Resep Nasi Kebuli Kambing Gurih untuk Sajian Idul Adha yang Istimewa!

Resep Nasi Kebuli Kambing Gurih untuk Sajian Idul Adha yang Istimewa!

2.3K
Heaven sends us good meat, but the devil sends cook. ~ David Garrick

Hai, Mama!

Hari Senin mendatang kita akan merayakan Idul Adha. Sudah siapkah Mama berkurban? Pastinya sih sudah siap ya!

Dan, apakah sudah siap memasak juga? Well, memang sih. Nilai terpenting dari Idul Adha bukan pada masakan atau makan-makannya ya, melainkan pada niat berkurban kita sesuai ajaran agama.

Tapi, biasanya sih kan memang lalu ada menu dengan bahan dasar daging kambing dan/atau sapi kan ya? Ya, masa mau dianggurin? Kan nggak mungkin banget.

Jadi, mau masak apa nih? Gulai? Sate? Tongseng? Semur daging sapi?

Hmmm ... Mau coba masakan yang lain nggak?


Baca juga: Pengin Masak Burger yang Sehat? Coba Trik-Triknya Berikut Ini, Ma!


Gimana kalau Idul Adha kali ini kita masak nasi kebuli, Ma?

Nasi kebuli adalah salah satu menu masakan dengan bahan dasar nasi yang dimasak dengan bumbu kaldu daging kambing, dengan susu cairan, serta minyak samin, ditambah dengan taburan kismis yang diiris. Minyak samin adalah mentega dari lemak hewani, biasanya dari kambing, sapi, kerbau atau unta, dan kemudian dimurnikan.

Hidangan ini sebenarnya ada rasa-rasa Timur Tengah, Ma. Apalagi kalau dilihat-lihat dan dirasa-rasa, nasi kebuli ini mirip banget dengan nasi biryani, yang merupakan hidangan khas India, Pakistan, Irak, Iran, hingga Sri Lanka.

Hmmm ... looks good, Ma?

Langsung aja yuk, kita lihat cara memasak Nasi Kebuli Kambing kita kali ini.


Resep Nasi Kebuli Kambing




Bahan dan Bumbu Nasi Kebuli Kambing

  • 500 gram beras kualitas baik, dicuci
  • ½ liter air kaldu kambing
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 gelas susu cair
  • 2 lbr daun salam
  • 3 butir cengkeh
  • 3 butir kapulaga
  • Kismis secukupnya
  • 4 sdm minyak samin


Bumbu yang dihaluskan

  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 ruas jahe kira-kira 1 cm
  • 1 sdm ketumbar
  • ½ sdm jintan
  • ½ sdm merica butir
  • Garam dan gula pasir secukupnya


Baca juga: Masak Nasi Liwet Tanpa Mau Ribet? Coba 3 Langkah Ini Yuk, Ma!



Cara Memasak Nasi Kebuli Kambing

  • Panaskan minyak samin pada wajan, lalu tumis semua bumbu halus hingga harum.
  • Tambahkan daun salam, serai, cengkeh, kapulaga, dan kismis. Aduk rata dan masak hingga harum.
  • Masukan beras yang telah dicuci, dan tambahkan juga kaldu kambing dan susu cair. Masak dan aroni nasi hingga air kaldunya habis.
  • Kukus nasi hingga matang, dan sajikan.


Gimana, Ma, cukup mudah kan?

Dengan bahan dan bumbu yang tidak sulit dan cukup mudah ditemukan sehari hari, Mama bakalan bisa menyajikan hidangan istimewa yang berbeda di Idul Adha kali ini.


Baca juga: Liburan Panjang Tanpa Drama Timbangan Naik? Bisa Banget, Ma, Asal...


Oh iya, Ma, by the way nih. Daging kambing sudah dikenal mengandung kalori yang sangat tinggi ya, dan disarankan untuk tidak kita konsumsi terlalu sering dalam jumlah banyak. Nah, agar Idul Adha kali ini Mama sekeluarga tetap bisa sehat, meski harus menyantap hidangan dari daging kambing, jangan lupa untuk mengimbangi kalori yang masuk dengan beberapa hal, di antaranya:


1. Makan buah dan sayur

Jangan pernah lupakan untuk mengonsumsi buah dan sayur. Akan lebih baik jika Mama menambah porsinya di saat-saat seperti ini. So, selain menyetok daging, Mama juga harus menyetok buah dan sayur yang banyak ya!

Selalu sertakan pula lalapan jika Mama sekeluarga sedang menikmati hidangan berbahan daging kambing dan sapi ini. Lalapan akan dapat membantu Mama menetralisir kalori yang masuk.

2. Olahraga ringan

Lakukan pula olahraga ringan, kalau perlu tambahkan sedikit porsinya ya, Ma. Supaya kalori yang masuk lebih cepat dan lebih banyak terbakar, sehingga nggak numpuk lemak di tubuh. Tak perlu di gym, Mama bisa mungkin menambah jam jalan-jalan pagi Mama. Yang biasanya 30 menit, tambah menjadi 45 menit, misalnya. Lalu, Mama juga bisa memilih naik tangga ketimbang naik eskalator atau lift kalau kebetulan lagi jalan-jalan di mal.


Image via ultimatequora . com


3. Makan di saat yang tepat

Segala macam makanan berbahan dasar daging sulit untuk dicerna dan tinggi protein, maka akan menimbulkan energi yang cukup banyak sehingga akan baik jika disantap saat siang. Sebaiknya jangan menyantap daging-dagingan pada malam hari, karena akan nggak nyaman di perut.

4. Awas, penderita hipertensi!

Jika Mama atau ada keluarga yang mempunyai riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi, sebaiknya rem sedikit ya, kalau mau mengonsumsi daging kambing ini. Ya, sepotong sudah cukup deh, kalau memang terpaksa sekali. Buat icip-icip. Hihihi.

Ingat, Ma, kesehatan itu adalah hal yang terpenting!


Baca juga: Jaga Gula Darah Mama Agar Tetap Normal Dengan Melakukan Olahraga Rutin!


Nah, selamat merayakan Idul Adha bersama keluarga ya, dan tetap sehat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resep Nasi Kebuli Kambing Gurih untuk Sajian Idul Adha yang Istimewa!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Atanasia Rian | @atanasia05

Silahkan login untuk memberi komentar