Perut Kembung Selama Hamil? Coba Atasi dengan 7 Tips Ampuh Ini, Yuk, Ma!

Perut Kembung Selama Hamil? Coba Atasi dengan 7 Tips Ampuh Ini, Yuk, Ma!

1.3K
"I’ve always wanted to be a mom... I had a great relationship with mine. I’m ready to pass on to my child all the great love that my mom had for me." -- Jennifer Love Hewitt

Ya Mama, sama seperti aktris Hollywood Jennifer Love Hewitt, kita semua tentu ingin menjadi seorang ibu yang asyik dan penuh kasih buat anak-anak kita. Tapi sebelum saat itu tiba, mayoritas perempuan harus berjuang melawan ketidaknyamanan yang kerap terjadi selama hamil. Salah satu ketidaknyamanan itu adalah perut kembung.

Mama sedang mengandung dan merasakan perut seperti penuh gas sepanjang waktu? Atau Mama baru saja melahirkan dan mengalami keluhan ini ketika dulu mengandung? Hmm ... gimana, Ma? Berjuta rasanya, ya? Selain tidak nyaman, malu juga, dong, pastinya karena dikit-dikit buang gas, sebentar-sebentar beserdawa. Ugh!

Mengapa perut bisa kembung saat hamil? Jawabannya tidak lain karena adanya hormon progesteron. Sebenarnya, progesteron penting untuk menjaga kehamilan tetap sehat, lho, Ma, tapi hormon ini juga menjadi pemicu terjadinya perut kembung, serdawa, atau buang gas. Kok? Iya, progesteron menyebabkan jaringan otot dalam tubuh (termasuk saluran pencernaan) rileks. Akibatnya, pencernaan pun melambat dan hal inilah yang menyebabkan perut kembung.

Karena bawaan hormon, kita tidak bisa menghilangkan serta-merta si kembung membandel ini. Dia akan hilang dengan sendirinya, kok, jadi tenang saja!

Meski begitu, Mama bisa sedikit meredakan rasa tidak nyaman akibat perut kembung dengan tujuh cara ampuh berikut ini.



1. Makan dalam porsi kecil namun sering

1. Makan Dalam Porsi Kecil Namun Sering -

Mama mungkin sudah hafal betul nasihat ini.

Ya, nasihat yang berlaku untuk hampir semua ketidaknyamanan saat hamil. Untuk mengatasi morning sickness, misalnya, Mama pasti sering disarankan dokter makan dalam porsi kecil namun sering, bukan? Tujuannya, tentu saja agar mual berkurang. 

Nah, begitu pun untuk masalah kembung. Makan sedikit tapi sering juga dapat meredakan perut terasa penuh dan kembung. Sebab, semakin banyak makanan yang dipompa dalam satu waktu, semakin banyak gas yang dipompa keluar. So, daripada makan 3 kali sehari dalam porsi besar, sebaiknya Mama makan 6 kali namun dalam takaran kecil-kecil. Jika malas bolak-balik makan, Mama bisa coba makan porsi sedang 3 kali plus ngemil 2 - 3 kali. 

Makan teratur seperti ini tidak hanya membuat stabil asupan nutrisi Mama, namun juga bagus untuk kesehatan bayi Mama di kandungan. Pola seperti ini juga dapat mencegah sistem pencernaan overloaded dan hasil akhirnya, gas-gas yang dikeluarkan tubuh pun berkurang.

 


2. Minum banyak air putih

2. Minum Banyak Air Putih  -

Nasihat ini juga terdengar klise, ya, Ma, tapi percayalah bahwa air putih sangat baik untuk kesehatan, terlebih untuk ibu hamil.

Nah, salah satu khasiat minum banyak air putih adalah memperlancar sistem pencernaan sehingga kita terhindar dari sembelit. Seperti diketahui, sembelit merupakan salah satu hal yang dapat memperburuk perut kembung. Okesip! Yuk, konsumsi air putih sebanyak-banyaknya, Ma!



3. Kurangi makanan penghasil gas berlebih

3. Kurangi Makanan Penghasil Gas Berlebih -

Mengonsumsi sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan, terlebih untuk ibu hamil. Apalagi, sayur-mayur dan buah mengandung serat tinggi yang dapat memperlancar BAB. Tapi ingat, perut Mama mudah penuh dan kembung. Jadi jalan tengahnya, tetaplah mengonsumsi serat namun perhatikan mana yang menghasilkan gas berlebih. 

Sayur-sayuran seperti brokoli, kubis, asparagus, maupun buah seperti pir, persik, dan apel memang segar dan menggugah selera makan. Tapi sebaiknya Mama batasi dulu konsumsinya, ya, jika masih ada keluhan perut kembung saat hamil. Nggak hanya itu, roti gandum, pasta, sereal, dan kacang sebaiknya disimpan sebagian dulu, Ma.

Dan, oh, hampir ketinggalan, goreng-gorengan, makanan manis, saus-saus creamy, susu, serta bawang merah, juga masuk dalam daftar makanan pencetus gas berlebih. Mama masih boleh, kok, mengonsumsinya, karena bumil perlu asupan protein dan nutrisi yang terdapat dalam sayur-buah-makanan yang disebutkan tadi. Cuma, jangan kebablasan. Cicip-cicip dikit sih, sah-sah saja kok.



4. Gerak yuk, Ma!

4. Gerak Yuk, Ma! -

Sesudah makan, jangan langsung berbaring ya, Ma. Bergeraklah! Ini adalah salah satu cara mudah untuk deal with gas di tubuh kita. 

Duduk, apalagi rebahan, bukannya membuat lega, justru membuat gas betah ngendon dalam tubuh kita. Akibatnya, perut makin terasa penuh dan bahkan memicu mual. Tapi geraknya jangan berat-berat dan capek-capek, ya. Cukup gerak ringan-ringan saja, Ma, sepeti jalan-jalan mengitari rumah, cuci piring, atau bermain dengan hewan peliharaan. 



5. Posisikan kaki lebih tinggi dari posisi badan

 5. Posisikan Kaki Lebih Tinggi Dari Posisi Badan -

Saat duduk atau rebahan, sebaiknya Mama memposisikan kaki Mama lebih tinggi dari badan Mama. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi ketidaknyamanan akibat banyaknya gas dalam tubuh saat hamil. Posisi seperti ini dapat mengurangi tekanan bayi dalam perut sekaligus memudahkan tubuh mencerna makanan.




6. Hindari pakaian ketat dan jins

6. Hindari Pakaian Ketat Dan Jins -

Ini juga nggak kalah penting, Ma. Perut penuh gas makin terasa nggak nyaman kalau kita mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Iya, kan, Ma?

So, tinggalkan dulu, deh, pakaian yang menyiksa bagian perut Mama, daripada Mama makin sesak dan mual. Sementara hindari juga memakai celana jins --jins khusus bumil sekalipun-- karena bahan jins meski muat untuk perut yang terus membesar, masih memungkinkan menekan perut Mama, menyulitkan pencernaan dan mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Takut nggak modis? Jangan khawatir, Ma, sekarang kan banyak baju-baju hamil yang nyaman dan trendi. Biar longgar tapi tetap elok dipandang. 



7. Rileks, tarik napas panjang

7. Rileks, Tarik Napas Panjang -

Saat perut sedang kembung-kembungnya, jangan panik. Santai, tarik napas panjang, pelan-pelan, inhale, exhale. Lakukan berulang-ulang.

Setelah itu, alihkan rasa tidak nyaman ini dengan sesuatu yang membuat Mama senang, seperti membaca buku, menonton televisi, blogging, membaca buku, ngobrol dengan suami, atau apa saja yang akan membuat Mama melupakan perut kembung Mama.

Gimana, Ma, siap mencoba kan?

Stay healthy, Mama!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Perut Kembung Selama Hamil? Coba Atasi dengan 7 Tips Ampuh Ini, Yuk, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Zaki DNZ | @dinizakidnz

Seorang ibu rumah tangga yang jatuh cinta luar biasa dengan dunia tulis-menulis.

Silahkan login untuk memberi komentar