone atau kamera, tentunya saat berkemah banyak pemandangan alam yang indah dan ingin kita dokumentasikan, supaya tetap terkenang. Dan kamera adalah salah satu peralatan kemah pendukung yang cukup penting juga ya, Ma. Jika tidak memiliki kamera, bisa menggunakan handphone, tapi jangan lupa untuk membawa power bank, karena membawa charger pastinya akan percuma.


6. Obat-Obatan



Last but not least, peralatan kemah yang jangan sampai lupa adalah obat-obatan atau P3K.

Bawalah obat-obatan pribadi dan obat-obatan umum, jaga-jaga jika ada yang sakit, mengalami cedera ataupun luka ringan.


BACA JUGA


Agar Liburan Makin Menyenangkan, Perhatikan 5 Hal yang Harus Dijaga di Tempat Wisata Ini Agar Tetap Terjaga dan Tidak Tercemar!

Agar Liburan Makin Menyenangkan, Perhatikan 5 Hal yang Harus Dijaga di Tempat Wisata Ini Agar Tetap Terjaga dan Tidak Tercemar!

Liburan memang menyenangkan! Tapi, kalau tempat wisata yang kita datangi kotor dan rusak, gimana dong? Itu ulah kita juga kan, yang nggak ...

Read more..

Nah, Mama, itu dia beberapa peralatan kemah yang jangan sampai lupa dibawa dan harus disiapkan sekarang jika Mama ingin mengajak keluarga berkemah di weekend besok.

Sepertinya bakalan seru kan ya? Pasti anak-anak akan sangat menikmati petualangan baru yang Mama tawarkan pada mereka. Jangan kaget, kalau kapan-kapan mereka mengajak Mama dan Papa untuk kemah lagi. Karena memang nagihin!

Well, selamat bersenang-senang, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Peralatan Kemah yang Wajib Dibawa Demi Menikmati Petualangan Seru dalam Camping Keluarga Weekend Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Susanti Dewi | @SusantiDewi

Silahkan login untuk memberi komentar