Resep Bakpao Isi Daging Sapi Cincang - Bisa Untuk Bekal Atau Camilan Keluarga

Resep Bakpao Isi Daging Sapi Cincang - Bisa Untuk Bekal Atau Camilan Keluarga

4.6K
Resep bakpao pernah nggak Mama bikin di rumah? Ngg sulit? Kalau begitu, Mama mesti coba resep bakpao yang satu ini, dijamin mudah dan bikin ketagihan!

Mama sering bingung nggak, mau masak apa buat bekal sekolah anak? Mau masak nasi goreng, kok hampir tiap hari bekal anak nasi goreng terus. Begitu juga dengan nugget atau sosis, lama-lama anak bisa bosan kalo bekalnya itu-itu aja. Lagian kalo keseringan makanan instant juga nggak bagus dong buat kesehatan. Begitu pula dengan camilan, masa iya beli snack yang banyak MSG terus. Gimana kalau Mama berkreasi dengan resep bakpao untuk bekal atau camilan?

Yuk, Ma, cobain bikin bakpao isi daging sapi cincang. Sekali-kali bikin camilan yang dikukus, bukan gorengan, jadi aman deh nggak bikin batuk. Emang sih rada ribet ya kalo bikin sendiri, lebih enak beli aja, praktis! Tapi kalo bikin sendiri isinya bisa dibanyakin lho, tentunya lebih hemat dan kebersihannya pasti lebih terjaga.

BACA JUGA


Resep Camilan Istimewa di Akhir Pekan - Galette Apel dan Almond

Resep Camilan Istimewa di Akhir Pekan - Galette Apel dan Almond

Resep camilan kita kali ini dari Prancis, Ma! Tenang, kita pilihkan yang mudah kok! Yuk, cobain untuk hari Minggu sore nanti

Read more..

Resep bakpao, isian daging cincang dan tips pembuatan bakpao saya lihat di instagram xanderskitchen.


Resep Bakpao Isi Daging Sapi Cincang


Bahan untuk isian :

300 gr daging sapi cincang

1 buah bawang bombay cincang

3 butir bawang merah, iris kasar

1 batang daun bawang, iris kasar

Kecap manis, saus tiram, kecap asin, merica putih, merica hitam,

Garam, gula , air secukupnya

1 sdm tepung terigu dilarutkan dengan air


Cara memasak:

1. Tumis bawang merah dan bawang bombay sampai harum.

2. Masukkan daging cincang, tambahkan saus, kecap, merica, garam, gula, aduk rata sampai berubah warna.

3. Tambahkan air secukupnya, masak sampai air menyusut dan daging empuk. Cicipi, koreksi rasa.

4. Sebelum diangkat, masukkan daun bawang dan larutan terigu. Masak sampai mengental tapi tidak terlalu kering.



Bahan kulit bakpao :

400 gr tepung cakra

100 gr tepung segitiga

1 sdm ragi instan

250 ml air

50 gr butter

1 butir putih telur

Sejumput garam.

Note: Saya nyoba bikin 1/2 resep (200 gr tepung cakra, 50 gr tepung segitiga, 120 ml air, 25 butter, 1 putih telur, 3 gr ragi instan) + saya tambahi gula 30 gram *resep aslinya memang nggak ada gula. Untuk 1/2 resep ini saya jadikan 8 buah bakpao. Terserah, bulatan mau dibuat lebih besar atau lebih kecil.




Cara membuat:

1. Campur semua bahan kecuali butter dan garam, dimasukkan setelah bahan lain tercampur rata. Uleni hingga kalis elastis.

2. Bagi menjadi beberapa bagian, isi dan bentuk adonan. Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat

3. Kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan sekitar 10 menit dengan api besar.


Tips pembuatan bakpao

  • Untuk hasil yang lebih lembut gunakan tepung segitiga. Kalo suka bakpao lebih kenyal pakai tepung cakra. Bisa dengan mencampur kedua jenis tepung ini seperti resep di atas.
  • Bakpao lebih empuk pakai kuning telur tapi nanti bakpao yang dihasilkan warnanya tidak putih. Bila suka bakpao yang agak kenyal, bisa pakai putih telurnya saja.
  • Agar warna bakpao putih, pakai mentega putih.
  • Kukus bakpao dalam kukusan yang sudah benar-benar panas. Bungkus tutupnya dengan kain supaya air tidak menetesi bakpao. Bakpao nggak bakalan mulus kalo kena tetesan air.
  • Kukus bakpao jangan lama-lama, cukup 10 menit. Bakpao akan mengkerut keriput begitu keluar kukusan kalo terlalu lama mengukusnya.
  • Untuk hasil bakpao yang lebih mulus, rajin latihan membentuk bakpao. Kalo bentuk bakpao sebelum dikukus sudah nggak mulus otomatis hasil bakpao setelah dikukus juga nggak mulus.
  • Supaya bakpao nggak kering dan keras setelah dingin, simpan dalam wadah tertutup atau bungkus dengan plastik satu-satu.

Bikinnya bisa malam hari, esok pagi tinggal dihangatkan aja kalo mau dibawa buat bekal sekolah. Kalo saya bikinnya pagi setelah anak-anak pulang sekolah, siang sudah matang.

Resep bakpao isi daging sapi cincang ini selain cocok dibuat bekal sekolah anak, juga bisa buat sarapan, camilan di sore hari atau kalo anak-anak lapar setelah belajar. Sesekali kita kurangi gorengan dan junkfood, ya, Ma. Rasanya masih enak juga kok. Nah, bisa juga nih resep bakpao untuk snack arisan.

Resep bakpao isi daging sapi cincang ini empuk dan rasanya enak, Ma. Nggak nyesel deh bikin bakpao ini, sebentar aja sudah ludes disantap.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resep Bakpao Isi Daging Sapi Cincang - Bisa Untuk Bekal Atau Camilan Keluarga". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lianny Hendrawati | @liannyhendrawati

Wife | Mom with 3 kids | Blogger | Blue Lovers

Silahkan login untuk memberi komentar