Menjelang Bulan Puasa 2017, Yuk, Lakukan 6 Persiapan Ini!

Menjelang Bulan Puasa 2017, Yuk, Lakukan 6 Persiapan Ini!

1.8K
Bulan puasa penuh berkah tinggal menghitung hari. Sudah siapkah Mama, dan keluarga? Ayo, mulai siapkan hati menjalani puasa dengan beberapa persiapan ini.

Hai, Mama! Tinggal menghitung hari ya, bulan puasa sudah datang.

Apa yang Mama rasakan sekarang? Apakah ada rasa deg-degan? Kalau iya, ih, rasanya pasti bak menyambut seseorang spesial yang telah lama tak bersua ya, Ma. Bahagianya ....

Terus, apakah Mama, dan juga Papa pastinya, punya harapan baru untuk bulan puasa 2017 ini? Sudah mulai merencanakan mau ngapain aja? Pastinya kita harus melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kualitas ibadah kita pada Tuhan ya, Ma! Bulan puasa memang seharusnya menjadi ajang perubahan diri, introspeksi diri, supaya semakin dekat pada Illahi.

Lalu, sudahkah kita menempatkan bulan puasa ini di hati kita masing-masing, Ma?


BACA JUGA


Resep Nasi Kebuli Kambing Gurih untuk Sajian Idul Adha yang Istimewa!

Resep Nasi Kebuli Kambing Gurih untuk Sajian Idul Adha yang Istimewa!

Heaven sends us good meat, but the devil sends cook. ~ David Garrick

Read more..


Pastilah banyak sekali hal yang ingin kita lakukan di bulan puasa kali ini ya, Ma. Rasanya sia-sia sekali ya, kalau bulan puasa berlalu begitu saja tanpa kita beri arti, dan kemudian kita melepasnya juga dengan biasa saja. Kita nggak pernah tahu kan, apakah kita akan bisa puasa lagi tahun depan? Adakah rasa takut tak sampai umur lagi ataupun amalan menjadi tak sesempurna tahun yang lalu, Ma?

Yuk, Ma, mumpung masih ada waktu, kita lakukan persiapan untuk menyambut dan menempatkan semangat bulan puasa di hati! Karena persiapan dan perencanaan yang matang akan membuat jiwa lebih kuat, sehat dan mampu menyelesaikan puasa dengan sebaik-baiknya.


Apa saja persiapan yang bisa kita lakukan selama beberapa hari menjelang bulan puasa ini?


1. Persiapan Fisik - Olahraga


Ayo, kita awali dengan menyicil olahraga pelan-pelan. Nggak perlu terlalu lama atau berat. Mama bisa naik turun tangga di rumah barangkali? Atau jogging? Berenang juga oke tampaknya, dan lain sebagainya. Banyak sekali pilihan olahraga yang bisa kita lakukan. Nggak perlu harus ke gym kan?

Dengan berolahraga, maka fisik kita akan terlatih untuk tetap bergerak saat puasa tiba. Tubuh lebih segar untuk melaksanakan ibadah selama bulan puasa 2017 ini. Selamat tinggal loyo, lesu, lemah, lunglai, tidak bertenaga.

Yuk, sambut puasa dengan fisik yang kuat! Karena mukmin yang sehat, kuat, lebih Allah cintai daripada mukmin yang lemah.


2. Membersihkan Rumah


Seperti yang saya bilang di atas, kedatangan bulan puasa itu selalu kita rindukan, bak tamu jauh yang telah lama tak kita jumpai.

Menyambutnya dengan rumah yang bersih, selain dapat memberikan suasana yang nyaman, juga dapat menyehatkan anggota keluarga lain, Ma. Puasa akan lebih asyik dijalani dengan suasana rumah yang bersih, sehat apalagi jika kita membuat sedikit hiasan, misalnya dengan tulisan “Ahlan wa Sahlan ya, Ramadhan.”

Bukan hanya kita yang bergembira, tapi anak-anak yang sudah mulai diajarkan berpuasa pun jadi mengerti bahwa bulan Ramadhan adalah bulan kegembiraan.


BACA JUGA


Ruangan di Dalam Rumah Terasa Sempit, Ma? 5 Trik Ini Akan Membuatnya Berkesan Lebih Luas!

Ruangan di Dalam Rumah Terasa Sempit, Ma? 5 Trik Ini Akan Membuatnya Berkesan Lebih Luas!

Some people look for a beautiful place. Others make place beautiful. ~ Hazrat Inayat Khan

Read more..


3. Menulis Target Puasa


Masih sempat nih, Ma, kalau mau mengatur target bulan puasa 2017 ini apa saja. Mulai dari sholat sunnah, tadarus al-qur’an, menambah hafalan qur’an, tarawih full, bersedekah, hingga target-target lainnya.

Nah, tulislah semua target bulan puasa 2017 Mama dan juga keluarga, dan letakkanlah di tempat yang mudah dilihat, Ma.

Selain sekadar mengingatkan, target tersebut tentu akan lebih memotivasi Mama supaya semakin semangat menjalani puasa. Iya nggak sih? Tulislah dengan lengkap apa saja yang akan kita lakukan sebulan penuh, kalau perlu setiap hari, Ma. Mulai dari bangun pagi hingga tidur lagi. Pasti lebih asyik ya?


4. Persiapan Harta


Mama, akan ada setiap harinya nanti pengeluaran, baik untuk sandang, pangan dan papan, yang akan berbeda dari bulan-bulan sebelumnya.

Untuk itu, agar kita fokus menjalani ibadah, alangkah bijaknya mulai dari jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Sekarang juga masih sempat nih, Ma! Kita menyisihkan sedikit dari rezeki yang kita dapat setiap hari.

Kita siapkan perbekalan harta yang cukup untuk menopang hari-hari di bulan puasa ke depan. Jadi, dengan begini, ibadah tidak akan terhambat hanya karena permasalahan harta. Betul, Ma?


BACA JUGA


5 Kebiasaan yang Bisa Membantu Kita Berhemat

5 Kebiasaan yang Bisa Membantu Kita Berhemat

Seiring naiknya harga kebutuhan rumah tangga belakangan ini, kita sebagai perencana keuangan keluarga, rasanya harus lebih pintar menyiasati ...

Read more..


5. Persiapan Ilmu


Al ‘Ilmu Qoblal Qouli wa Amali. Ilmu lebih dahulu daripada berkata dan beramal.

Menyikapi datangnya bulan puasa yang pada hari-harinya bertebaran pahala dari Allah, sudah sepatutnyalah kita juga menuntut ilmu agama. Dengan kita mengetahui ilmu atas ibadah yang kita lakukan, ibadah kita tidak akan sia-sia. Masa sampai hari ini kita masih “kata orang” atas amalan? Bukan atas apa yang kita pelajari, Ma?

Nah, selagi masih ada waktu, yuk, Ma, kita cari dan pelajari ilmu mengenai ibadah sunnah yang akan kita lakukan nanti. Jadi nggak hanya semata-mata ikut-ikutan, tapi kita punya dalil dan landasan ilmu yang kuat.

Mengapa takut mencari ilmu? Bukankah Allah berjanji, meninggikan derajat orang-orang yang berilmu dan mengamalkannya?


6. Persiapan Semangat


Sudah selesai utang puasa tahun lalu, Ma? Sudah puasa Senin - Kamis belum kemarin ini, Ma?

Kalau belum, yuk, kita mulai Kamis besok. Agar badan tidak kaget saat hari pertama puasa nanti. Lambung, usus dan darah akan mulai terbiasa dengan puasa yang kita jalani. Ajak keluarga untuk berpuasa bersama ya, Ma! Dengan begitu, kita akan tetap menjaga semangat sebaik mungkin.


BACA JUGA


Mau Membuat Setiap Hari Menjadi Indah? Biasakan untuk Melakukan 10 Langkah Ini Setiap Pagi!

Mau Membuat Setiap Hari Menjadi Indah? Biasakan untuk Melakukan 10 Langkah Ini Setiap Pagi!

The sun is up and the sky is blue. Today is beautiful and so are you! ~ anonymous

Read more..


Kurang lebih 11 hari lagi, Ma, bulan puasa akan benar-benar tiba. Masih sempat banget kalau Mama pengin melakukan keenam persiapan di atas. Nggak pernah ada kata terlambat.

Dulu, saya mulai berlatih puasa sejak usia saya baru 5 tahun. Mulai dari setengah hari hingga bisa full 30 hari. Mama saya yang mulai mengenalkan puasa pelan-pelan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan bercerita tentang manfaat puasa.

Jadi, apa sajakah manfaat puasa?

  • Puasa itu menyehatkan, Ma. Saat masih kuliah, saya pernah mempelajari sistem anabolisme dan katabolisme tubuh. Saat kita tidak makan seharian pun, masih ada cadangan lemak dan protein yang dapat dijadikan makanan bagi darah dan sel-sel dalam tubuh kita.
  • Puasa itu mengajarkan kita untuk lebih peka. Lihatlah! Betapa banyak rakyat kelaparan di sini. Bahkan hingga berhari-hari mereka tidak makan dan minum. Tidak bisakah kita bersabar 14 jam menunggu waktu berbuka?
  • Puasa mengajarkan kita bersabar, memaafkan, menahan hawa nafsu. Menunggu dari selepas sahur hingga detik-detik berbuka membuat kita menjalani hari dengan sabar dan penuh keikhlasan. Jangan sampai puasa kita sia-sia belaka hanya karena hawa nafsu yang tidak bisa kita lawan. Saat Lebaran tiba, akan ada yang terasa kurang, padahal kita sudah berkumpul satu keluarga ramai-ramai. Jadi, puasa ini banyak sekali manfaatnya, terlebih ia mampu melatih kita untuk mengelola emosi dengan bijak.

Masih banyak sekali rasanya manfaat puasa.

Ah, indahnya Ramadan, terutama jika keluarga bisa turut serta bersama kita meraih pahala di bulan puasa ini. Betul kan, Ma?

Yuk, persiapkan diri menjadi insan yang Allah cinta. Agar selesai bulan puasa mendatang, kita tetap istiqomah dan menjadi pribadi yang jauuuh lebih baik.

Yuk, jadikan setiap bulan puasa itu bermakna, baik dengan keluarga, sahabat, teman, anak, cucu, tetangga bahkan kerabat.

Selamat menyambut bulan suci Ramadan, Rocking Mama! Semoga Allah jadikan kita hamba yang senantiasa bersyukur, sabar dan tawakkal.

Salam semangat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menjelang Bulan Puasa 2017, Yuk, Lakukan 6 Persiapan Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Sri Luhur Syastari | @cutdekayi

Silahkan login untuk memberi komentar