Rangsang Kreativitas Anak dengan Cara Berikut Ini Yuk!

Rangsang Kreativitas Anak dengan Cara Berikut Ini Yuk!

2.5K
Anak-anak merupakan fase ideal untuk mengembangkan kreativitas. Izinkan dan bimbinglah ia mengembangkan sumber daya dalam dirinya.
Kreativitas adalah kemampuan untuk menggabungkan rasa ingin tahu, imajinasi, dan alasan melakukan penjelajahan yang bisa mengubah dunia.

Demikian menurut Bobbi Conner, penulis buku The Parent’s Journal Guide to Raising Great Kids. Conner juga mengungkapkan, bahwa orang sering kali salah sangka, bahwa kreativitas itu cuma soal seni saja. Padahal enggak!

Marian Diamond, Ph.D., penulis buku Magic Trees of the Mind: How to Nurture Your Child’s Intelligence, Creativity and Healthy Emotions From Birth to Adolescence mengatakan, bahwa ketika anak menggunakan imajinasi dan kecerdikan untuk menciptakan sesuatu atau mengekspresikan diri, ia secara sungguh-sungguh membangun dan memperkuat hubungan antara sel syaraf dalam otaknya.

Sebagai hasilnya, ia dapat memperbaiki keterampilan berkomunikasi dan memecahkan masalah. Inilah yang disebut kreativitas.

Anak kreatif dalam mengatasi kesalahannya secara lebih baik. Mereka bisa mengatakan pada diri mereka sendiri, “Ya, sekarang memang belum bisa. Tapi bisa dicoba lagilah.”

Apalagi di masa mendatang, akan lebih banyak pekerjaan di masa depan yang akan tergantikan mesin, teknologi dan robot. Persaingan makin tinggi, hanya kualitas kitalah yang akan jadi jaminan seleksi alam.

Jadi sungguh, Ma, mengasah kreativitas anak sejak dini adalah hal yang mesti banget kita lakukan sejak dini.

Dan, menumbuhkan kreativitas anak nggak seperti sekadar mengajarkannya memainkan lagu klasik dengan piano, atau membuatnya supaya bisa menulis cerita yang hebat. Tidak, lebih dari itu!


BACA JUGA


Ini Dia 5 Hal yang Harus Kita Lakukan Agar Anak-anak Menjadi Lebih Kreatif!

Ini Dia 5 Hal yang Harus Kita Lakukan Agar Anak-anak Menjadi Lebih Kreatif!

Sukses tidaknya masa depan anak, salah satunya ditentukan oleh kemampuannya memecahkan masalah dan berpikir out of the box. Cara untuk ...

Read more..


Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kreativitas anak.

1. Dorong anak untuk membuat karya


Kreativitas adalah soal memecahkan masalah dan menciptakan sesuatu. Karena itu, stimulasilah si kecil untuk selalu mencari ide-ide untuk memecahkan permasalahan yang dihadapinya sehari-hari.

Misalnya, ia merasa bosan dengan mainan-mainan yang setiap hari dimainkannya. Coba ajak dia untuk mencari sesuatu yang bisa dibuat menjadi mainannya sendiri.

Mama masih ingat nggak sih dengan seorang remaja dari Aceh, Naufal Raziq, yang berhasil menemukan listrik dari pohon kedondong? Ya, semua berasal karena ia pengin memecahkan masalah listrik di desanya.

Pastinya Naufal juga tak serta merta menemukan listrik di pohon begitu saja. Ia pasti sebelumnya juga telah terstimulasi dengan baik untuk bisa memunculkan ide-ide demi memecahkan masalah sehari-hari yang dihadapinya.

Kebetulan nih, Ma, ada Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) yang kembali diluncurkan oleh Indosat Ooredoo untuk yang ke-11 kalinya tahun ini.

Jadi IWIC adalah sebuah lomba ide aplikasi mobile. Salah satu kategori yang dilombakan adalah untuk Kids & Teens lo, Ma. Wah, kesempatan emas banget buat menstimulus kreativitas si kecil da juga remaja kan?


2. Pastikan pada “bagaimana” bukan “apa”


Sembari mendampingi si kecil meng-generate ideas mereka untuk memecahkan permasalahan, Mama bisa sambil menanyakan, “Cerita dong, kamu lagi bikin apa?” Lalu, lanjutkan, “Gimana cara kerjanya nanti?” Dan, teruskan lagi pertanyaannya sesuai dengan penjelasan si kecil.

Pertanyaan-pertanyaan tadi jauh lebih bagus ketimbang, “Apaan sih itu?”

Jangan tekan si kecil untuk membuat sesuatu yang spesifik. Ingat, Ma, mereka sedang berproses kreatif, jadi yang penting adalah mereka bisa mengekspresikan kreativitasnya.


3. Berikan pertanyaan yang bisa membuatnya harus mencari jawaban


Pertanyaan-pertanyaan dari Mama akan membuat si kecil terpacu untuk mencari tahu. Namun, pastikan pertanyaannya bukan pertanyaan yang hanya bisa dijawab sepatah dua patah kata saja.

Misalnya, “Dek, tahu nggak, kok mobil bisa bergerak sendiri ya?”

Hal seperti ini akan menumbuhkan rasa penasaran dalam diri si kecil. Jika ia sudah tahu bagaimana mencari jawaban, mungkin ia akan segera berlari ke laptop atau tablet Mama, lalu membuka Youtube dan mencari video mengenai mobil.

Setelah ia menemukan jawaban, ajak ia untuk bersimulasi. Mama bisa mengajaknya membuat mobil-mobilan sendiri.

Memang, sebelum anak bisa membaca dan menulis, seni merupakan salah satu cara untuk bisa memancing kreativitas anak. Begitu anak-anak balita ini sudah mahir menggambar dan mencoret, maka itu berarti keterampilan motorik dan perhatiannya pada detail sudah berkembang cukup bagus.

Dengan demikian, sekarang saatnya Mama menstimulasi si kecil ke bentuk kreativitas yang baru: teknologi!


BACA JUGA


Kenali Bakat Seni pada Anak, dan Terus Stimulasi Agar Tak Pernah Terputus dari Seni demi Kebaikan Anak di Kemudian Hari

Kenali Bakat Seni pada Anak, dan Terus Stimulasi Agar Tak Pernah Terputus dari Seni demi Kebaikan Anak di Kemudian Hari

Bakat seni pada dasarnya ada pada setiap orang, dan merupakan kecerdasan dasar pada anak-anak. Tinggal bagaimana kita membantunya ...

Read more..


Yuk, ikutan lomba ide IWIC dan menangkan total hadiah ratusan juta rupiah! Di kategori Kids & Teens, penjurian hanya akan dilaksanakan pada kategori yang sama, tidak akan ditandingkan dengan kategori lain yang lebih dewasa lo. Untuk informasi lengkap tentang lomba ini, Mama bisa baca lebih lanjut di website Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC).

Bisa jadi ini kesempatan baik untuk memperkenalkan kreativitas sekaligus memupuk jiwa kompetisi si kecil, agar di masa depan ia sudah terbiasa menghadapi segala rupa.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rangsang Kreativitas Anak dengan Cara Berikut Ini Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rocking Mama | @RockingMama

Mother's life hacks - Mama Community - For Smart & Powerful Moms Only!

Silahkan login untuk memberi komentar