Ini Dia 5 Perlengkapan Anak yang Harus Dicek Karena Bisa Saja Menyimpan Penyakit!

Ini Dia 5 Perlengkapan Anak yang Harus Dicek Karena Bisa Saja Menyimpan Penyakit!

559
Anak sehat berawal dari Mama yang cermat. Harus selalu telaten jaga kebersihan perlengkapan anak ya, Ma.

Si kecil memang lucu, tapi bisa jadi nggak lucu lagi kalau banyak penyakitnya. Ada nggak nih dari Mama yang jarang banget mengecek secara berkala perlengkapan anak yang dipakai secara harian oleh si kecil?

Mulai sekarang harus ya, Ma. Ini hal yang terlihat sepele tapi dampaknya sangat riskan bagi kesehatan. Apalagi untuk anak usia dini yang masih sangat rentan terhadap penyakit akibat kuman dan bakteri.

Apa aja sih perlengkapan anak yang paling rentan dengan penyakit kalau nggak telaten diperhatikan kebersihannya?


BACA JUGA


7 Peralatan Rumah Tangga Ini Harus Mama Hafal Kapan Waktu Gantinya, Agar Kesehatan Keluarga Terjaga!

7 Peralatan Rumah Tangga Ini Harus Mama Hafal Kapan Waktu Gantinya, Agar Kesehatan Keluarga Terjaga!

Peralatan rumah tangga berikut ini dipakai terus, tapi kita sering lalai membersihkannya atau menggantinya

Read more..


Perlengkapan anak yang wajib dicek secara berkala agar kebersihannya selalu terjaga senantiasa.

1. Sikat gigi

Hayo! Kapan terakhir Mama mengganti sikat gigi si kecil?

Wah, kira-kira berbulan-bulan yang lalu ya. Gawat banget nih, Ma. Hal sepele yang tidak disadari Mama namun berdampak sangat luar biasa loh, Ma.

Kalau perlengkapan anak yang satu ini jarang diganti, ya jangan heran kalo si kecil sering terserang virus dan kuman. Kok bisa?

Ya, bisalah, Ma. Ada penumpukan penyakit yang tercemar dari udara kamar mandi ke bulu halus sikat gigi. Mungkin Mama suka lupa ya, kalau sebelum dipakai untuk menyikat gigi sebaiknya dibilas dulu, atau setelah dipakai tidak disimpan rapi dengan menggunakan penutup bagian kepala sikat.

Sebaiknya sikat gigi si kecil diganti setiap dua bulan sekali. Biasakan untuk mengganti secara berkala sikat gigi si kecil agar tidak banyak penyakit yang datang ya, Ma.



2. Dot dan empeng

Apakah Mama sering menunggu empeng dan dotnya si kecil bolong dulu baru diganti? Bahaya lo, Ma.

Coba Mama bayangin kalau serpihan dot yang digigit-gigit si kecil lalu tertelan. Mama pasti bisa panik atau mungkin stres kalau melihat hal itu, padahal selama ini juga Mama nggak sadar bahwa partikel kecil dot yang sudah lapuk bisa saja tertelan sama si kecil.

Nah, sebelum ini terjadi, gantilah perlengkapan anak ini setiap dua bulan sekali.



BACA JUGA


Ini Dia 5 Agenda Membersihkan Rumah Rutin Mingguan Supaya Nggak Terlalu Berat

Ini Dia 5 Agenda Membersihkan Rumah Rutin Mingguan Supaya Nggak Terlalu Berat

4 agenda membersihkan rumah ini harus bisa Mama atur agar bisa dilakukan seminggu sekali. Dan, lakukanlah dengan hati gembira

Read more..


3. Sprei dan selimut

"Spreinya kan baru seminggu dipakai."

"Dedek nggak ngompol kok! Gantinya nanti aja."

Ih, Mama jangan teledor gitu, ah! Jangan karena nggak ada masalah sama si sprei, lalu Mama jadi malas ganti sprei dan selimut.

Padahal sprei dan selimut merupakan salah satu tempat terkotor untuk si kecil. Mulai dari adanya sisa-sisa kulit mati sampai debu yang menempel pada sprei.

Jangan jorok ya, Ma. Mulai sekarang biasakan seminggu sekali diganti. Agar si kecil tidak terserang alergi yang berbahaya.



4. Bantal dan guling

Emangnya bantal dan guling bisa kadaluarsa? Wah, kalau nggak tahu berarti Mama kuper nih.

Bantal dan guling tidak hanya menyerap debu dan kotoran, tetapi juga banyak tungau tidak terlihat berada di dalamnya. Jadi usahakan dalam kurun waktu satu tahun, perlengkapan anak ini harus diganti ya, Ma.



5. Sisir

Sisir adalah salah satu perlengkapan anak yang (seharusnya) paling awet sepanjang usia.

Coba bayangkan, di dalam rumah ada beberapa sisir dan kalau ditanya sudah berapa tahun usia pemakaiannya. Mungkin ada yang bilang itu sisir sudah turun menurun. Duh, Ma.

Itu kotoran kepala berupa daki dan ketombe pasti sudah menempel awet di sana. Apa nggak risih dipakainya, Ma? Kalau sisir sudah berubah warna sebaiknya segera diganti ya, Ma.



BACA JUGA


Membersihkan Rumah Jadi Tugas Paling Malesin? 5 Tips Berikut Bisa Membuat Mama Ringan Mengerjakannya

Membersihkan Rumah Jadi Tugas Paling Malesin? 5 Tips Berikut Bisa Membuat Mama Ringan Mengerjakannya

Namanya rumah dengan anak-anak, pasti kondisinya berantakan. Belum selesai capeknya saat membersihkan rumah, sudah mesti dibereskan lagi

Read more..


Coba sekarang Mama lihat semua perlengkapan anak yang dipakai harian oleh si kecil, apakah ada yang sudah tidak layak pakai? Sebaiknya langsung dibuang dan ganti dengan yang baru ya, Ma.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 5 Perlengkapan Anak yang Harus Dicek Karena Bisa Saja Menyimpan Penyakit!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mel Ara | @melara

Silahkan login untuk memberi komentar