Rekomendasi 10 Film Korea dari yang Bikin Nangis hingga yang Bikin Meringis untuk Menemani Weekend Mama

Rekomendasi 10 Film Korea dari yang Bikin Nangis hingga yang Bikin Meringis untuk Menemani Weekend Mama

75.3K
Film Korea itu banyak punya rasa, dari romantis, bikin nangis, hingga yang bikin meringis saking sadis. Dengan film Korea rekomendasi ini, weekend Mama pasti akan meriah!

Saya bingung, Ma. Salah satu hal yang masih menjadi misteri di muka bumi ini adalah apa alasan logis kebanyakan perempuan (termasuk mama-mama) menggemari drama dan film Korea. Hayo, Ma, kenapa, Ma? Jelaskan pada saya!

Apa karena bintang cowoknya? Well, sebagai sesama jenis kelamin, ya harus saya akui, saya kurang bisa peka terhadap level kegantengan mereka sih.

Well, untuk drama Korea-nya saya sempat nonton sih. Ya, demi apa? Entahlah. Dan drama Korea yang bisa tamat saya tonton satu-satunya adalah Descendants of the Sun.

Ngaku deh saya, drama Korea yang satu ini bagus. Tapi saya nggak mau mencoba nonton yang lain lagi. Saya takut ketagihan. Gini aja saya susah move on dari Song Hye Kyo #eh.

Ya, bukan berarti anti sih, tapi saya lebih suka film Korea yang sekali tonton langsung tamat. Nggak perlu nungguin puluhan episode. Soalnya nungguin episode drama Korea itu barangkali sudah selevel nungguin gebetan yang lagi ke salon #eaaa .... Dan harus saya akui, Korea itu adalah surganya film romantis yang berpotensi mengosongkan kotak tisu.

Ternyata, sudah cukup banyak pula film Korea yang berhasil saya tonton. Nggak semua ceritanya sedih kok, ada juga film-film yang bisa membuat kita nggak bisa skeptis lagi terhadap industri film Negeri Ginseng.

Nah, mumpun menjelang weekend, saya mau merekomendasikan beberapa film Korea ini untuk Mama tonton agar weekend Mama sekeluarga jadi meriah.


10 Rekomendasi Film Korea untuk Menemani Weekend Mama


A Moment to Remember (2004)

Film Korea rekomendasi: A Moment to Remember

Su Jin, seorang perancang busana yang patah hati, bertemu dengan Chul-soo, seorang pekerja konstruksi. Benih cinta lantas tumbuh di antara keduanya, hingga mereka pun memutuskan untuk menikah.

Hingga suatu hari Su Jin didiagnosis mengidap penyakit Alzheimer, yang membuatnya melupakan satu per satu kenangan bersama suaminya. Film ini benar-benar mengharu biru, Ma, apalagi saat suaminya menempeli seisi rumah dengan sticky notes berisi catatan-catatan agar istrinya nggak lupa.

Duh, Ma... *ambil tisu*


Veteran (2015)


Film Korea rekomendasi: Veteran

Film ini berkisah mengenai seorang detektif temperamental yang mencoba untuk melawan kebengisan seorang pria muda, yang selalu berlindung pada kekayaan dan konglomerasinya yang besar. Karena sifatnya yang keras, sang detektif juga mati-matian ingin membongkar kasus percobaan bunuh diri yang melibatkan seorang temannya.

Yang satu ini nggak ngabisin tisu, Ma. Karena selain banyak adegan aksi yang memukau, film ini juga dibumbui dengan adegan komedi yang menghibur.


Always (2011)


Film Korea rekomendasi: Always

Film Korea ini punya judul lain Only You, menceritakan tentang seorang mantan petinju yang banting setir menjadi seorang petugas parkir.

Kisah romantisnya dimulai saat ada perempuan tunanetra yang datang ke pos parkirannya untuk menumpang nonton film drama. Mereka pun terbawa ke cerita masa lalu yang kelam, menguak sebuah fakta sekaligus ironi.

Dan, ujung-ujungnya bikin mewek juga. *ambil tisu lagi*


I Saw the Devil (2010)


Film Korea rekomendasi: I Saw the Devil

Ini film thriller, Ma. Tentang upaya balas dendam seorang pria yang tunangannya dibunuh secara sadis. Namun kemudian, pembalasan itu malah membuatnya menjadi 'iblis' yang nggak kalah kejam.

Konon kabarnya, adegan dalam film ini cukup banyak yang disensor karena terlalu vulgar, termasuk adegan kanibalismenya. Padahal yang versi sensor pun masih banyak adegan sadisnya.

Jika Mama nggak suka film thriller, sebaiknya lewatkan saja film Korea satu ini. Kita lanjut ke film rekomendasi selanjutnya saja ya.


Hello Ghost (2010)


Film Korea rekomendasi: Hello, Ghost

Nah, meski di judul ada 'ghost-ghost'-annya, tapi ini bukan film horor, Ma. Malahan termasuk film komedi yang meriah.

Syahdan, Kang Sang Man, seorang anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan. Dia selalu merasa kesepian, nggak punya teman, dan paling sedihnya, nggak ada yang mau mengadopsi dirinya. Bahkan dia sampai-sampai melakukan beberapa kali percobaan bunuh diri. Tapi ya, selalu gagal.

Percobaan bunuh diri yang terakhir kali akhirnya membuat Kang Sang Man harus dilarikan ke rumah sakit. Saat terbangun dari pingsannya, Kang menyadari kemampuannya bisa melihat hantu.

Meski lucu, tapi teteup ... ending-nya bikin nangis! *ambil tisu ketiga*


A Long Visit (2010)


Film Korea rekomendasi: A Long Visit

Film Korea satu ini bertema ibu-anak dan yang paling sedih yang pernah saya tonton.

Ji Suk, anak keluarga kurang berada, sering mengeluh dan gengsi mengakui mamanya karena berpenampilan lusuh. Hingga kemudian Ji Suk ingin melanjutkan kuliah di Sequl, bekerja dan menikah di sana.

Ceritanya semakin sedih ketika Ji Suk pulang kembali ke rumah untuk menemui mamanya yang sudah menua.

Duh, sepertinya saya mau nangis lagi, kayak pas pertama nonton nih, Ma. *kok tisunya habis?*


Train to Busan (2016)


Film Korea rekomendasi: Train to Busan

Inilah film Korea paling baru dalam deretan rekomendasi saya ini.

Berlatar di kereta listrik cepat jurusan Seoul ke Busan, film ini bercerita mengenai serangan virus zombie yang berasal dari seorang penumpang gelap. Virus zombie pun dengan cepat menyebar ke hampir seluruh penumpang kereta.

Hingga tersisa seorang ayah, putrinya dan beberapa penumpang lain. Mereka pun harus berjuang menyelamatkan diri dari serangan zombie.

Film ini merupakan salah satu film bertema zombie yang patut diperhitungkan, Ma. Highly recommended!


Ode to My Father (2014)


Film Korea rekomendasi: Ode to My Father

Film Korea ini mengambil latar saat perang Korea Utara, Ma.

Seorang anak laki-laki terpisah dari papa dan adiknya saat akan mengungsi naik kapal. Deok-soo, anak laki-laki tersebut, kemudian tumbuh dewasa dan menjadi tulang punggung keluarga, sesuai janjinya pada sang papa sesaat sebelum terpisah.

Demi janji, demi mamanya, serta kedua adiknya, Deok-soo pun harus melewati banyak ujian hidup.

Film ini adalah salah satu film drama keluarga terbaik. Endingnya? Coba, siapkan tisu lagi, Ma.


Oldboy (2003)



Film Korea rekomendasi: Oldboy

Film Korea satu ini merupakan salah satu dari dua film Korea yang berhasil masuk ke dalam daftar Top 250 IMDb. Bahkan film ini sempat diadaptasi oleh produsen film asal Hollywood loh. Yah, meski kurang sukses sih.

Film ini berjudul asli Oldeuboi, tentang seorang pria yang terkurung di sebuah ruangan pengap selama 15 tahun, tanpa tahu sebabnya. Akhirnya ia dibebaskan.

Perjuangan Dae-Su untuk mencari siapa dalang di balik semuanya demi membalas dendam, membawa alur cerita penuh plot twist yang bikin meringis!


Miracle in Cell No. 7 (2013)


Film Korea rekomendasi: Miracle in Cell No. 7

Ini adalah film tentang ayah-anak terbaik yang pernah kutonton.

Kisahnya tentang Lee Yong Goo, seorang pria dengan keterbelakangan mental, tinggal dengan Ye Seung, anak gadisnya yang berusia 6 tahun. Mereka harus berpisah karena sang papa terpaksa masuk penjara, setelah dituduh membunuh anak kecil.

Selain ending-nya bakalan bikin banjir air mata, film Korea satu ini sekaligus juga sukses mengocok perut. Terutama ketika adegan mengenai kehidupan Yong Goo di dalam sel penjara nomor 7 bersama 5 napi lainnya.


Well, Mama, daftar di atas disusun berdasarkan selera yang mungkin agak subjektif, juga mungkin karena saya belum menonton banyak film Korea. So, kalau Mama punya rekomendasi film Korea lainnya, boleh dong, ditulis di kolom komen ya!

Selamat menonton, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rekomendasi 10 Film Korea dari yang Bikin Nangis hingga yang Bikin Meringis untuk Menemani Weekend Mama". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rido Arbain | @ridoarbain

Silahkan login untuk memberi komentar