Perlengkapan Kamar Tidur Harus Rutin Dibersihkan, Ma. Inilah 3 Panduan yang Bisa Mama Terapkan!

Perlengkapan Kamar Tidur Harus Rutin Dibersihkan, Ma. Inilah 3 Panduan yang Bisa Mama Terapkan!

2.2K
Perlengkapan kamar tidur sering kali diabaikan kebersihannya termasuk waktu menggantinya.

Kapan terakhir Mama mengganti perlengkapan kamar tidur seperti seprai, selimut?

Seringkali nih, karena sibuk dan kecapean kita lupa mengganti perlengkapan kamar tidur. Ditunda dan terus ditunda akhirnya udah sebulan lebih nggak kunjung diganti.

Walau permukaan tampak bersih, jangan terkecoh Ma! Perlengkapan kamar tidur itu berpotensi terkena kuman, bakteri, debu dan tungau.

Nah, bisa kebayang kan bagaimana jadinya kalau Mama nggak rutin menjaga kebersihan dan mengganti perlengkapan kamar tidur?

BACA JUGA


Ini Dia 5 Trik Membersihkan Rumah yang Penting Banget untuk Mama Ketahui dan Lakukan!

Ini Dia 5 Trik Membersihkan Rumah yang Penting Banget untuk Mama Ketahui dan Lakukan!

Nggak perlu terlalu berkeringat membersihkan rumah, kran tersumbat atau noda membandel di panci, cukup aplikasikan cara ini

Read more..

Inilah 3 panduan dalam membersihkan perlengkapan kamar tidur agar terhindar dari berbagai penyakit.

1. Kapankah waktu yang tepat untuk mengganti seprai, selimut, sarung bantal dan guling?

homestratosphere

Jika Mama belum mengganti selimut, seprai, sarung bantal dan guling sejak bulan lalu, maka segera lakukan sekarang juga!

Idealnya, selimut, seprai, sarung bantal dan guling dicuci setiap seminggu sekali. Lebih baik lagi jika dicuci dengan air panas bersuhu 60 derajat celcius agar berbagai kuman dan kotoran segera musnah!

Sel-sel kulit mati yang rontok, serta keringat yang keluar saat tidur adalah alasan utama mengapa selimut, seprai, sarung bantal dan guling harus sering dicuci.

Mama tidak mau kan kuman, kutu, dan serangga yang bersarang di dalamnya (serangganya sangat keciiiillll loh, Ma) mengeluarkan kotoran pemicu bau dan alergi, dan membuat orang-orang tersayang menjadi terkena penyakit kulit? Hiii…

2. Bantal dan guling harus dijemur dan diganti?

pillowreviewer

"Loh, bantal dan guling juga harus diganti?"
Iya, Ma!

Bantal dan guling biasanya menyerap keringat sehingga kemungkinan besar dihinggapi kuman, bakteri, dan kutu. Sebaiknya bantal dicuci setiap tiga bulan sekali. Namun, hati-hati ya Ma jika memang ingin mencuci bantal sendiri.

Apabila Mama menggunakan bantal berisi serat silikon, maka batnal tersebut relatif aman untuk direndam dengan air atau masuk ke mesin cuci. Namun sebelum mulai mencuci, pastikan bantal atau guling tidak berlubang ya, Ma.

Nah, apabila Mama menggunakan bantal kapuk, maka lain lagi penanganannya. Bantal kapuk sebaiknya tidak direndam dengan air karena kapuk akan mengeras dan tidak akan menjadi empuk lagi. J

ika Mama mau mencuci bantal kapuk, keluarkanlah kapuk terlebih dahulu dari bantal, cuci sarungnya, kemudian masukkan kapuk, dan terakhir jahit kembali.

Terdengar merepotkan ya, Ma?


Tenang saja, ada cara sederhananya, kok, yaitu dengan menjemurnya rutin satu minggu sekali. Terakhir, jangan lupa untuk mengganti bantal kapuk setiap empat atau lima tahun sekali.


BACA JUGA


Manfaatkan 4 Barang Bekas Ini Hingga Bisa Berfungsi Kembali!

Manfaatkan 4 Barang Bekas Ini Hingga Bisa Berfungsi Kembali!

Barang bekas menumpuk? Ayo, lihat lagi, Ma! Siapa tahu bisa kita manfaatkan lagi

Read more..
[/readmore]

3. Sudah berapa tahunkah usia kasur di rumah?

pinterest

Kasur juga harus dicuci loh, Ma.

JiIka kasur Mama sudah berusia 8-10 tahun, maka sebaiknya segera cuci. Dalam waktu tersebut, umumnya kasur telah mengalami kelembapan yang mengundang kutu dan menyimpan banyak kotoran serta debu.

Akan tetapi sebaiknya Mama tidak menunggu waktu hingga 8-10 tahun ya untuk membersihkan kasur. Setiap enam bulan sekali, Mama bisa melakukan pembersihan dengan penyedotan atau penguapan, lalu jemur karus di bawah sinar matahari langsung.

Jika kasur terkena tumpahan makanan, minuman, atau noda lainnya, segera bersihkan kasur dengan kain basah, gosokkan sabun hingga kotoran hilang, lalu jemur di bawah terik matahari. Jangan biarkan kotoran terlalu lama menempel karena akan mengundang banyak kuman.

BACA JUGA


Baju Bekas Menumpuk? 11 Ide Kreatif Ini Bisa Mama Sontek dengan Memanfaatkannya!

Baju Bekas Menumpuk? 11 Ide Kreatif Ini Bisa Mama Sontek dengan Memanfaatkannya!

Baju bekas yang menumpuk di lemari seringnya diapain, Ma? Dibuang? Eits, jangan dong! Mending sontek 9 ide DIY baju bekas ini deh

Read more..

Jadi, Mama masih malas untuk mengganti perlengkapan tidur? Ayo Ma, tinggalkan kemalasan demi kesehatan keluarga!

Nggak sulit bukan mengganti seprai, selimut itu seminggu sekali?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Perlengkapan Kamar Tidur Harus Rutin Dibersihkan, Ma. Inilah 3 Panduan yang Bisa Mama Terapkan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar

SapuBersih Jasa bersih rumah Bandung | @sapubersih

Artikel yang menarik untuk menjaga kamar tidur tetap bersih dan sehat. Untuk yang butuh bantuan cuci kasur, Sapubersih siap membantu Anda yang tinggal di kota Bandung 081299115115 :) http://sapubersih.id