Mau Traveling Bareng Balita dan Bingung Persiapannya? Berikut Ini Beberapa Tips Praktis yang Bisa Mama Coba!

Mau Traveling Bareng Balita dan Bingung Persiapannya? Berikut Ini Beberapa Tips Praktis yang Bisa Mama Coba!

9.2K
Melakukan traveling bersama balita itu memiliki tantangan tersendiri, perjalanan menjadi semakin berwarna namun di sisi lain membutuhkan persiapan matang agar traveling tetap menyenangkan.

Kebiasaan mudik akhirnya menuntut kami untuk belajar bagaimana mempersiapkan traveling yang nyaman meski membawa balita.

Kebetulan, anak kami sudah biasa diajak mudik sejak dia berusia tiga bulan dengan motor atau bus. Mulai dari masa menyusui yang nggak butuh banyak barang, masa MPASI yang mengharuskan kami membawa bahan makanan dan peralatannya yang banyak, hingga sekarang usianya sudah 3 tahun.

Nah, biasanya sudah tiba di kampung halaman, kami juga nggak berdiam diri saja di rumah. Mamanya selalu memiliki ide untuk mengunjungi objek-objek wisata menarik yang ada di sana.

Memang sih, bila dibandingkan dengan family traveler yang lebih senior, jam terbang traveling kami sekeluarga masih sangat rendah. Namun tak ada salahnya saya berbagi persiapan traveling bersama balita yang selama ini kami lakukan. Untuk berbagi ilmu tidak harus menunggu menjadi expert kan?


BACA JUGA


5 Alasan Mengapa Anak-anak Harus Diajak Traveling Sejak Sekarang, dan Bukannya Menunda Sampai Mereka Besar!

5 Alasan Mengapa Anak-anak Harus Diajak Traveling Sejak Sekarang, dan Bukannya Menunda Sampai Mereka Besar!

Mumpung ada rezeki, ada waktu, ada kesempatan, yuk, ajak anak-anak traveling yang jauh! Karena mereka akan merasakan 5 manfaat ini

Read more..


Persiapan Traveling Bersama Balita

Barang-barang yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan traveling bersama balita sebenarnya sama kok dengan orang dewasa, hanya saja ada tambahan, baik itu jenis maupun jumlahnya.


Pakaian


Untuk pakaian balita yang akan dibawa tentunya disesuaikan dengan tempat ataupun medan yang akan kita kunjungi.

Kalau menurut saya, usahakan membawa celana panjang berbahan yang kuat namun tetap nyaman agar mampu melindungi kaki si kecil dari hawa dingin maupun risiko cedera ketika jatuh.

Apalagi kalau anaknya termasuk anak yang aktif, seperti anak saya. Kalau sudah berada di tempat yang seru, maka dia akan berlarian ke sana kemari, ingin mengeksplorasi semuanya.

Nah, dengan memakai celana panjang berbahan kuat, misalnya seperti jeans, saya tidak khawatir lagi, karena bahan jeans akan mampu melindungi kulitnya dari luka.

Untuk baju, saya lebih memilih kaus berbahan katun yang mampu menyerap keringat dan nyaman di kulit. Anak kecil kan biasanya lebih banyak berkeringat daripada orang dewasa. Kecuali kalau kita mau ke kondangan yang jauh sekalian traveling, maka bawa juga baju yang agak resmi atau bisa juga memakai batik.

Jika di tempat wisata yang kita kunjungi ada agenda untuk berenang atau sekadar main air, misalnya di waterboom atau pantai, maka jangan lupa membawa baju renang atau baju ganti buat berenang.


Peralatan Balita


Peralatan balita yang harus dibawa selama traveling terdiri dari peralatan mandi dan setelah mandi. Tidak perlu dibawa komplet juga sih, Ma, bawa yang penting-penting saja. Berikut daftarnya:

  • Peralatan mandi cukup bawa sabun 2 ini 1 yang bisa dipakai untuk mandi dan sekaligus keramas. Kalau kita harus menginap dan si balita sudah terbiasa menggosok gigi, jangan lupa bawakan juga sikat gigi dan pasta giginya.
  • Peralatan setelah mandi seperti minyak telon dan bedak. Sisiran pakai sisir orang tua saja.
  • Diaper jangan sampai ketinggalan, terutama jika si balita masih belum lulus toiet training. Jumlah diaper yang dibawa tergantung lamanya kita traveling. Kalau sekiranya di tempat tujuan kita jauh dari toko, ada baiknya bawa persediaan lebih.
  • Tisu basah berguna banget, terutama saat darurat di jalan.
  • Printilan balita, seperti selendang, topi, jaket atau tas kecil.
  • Untuk alas kaki tergantung kenyamanan si kecil, tapi kalau perjalanannya jauh usahakan memakai sepatu yang perlindungannya lebih maksimal daripada sandal.


BACA JUGA


Mimpi Traveling Bersama Keluarga ke Luar Negeri? Aminkan, dan Rencanakan Mulai Sekarang!

Mimpi Traveling Bersama Keluarga ke Luar Negeri? Aminkan, dan Rencanakan Mulai Sekarang!

Saya akan pergi traveling bersama keluarga ke luar negeri, ke berbagai tempat indah dan menakjubkan di seluruh penjuru dunia. Aminkan

Read more..


Obat-obatan


Photo via evaq8

Yang namanya sakit atau cidera bisa datang kapan dan di mana saja. Apalagi saat traveling yang membutuhkan stamina yang kuat atau ada rintangan di tengah jalan.

Kami selalu membawa obat penurun panas, obat diare dan obat anti memar.

Nah, buat balita Mama, tentunya Mama sendiri yang tahu obat apa yang harus dibawa. Kan setiap anak punya riwayat kesehatan yang berbeda-beda ya. Misalnya jika buah hati Mama memiliki riwayat asma, maka ya jangan lupa bawa obat asma atau alat nebulizer agar saat asmanya kambuh bisa segera tertolong. Kalau si kecil kondisinya sehat-sehat saja, obat penurun panas sudah cukup.


Makanan dan Minuman


Makanan dan minuman ini wajib ada, Ma. Sesuaikan dengan kesukaan si kecil ya. Tapi, yang pasti, air putih harus selalu ada.

Kalau masih masa MPASI, memang bawaan bakalan banyak. Harus bawa bahan-bahan, pun peralatan. Namun kalau anak-anak sudah agak lebih besar sih, biasanya lebih praktis.

Nggak perlu merasa terbebani saat harus membawa banyak barang, Ma. Pikirkan saja kenyamanan si kecil. Dia nyaman, perjalanan pun aman.


Mainan


Dunia anak adalah bermain. Biasanya juga mereka akan cepat sekali merasa bosan. Nah, agar acara traveling tetap menyenangkan, jangan lupa bawa satu atau dua mainan kesukaannya.

Mainan yang dibawa juga bisa disesuaikan dengan objek yang akan kita kunjungi. Kalau ada agenda liburan ke pantai, bisa membawa ban pelampung, atau permainan bermain pasir. Wah, pasti buah hati kita akan semakin menikmati acara travelingnya deh.


BACA JUGA


Mau Ajak Bayi Mama Traveling dan Berpetualang Tanpa Suami? Simak 9 Tips Asyik ala Nila Tanzil Ini!

Mau Ajak Bayi Mama Traveling dan Berpetualang Tanpa Suami? Simak 9 Tips Asyik ala Nila Tanzil Ini!

Saya masih berstatus tante yang doyan traveling. Makanya saya penasaran, jika saya menikah dan punya anak nanti, bisakah saya meneruskan ...

Read more..


Itu dia tips kami mengenai persiapan traveling bersama balita.

Yang tidak kalah penting dari persiapan barang-barang yang akan dibawa adalah persiapan mental balita. Katakan kepada si buah hati, bahwa kita akan melakukan sesuatu yang menyenangkan agar dia bisa rileks dan menikmati perjalanan.

Kalau ada drama-drama sedikit ya, nggak apa-apalah ya, Ma. Namanya juga traveling bareng balita.

Semoga bermanfaat dan selamat menikmati liburan Mama bersama buah hati tercinta!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Traveling Bareng Balita dan Bingung Persiapannya? Berikut Ini Beberapa Tips Praktis yang Bisa Mama Coba!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ihwan Hariyanto | @ihwanhariyanto

Hai, nama saya Ihwan Hariyanto. Saya penyuka warna biru yang suka menulis. Menulis apa saja yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain. Monggo mampir ke blog saya: www.keluargabiru.com

Silahkan login untuk memberi komentar