Profil Rocking Mama: Meira Anastasia dan Tutorial Homeworkout-nya yang Mengajarkan Mengenai Penghargaan terhadap Sebuah Proses

Profil Rocking Mama: Meira Anastasia dan Tutorial Homeworkout-nya yang Mengajarkan Mengenai Penghargaan terhadap Sebuah Proses

4.2K
Meira Anastasia: Mari sama-sama belajar menghargai sebuah "proses". Melakukan olahraga, apa pun itu, mau homeworkout, lari, yoga, berenang, gym, apa pun, intinya adalah membiarkan diri kita untuk mencintai sebuah "proses" dan tidak melulu mementingkan "hasil".

Hai, Mama! Apa sih yang biasanya menjadi problem dan masalah klasik dari kita? Hmmm, di luar urusan suami dan anak-anak, biasanya sih yang sering bikin kita kepikiran adalah soal badan. Pasti semua perempuan, termasuk mama-mama, penginnya sih punya badan sehat, langsing, kuat, nggak sakit-sakitan, dan seterusnya. Betul, Ma?

Berbagai usaha pun kita lakukan untuk mencapai keinginan tubuh yang sehat itu. Diet, olahraga, jaga asupan gizi dan lain sebagainya. Olahraga pun sudah kita coba berbagai gaya, ada yang sudah menemukan yang pas, tapi pasti juga masih banyak yang belum. Mau olahraga, kok waktunya nggak ada, atau bingung apa mesti ke gym ya biar hasilnya lebih efektif?


BACA JUGA


Kurang Olahraga, Tubuh pun Mengirimkan 8 Sinyal Ini. Namun Sayangnya Sering Mama Abaikan!

Kurang Olahraga, Tubuh pun Mengirimkan 8 Sinyal Ini. Namun Sayangnya Sering Mama Abaikan!

Kurang olahraga bisa membuat kita lemah, lesu, lemot, sampai mengalami mood swing. Yes, olahraga nggak cuma berkaitan dengan pengurangan ...

Read more..


Well, Mama, kali ini Rocking Mama punya kesempatan istimewa untuk mewawancarai Meira Anastasia lho. Kalau Mama belum mengenal Meira Anastasia, Mama bisa stalking akun Instagramnya di @meiranastasia deh ya.

Mengapa mama satu ini begitu istimewa sehingga harus banget kita tampilkan profilnya di Rocking Mama? Banyak alasan yang bisa membuat Mama Meira bisa disebut seorang Rocking Mama, yaitu:

  1. Pasangan Meira Anastasia dan Ernest Prakasa barusan ngehits banget karena film karya sang suami Cek Toko Sebelah meraih predikat sebagai Film Terbaik di Indonesian Box Office Movie Awards 2017 yang baru lalu. Meira ikut andil dalam penyusunan screenplay film ini.
  2. Sudah punya 2 anak, sepasang cowok dan cewek, tapi kondisi tubuh Meira begitu fit. Bikin iri banget deh!
  3. Meira secara konsisten berbagi inspirasi berolahraga sendiri di rumah dengan video-video #MeiraHomeWorkoutTutorial dan #SehatDenganHomeWorkout-nya di akun Instagram.
  4. Meira juga secara konsisten membagi inspirasi how to love yourself, no matter bagaimana bentuk tubuh kita.

Ahhh, see? Banyak alasan kita harus ngepoin lebih dalam mengenai Rocking Mama satu ini kan, Ma?


Langsung saja simak hasil wawancara saya (RM) dengan Meira Anastasia (MA) yuuuk!



RM. Hai, Mbaaak. Lagi sibuk apa sekarang, Mbak Meira?

MA. Sibuk ngurus suami dan 2 anak, sambil menyempatkan diri untuk olahraga, di rumah atau di gym.


RM. Nah, ini nih yang pengin kita kepoin nih. Apa sih yang awalnya bikin Mbak Meira tertarik untuk ngelakuin home workout ini, Mbak? Kan di gym lebih lengkap alatnya.

MA. Awalnya homeworkout karena anak yang kedua (Snow) masih susah ditinggal, jadi berpikir keras gimana caranya bisa olahraga tapi nggak ninggalin anak. Ada beberapa teman yang merekomendasikan aplikasi workout yang bisa dilihat di smartphone. Akhirnya mengumpulkan niat untuk mencoba, dan suka!


RM. Sudah berapa lama sih Mbak Meira melakukan homeworkout ini? Boleh tahu nggak, berat badan Mbak Meira sebelum dan sesudah rutin homeworkout?

MA. Mulai homeworkout dari bulan Februari 2016.

Berat badan waktu mulai 55 kg, sekarang malah naik jadi 57 kg. Hihihi. Awal memang aku pengin turun berat badan, fokus di timbangan. Tapi ke sini-sini lebih seneng liat perubahan di bentuk tubuh dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Contohnya, aku jadi lebih kuat gendong-gendong dan main-main sama anak-anak.


BACA JUGA


11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2017 (Selain Resolusi Menurunkan Berat Badan yang Terlalu Mainstream)

11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2017 (Selain Resolusi Menurunkan Berat Badan yang Terlalu Mainstream)

Resolusi tahun baru pengin menurunkan berat badan? Ah, mainstream sekali! Dan, apa hasilnya? Biasanya hanya tinggal jadi resolusi, tanpa ...

Read more..


RM. Apa yang menjadi motivasi dan semangat terbesar Mbak Meira untuk terus berolahraga? Ada sempat bosan atau mood turun untuk olahraga gitu nggak sih, Mbak? Terus gimana caranya biar semangat lagi?

MA. Sempet males waktu sudah 6 bulanan homeworkout, karena merasa nggak ada tantangan lagi.

Semua gerakan-gerakan yang menggunakan bodyweight sudah pernah dilakukan. Jadi, akhirnya memutuskan untuk join gym. Agar punya tantangan baru.

Kebetulan Snow juga sudah lebih bisa ditinggal. Jadi sekarang mixed deh, antara homeworkout dan gym.


RM. Kemarin sempat lihat Mbak Meira cidera yah. Apa cidera paling parah yang pernah dialami oleh Mbak Meira karena homeworkout ini?

MA. Cidera paling parah sih nggak ada. Paling pernah keseleo pergelangan tangan (waktu latihan muaythai), dan itu berdampak ke gerakan-gerakan yang dilakukan.

Jadi, harus lebih berjaga-jaga kalau sudah masuk gerakan yang membutuhkan topangan tangan.


RM. Sejauh pengalaman Mbak Meira, apa kendala terbesar saat melakukan homeworkout ini?

MA. Kendala terbesar, digangguin anak-anak! Hahahaha.

Karena walaupun sudah tutup pintu kamar dan pasang earphone, tapi kadang-kadang mereka masih bisa tiba-tiba buka pintu dan pengin ikut-ikutanan mamanya olahraga. Buyar sih biasanya kalo udah gitu. Hahaha.

Kendala lain adalah, harga alat-alat yang lumayan mahal! Hahaha. Aku sih sudah mulai ngumpulin beberapa alat seperti TRX (googling aja ya, kalau nggak tahu ini alat apaan), dan medicine ball 6 kg. Karena udah mulai bosan latihan bodyweight aja, jadi pengin punya alat-alat supaya membuat kita lebih tertantang lagi.



RM. Keren banget! Hmmm, terus soal makan nih, Mbak. Pola makan Mbak Meira sendiri kalau boleh tahu, gimana ngaturnya yah? Ada diet khususnya nggak?

MA. Sampai wawancara ini dilakukan, belum ada diet khusus sih. Hehehe.

Masih dalam kadar mengurangi karbo (nasi putih) dan gula, dan camilan-camilan yang kurang perlu. Intinya membiasakan tubuh untuk hanya memakan makanan yang diperlukan tubuh.

Walaupun masih sering failed! Hahaha.


BACA JUGA


Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!

Begini Lho Prinsip Menu Makanan Sehat Food Combining - Coba, Yuk, Supaya Keluarga Mama Lebih Sehat!

Menu makanan sehat ala food combining sebenarnya gimana sih? Buah kan ada banyak jenisnya, jangan-jangan yang kita makan ini nggak termasuk ...

Read more..


RM. Terus, kepo soal bikin videonya juga ah. Pakai apa ya, Mbak, aplikasinya kalau boleh tahu? Keren banget lho, video #MeiraHomeWorkoutTutorial-nya. Meski simpel, tapi gampang banget diikutin.

MA. Rekamnya pakai iPhone aja kok. Pakai kamera depan, jadi waktu merekam bisa sambil lihat posisi tubuh sudah benar atau belum.

Ngeditnya pakai aplikasi iMovie. Itu gratisan juga. Hihihi. Masih amatiran tapi.


RM. Mbak Meira kan sudah punya putra putri nih. Pas pasca melahirkan juga punya masalah perut bergelambir nggak sih? Hahahaha. Duh, masalah ibu-ibu banget nih ya. Pemulihannya berapa lama, Mbak?

MA. Setelah punya anak kedua, perut jadi lebih susah kempes sih. Waktu anak pertama, masih lebih gampang balik lagi ke bentuk awal.

Sekarang sudah 2 tahun lebih dan olahraga hampir tiap hari selama setahun lebih, tapi tetep aja masih ada gundukan di sekitar perut.

Karena perut itu kuncinya MAKANAN. Kalau nggak jaga makanan, ya jangan berharap bisa balik "flat" lagi perutnya kayak zaman gadis. Hehehe. Olahraga membantu, tapi yang pegang peranan penting tetep, makanan.



RM. Apa yang ingin Mbak Meira sampaikan untuk mama-mama di luar sana agar mau sayangi tubuh sendiri dengan olahraga?

MA. Banyak yang nanya ataupun DM di IG, gimana cara yang cepat untuk menurunkan berat badan? Gimana cara ngecilin paha yang cepat? Bagaimana caranya mengecilkan perut yang cepat?

Semua ingin yang cepat, cepat, cepat.

Sebagai manusia, aku juga pengin banget bisa dapetin hasil yang cepat. Tapi, apakah itu yang terbaik untuk tubuh kita?

Mari sama-sama belajar menghargai sebuah "proses". Melakukan olahraga, apa pun itu, mau homeworkout, lari, yoga, berenang, gym, apa pun, intinya adalah membiarkan diri kita untuk mencintai sebuah "proses" dan tidak melulu mementingkan "hasil".

Semoga dengan para Ibu yang mau membiasakan diri untuk berolahraga, bisa menularkan kebiasaan positif ini pada anak-anaknya dan juga lingkungannya. Semoga dengan Ibu yang mau berolahraga, keluarga jadi lebih sehat dan bahagia.


BACA JUGA


Andien Aisyah Berbagi Tips Kehamilan yang Sehat di Instagram. Mama Ingin Mengikuti Jejaknya? Perhatikan 7 Tips Ini

Andien Aisyah Berbagi Tips Kehamilan yang Sehat di Instagram. Mama Ingin Mengikuti Jejaknya? Perhatikan 7 Tips Ini

Andien Aisyah telah lancar melahirkan anak pertamanya melalui proses waterbirth. Selama masa kehamilannya, Andien telah mempersiapkan ...

Read more..


Amin, Mbak Meira!

Nah, itu dia hasil obrolan saya dengan Meira Anastasia, yang video-video #MeiraHomeWorkoutTutorial-nya bisa juga Mama saksikan dan ikuti di akun Instagram @meiranastasia.

Sssst, saya sudah mengikuti tutorial homeworkout-nya Meira Anastasia ini selama (baru) kurang lebih 2 bulan. Hasilnya? Jangan nanya angka timbangan ya (karena sudah lama saya menyingkirkan timbangan dari rumah. Hahaha.), tapi badan saya lebih enteng. Nggak males-malesan lagi bangun pagi. Tidur malam sudah mulai bisa teratur.

Saya sendiri belajar dari Meira Anastasia mengenai self acceptance dan self love. Bagaimana kita mencintai tubuh sendiri, bahwa kita berolahraga untuk membuat tubuh kita lebih kuat dan lebih sehat, alih-alih hanya meraih angka timbangan yang lebih kecil (atau lebih besar). Karena kalau tubuh dicinta, maka ia pun akan menyesuaikan sendiri dengan kebutuhannya.

So, nggak ada alasan lagi untuk nggak berolahraga ya, Mama! Sehari 15 - 30 menit sudah cukup dengan #MeiraHomeWorkoutTutorial ini, Ma. Nggak perlu ninggal si kecil untuk ke gym, bahkan kalau Mama kepoin video-video Meira Anastasia satu per satu, Mama juga akan menemukan kalau Mbak Meira juga workout bareng anak-anaknya loh. Keren banget deh.


BACA JUGA


Rasanya Jadi Perempuan Bertubuh Gemuk di Jakarta (dan Hampir di Semua Tempat Lainnya di Muka Bumi)

Rasanya Jadi Perempuan Bertubuh Gemuk di Jakarta (dan Hampir di Semua Tempat Lainnya di Muka Bumi)

Punya tubuh yang lebih besar atau lebih lebar atau lebih gemuk dari teman-teman lain sudah saya jalani sejak saya duduk di Sekolah Dasar. ...

Read more..


Semoga wawancara dengan Meira Anastasia ini bisa membuka pikiran kita semua ya, bahwa mencintai tubuh itu lebih penting ketimbang sekadar menurunkan / menaikkan berat badan.

Sampai ketemu lagi dengan profil Rocking Mama lainnya ya!


Foto-foto dari IG @meiranastasia.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Profil Rocking Mama: Meira Anastasia dan Tutorial Homeworkout-nya yang Mengajarkan Mengenai Penghargaan terhadap Sebuah Proses". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar