Resep Camilan Praktis - Telur Gabus Keju, Cukup Dengan 5 Bahan Saja! Dijamin Yummy Rasanya!

Resep Camilan Praktis - Telur Gabus Keju, Cukup Dengan 5 Bahan Saja! Dijamin Yummy Rasanya!

12.8K
Hayo lagi tunggu resep camilan nggak, Ma? Tenang saja Ma, kali ini Rocking Mama akan berbagi resep camilan praktis, telur gabus keju.

Hai, Ma! Weekend ini sudah nyiapin resep camilan baru nggak untuk keluarga? Pastinya pengin bikin resep camilan sehat di rumah ya, Ma, mengurangi jajan di luar biar hemat uang dan kesehatan pun terjamin.

Anyway, pernah nggak Mama makan telur gabus keju yang gurih dan renyah?

Resep camilan yang satu ini ternyata menggunakan 5 bahan saja, yaitu telur, tepung, mentega, keju dan garam. Tambah minyak goreng untuk menggoreng adonannya. Pembuatannya juga cukup mudah lho, cuma memang membutuhkan kesabaran saat melintir adonannya menjadi bentuk silinder dan saat mendinginkan minyak.

Mama bisa mengajak si Kecil membantu membuat telur gabus keju ini, biar cepat selesai. Pasti si Kecil senang sekali melintir adonannya. Mungkin bentuknya nanti agak kurang rapi, ada yang kecil ada yang besar, tapi tidak masalah kan Ma? Yang penting pekerjaan cepat selesai, Mama senang, si Kecil juga senang bisa membantu.

BACA JUGA


Resep Camilan - Funfetti Choco Ball. Tak Perlu Kompor, Oven, Kukusan Loh Ma! Mudah Banget!

Resep Camilan - Funfetti Choco Ball. Tak Perlu Kompor, Oven, Kukusan Loh Ma! Mudah Banget!

Resep camilan yang nggak pakai oven atau steam emang ada? Ada! Resep camilan yang satu ini mesti Mama coba

Read more..

Resep camilan telur gabus keju ini saya lihat di web Just Try & Taste. Untuk tepung, di resep asli tertulis sagu/kanji/tapioka. Saya menggunakan Sagu Tani. Hasilnya renyah, enak!

Penasaran? Yuk, simak resep di bawah ini!

Resep Camilan Praktis - Telur Gabus Keju Renyah

Bahan:

250 gr tepung sagu/kanji/tapioka

2 butir telur ukuran besar

100 gram keju cheddar, parut

50 gram mentega, suhu ruang

1/4 sdt garam

minyak untuk menggoreng


Cara membuat:

1. Siapkan blender. Masukkan telur, keju parut dan mentega ke dalam blender dan proses hingga lembut.

2. Siapkan mangkuk, masukkan tepung ke dalam mangkok. Buat lubang di tengah, masukkan keju, telur dan mentega yang sudah diblender tadi serta garam. Aduk rata dengan spatula lalu uleni dengan jari-jari hingga adonan kalis.

3. Ambil sejumput adonan, pelintir hingga berbentuk silinder dengan ujung-ujung runcing. Masukkan dalam wajan yang berisi minyak dingin.

4. Jika sudah banyak adonan yang terendam minyak dingin, nyalakan api kompor dan goreng adonan dengan api sedang hingga matang. Angkat, tiriskan. Matikan kompor dan biarkan minyak kembali dingin baru lanjutkan menggoreng sisanya. Begitu terus sampai adonan habis.

Tips:

  • Bentuk adonannya sebaiknya jangan terlalu besar agar kue kering dan renyah.
  • Kalau kurang renyah, bisa tambahkan 1 kuning telur ke dalam adonan.
  • Adonan telur gabus keju ini dimasukkan dalam kondisi minyak dingin baru api kompor dinyalakan. Minyak yang panas akan membuat kue yang dihasilkan berlubang-lubang dan tidak mulus.
  • Jangan aduk kue saat kondisinya belum mengeras, nanti kue bisa putus. Jika minyak sudah panas, adonan akan mengeras sendiri dan terpisah dari adonan lainnya, jadi tidak akan lengket satu sama lain. Balik kue dan goreng hingga matang.
  • Untuk menghemat waktu, bisa menggunakan 2 buah wajan berisi minyak. Jadi sambil menunggu minyak di wajan pertama mendingin kita bisa menggoreng di wajan kedua. Tapi tentu saja cara ini akan menggunakan minyak lebih banyak karena untuk 2 buah wajan.
  • Tunggu kue hingga benar-benar dingin baru masukkan ke dalam toples yang tertutup rapat agar kue tetap renyah.

BACA JUGA


Resep Brownies Pisang Super Moist - No Mixer dan Mudah Bikinnya, Ma!

Resep Brownies Pisang Super Moist - No Mixer dan Mudah Bikinnya, Ma!

Bosan resep brownies yang standar? Kalau begitu Mama mesti coba resep brownies yang satu ini

Read more..

Hayo sekarang nggak perlu pusing mikirin resep camilan untuk weekend minggu ini ,yes?

Resep camilan telur gabus keju ini dijamin yummy, keluarga pun suka. Cara bikinnya pun mudah, nggak butuh level masak yang mumpuni. Telur gabus keju yang dibuat sendiri tentu lebih sehat karena menggunakan minyak goreng yang terjamin.

Happy cooking, Ma!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resep Camilan Praktis - Telur Gabus Keju, Cukup Dengan 5 Bahan Saja! Dijamin Yummy Rasanya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Lianny Hendrawati | @liannyhendrawati

Wife | Mom with 3 kids | Blogger | Blue Lovers

Silahkan login untuk memberi komentar