Yuk, Siap-Siap Sekolah Lagi dengan Melakukan 8 Persiapan ala Rocking Mama Ini!

Yuk, Siap-Siap Sekolah Lagi dengan Melakukan 8 Persiapan ala Rocking Mama Ini!

2.1K
Tidak lama lagi liburan anak sekolah akan berakhir. Anak-anak kita akan kembali belajar di sekolah. Yuk, siapkan sejak sekarang!

Barangkali tahun ini ada yang baru mulai sekolah ya. Tapi pastinya, ada yang naik kelas, ada juga yang lulus sekolah. Akan lebih baik bila Mama sudah mulai membuat rencana untuk anak-anak kembali ke sekolah.

Nah, mumpung sekolah masih beberapa hari lagi, ada baiknya kita menyiapkan beberapa hal sejak sekarang. Apa saja ya?


Berikut ini adalah beberapa check list yang bisa Mama pertimbangkan untuk mempersiapkan anak-anak kembali ke sekolah.


Pola Tidur Anak

Biasanya ketika liburan tiba, para orang tua memberikan kebijakan yang cukup longgar, kapan mereka tidur dan kapan mereka bangun.

Untuk mengembalikan jam biologis mereka sesuai jam sekolah, setidaknya 5 hari sebelum masuk sudah mulai dibiasakan kembali ke jam tidur sekolah mereka.

Jika mereka beralasan belum mengantuk, coba kondisikan hal berikut ini:

  1. Matikan televisi dan lampu kamar, atau setidaknya redupkan cahayanya
  2. Jangan berlarian atau makan besar sebelum jam tidur.
  3. Buat suasana menyenangkan sebelum tidur, misalnya bacakan dongeng.



BACA JUGA


4 Persiapan Anak Sekolah Agar Si Kecil Lebih Mudah Beradaptasi dengan Kondisi Sekolah Barunya

4 Persiapan Anak Sekolah Agar Si Kecil Lebih Mudah Beradaptasi dengan Kondisi Sekolah Barunya

Anak sekolah selalu memiliki cerita tersendiri, ya, Ma. Rasa deg-degan, bingung mau beli apa, menu yang mau dibawa, apa yang harus dilakukan ...

Read more..


Rencanakan Logistik Anak

Sekolah zaman sekarang waktu belajarnya cukup panjang. Jadi, akan lebih baik kalau Mama merencanakan makan siang mereka nanti dari sekarang.

Jika Mama jago masak, mulailah rencanakan resep masakan harian agar anak kita tidak bosan. Akan lebih seru jika menunya dibahas bersama dengan mereka, sehingga mereka akan memiliki tanggung jawab untuk menghabiskan makanan mereka sendiri.

Bonus bila sesekali Mama menyiapkan makanan kecil untuk dimakan bersama-sama dengan teman-teman anak kita. Tidak hanya mengajarkan anak untuk tidak jajan sembarangan, namun juga mengajarkan indahnya berbagi kepada anak-anak kita.

Kotak makan dan botol minuman juga disiapkan ya, Ma. Apakah sedotannya masih berfungsi dan juga bersih? Apakah sendok garpunya masih ada? Jika perlu diganti, pas mampir supermarket, jangan lupa beli sekalian. Beri label agar tidak tertukar dengan milik teman.



Jika Mama sibuk dan ada katering di sekolah, pastikan anak kita sudah didaftarkan untuk ikut katering. Jangan lupa bila ada kenaikan harga, pastikan anggaran bulanan juga disesuaikan, ya Ma.


Administrasi Sekolah Anak

Biasanya sebelum libur anak-anak diminta untuk membayar biaya administrasi sekolah, daftar ulang, uang buku, uang baju, dan sebagainya ketika mereka menerima buku rapor. Jangan lupa dibayarkan ya, Ma.

Terkadang karena kesibukan ini dan itu kewajiban ini suka terlupakan. Tanyakan juga kepada anak kita apakah ada iuran khusus untuk field trip atau keperluan lainnya.


Pakaian Anak

Apakah pakaian mereka masih bisa digunakan? Jika ya, apakah ada yang perlu dijahit karena robek? Jika tidak, apakah kita bisa membeli di toko atau harus menjahit? Apakah ada badge yang perlu dipasang?

Pastikan semua baju wajib, batik, pramuka, olahraga, training, dan sebagainya sudah siap dipakai ya, Ma.



BACA JUGA


Ini Dia 5 Hal Yang Tak Pernah Diajarkan di Sekolah, Dari Dulu Hingga Sekarang!

Ini Dia 5 Hal Yang Tak Pernah Diajarkan di Sekolah, Dari Dulu Hingga Sekarang!

Jangan harapkan hal-hal ini diajarkan oleh sekolah. Kita yang harus melakukannya, Ma

Read more..


Kerapian Anak

Apakah anak kita perlu potong rambut? Jika ya, mungkin satu minggu hingga tiga hari sebelum masuk anak bisa diajak untuk potong rambut.

Matahari masa liburan dan aktivitas berenang di sungai, danau, atau bahkan kolam renang bisa membuat kualitas rambut mereka berkurang. Gunakan sampo atau conditioner agar rambut mereka kembali cemerlang.

Selama tidak dilarang sekolah, minta anak memilih gaya rambut yang mereka sukai alih-alih kita paksakan. Biarkan kepribadian mereka tampil apa adanya Ma.

Jangan lupa kuku kaki dan tangan dipotong setidaknya satu atau dua hari sebelum masuk sekolah juga ya!



Perlengkapan Sekolah Anak

Coba Mama periksa beberapa barang berikut ini yang mungkin perlu dibeli:

  1. Buku dan alat tulis (pulpen, pensil, penggaris, jangka, penghapus, buku gambar, krayon, pensil warna, rautan pensil, stabilo, dan sebagainya).
  2. Tas sekolah (jika masih bagus jangan lupa dicuci ya, Ma!)
  3. Sepatu dan kaus kaki (jangan sampai anak kita kesakitan karena butuh nomor baru yang lebih besar!)



Untuk menghemat, coba Mama bandingkan antara satu supermarket dan supermarket lainnya. Bandingkan juga dengan membelinya secara online. Biasanya membeli lewat online lebih murah dan bisa dibayar menggunakan kartu kredit atau transfer. Mama akan menghemat waktu dan biaya.


Transportasi Sekolah Anak

Mulai tahun ini, anak kita akan berangkat sekolah naik apa, Ma? Mama yang antar atau Papa? Ada antar jemput sekolah?

Jika ada jangan lupa tanyakan biaya dan daftarkan anak kita. Atau, ada ojek langganan? Ojek online? Rencanakan dengan matang.



Komunikasi dengan Komunitas Sekolah

Sedapat mungkin usahakan Mama punya nomor-nomor telepon penting ini!

  1. Bagian Tata Usaha sekolah untuk memeriksa ada kewajiban yang belum diselesaikan atau belum.
  2. Wali kelas anak kita di kelas lama, agar tahu apakah ada kewajiban dan persiapan yang perlu dilakukan selama liburan atau ketika hari pertama sekolah. Jika wali kelas di kelas baru belum ditunjuk, setidaknya wali kelas lama bisa memberi prediksi siapa saja yang biasanya menjadi wali kelas di kelas baru.
  3. Orang tua murid yang sekelas dengan anak kita. Bergabung dengan group sosial media seperti BBM, Whatsapp, Telegram, atau lainnya. Jika ada pengumuman penting atau surat edaran dari sekolah, media ini sangat efektif untuk memastikan anak kita selalu siap dan cemerlang di sekolah. Bagikan kepada pihak sekolah nomor telepon kita (HP, telepon rumah, email pribadi, dan sebagainya) pada kondisi genting ketika anak sakit atau mengalami kecelakaan di lingkungan sekolah. Kita berharap yang terbaik, namun harus mengantisipasi resiko terburuk. Sepakat kan, Ma?



Apakah anak kita boleh membawa HP? Jika ya pastikan modelnya diperbolehkan oleh sekolah dan aturan main penggunaannya Mama ketahui dengan betul ya?

Ada yang melarang HP yang memiliki kamera dan koneksi internet. Mama bisa membeli HP tipe candy bar secara online. Harganya bervariasi mulai dari 100 ribuan kok. Cukup murah kan?

Jika tidak ada aturan apa pun, pastikan HP anak kita tidak terlalu mencolok ya, sehingga memancing tindak kejahatan di lingkungan sekolah atau di luar.


Bonus tambahan

  1. Jika Mama takut lupa dengan checklist di atas, gunakan aplikasi di mobile phone seperti Wunderlist seperti yang pernah saya tulis di sini untuk menyimpan hal-hal penting sesuai kebutuhan keluarga. Mama bisa menggunakan pengingat via email atau aplikasi agar Mama nggak lupa.
  2. Jika sempat, foto anak kita sebelum berangkat ke sekolah di hari pertamanya, dan lakukan ini tiap tahunnya. Mama akan merasa surprise dengan cepatnya mereka tumbuh, Ma!


BACA JUGA



Selamat menghabiskan sisa liburan dan mempersiapkan anak-anak kita kembali ke sekolah, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yuk, Siap-Siap Sekolah Lagi dengan Melakukan 8 Persiapan ala Rocking Mama Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wisnu Widiarta | @wishknew

A father of two cool kids who love to share good stuffs about movies, outdoor activities, family, and technology. wisnuwidiarta.com

Silahkan login untuk memberi komentar