Resep Nugget Mi Stick - Camilan Dengan Bahan Murah Meriah dan Bikinnya pun Gampang!

Resep Nugget Mi Stick - Camilan Dengan Bahan Murah Meriah dan Bikinnya pun Gampang!

5.3K
Resep nugget pasti Mama sudah pada tau, yes. Nah gimana kalau nuggetnya divariasikan menjadi nugget mi stick? Wah, ini camilan baru yang pasti akan digemari oleh si kecil!

Sebagai seorang Mama adalah tugas penting menyediakan camilan sehat untuk keluarga. Pastinya Mama akan browsing, membaca dari blog satu ke blog lain, ke cookpad atau ngecek Instagram para food bloger. Betul? Biasanya untuk resep nugget homemade sudah banyak Mama temui atau bahkan sudah hafal di luar kepala step by step-nya.

Kali ini saya akan share variasi resep nugget yang selama ini rajin wara-wiri di timeline Mama.

Ide awal bikin resep nugget mi stick ini karena saya mau ikut lomba masak Dapur Umami di Facebook. Berbekal bahan-bahan di dapur, saya pun meracik resep nugget sederhana ini. Walau nggak menang, tapi saya senang bisa menemukan resep baru untuk camilan keluarga dan bekal untuk anak ke sekolah.

Baca juga : Resep pisang goreng balut cokelat ini bisa Mama sajikan sebagai variasi camilan

Resep Nugget Mi Stick


Bahan-bahan :


- 4 butir telur (2 butir untuk adonan, 2 butir untuk campuran tepung panir)

- Daun bawang iris tipis

- 200 gr mi telur (rebus dan potong-potong)

- 1 wortel, potong dadu kecil

- 100 gr keju parut

- 150 gr fillet daging ayam, potong kotak kecil atau haluskan

- 200 gr tepung serba guna (terserah yang mana untuk resep ini saya pakai sajiku)

- 100 ml susu cair

- Garam

- Bawang putih

- Merica

- Kaldu bubuk (optional)

- Mayones

- Saus tomat

- Minyak goreng

Cara membuat :

1. Campur mi telur yang sudah di rebus dan di potong-potong, campurkan wortel, susu, keju, ayam, bumbu (bawang putih, merica, garam, kaldu bubuk), 2 butir telur, tepung serbaguna, keju dan susu cair. Aduk hingga tercampur rata.

2. Sementara itu Mama bisa siapkan dandang atau kukusan yang sudah di beri air dan sudah di panaskan sampai mendidih.

3. Setelah adonan nugget tercampur rata, masukkan ke dalam loyang (saya memakai loyang silicone). Kalau tidak ada loyang, bisa di masukkan ke plastik es kemudian ikat kencang. Apabila Mama memakai loyang aluminium, jangan lupa oleskan margarin atau mentega terlebih dahulu supaya adonannya tidak lengket kalau sudah matang.

4. Kukus adonan nugget selama kurang lebih 45 menit sampai matang sempurna.

6. Setelah matang, angkat adonan nugget dari kukusan kemudian pindahkan ke luar supaya lebih cepat dingin.

7. Apabila adonan sudah dingin, adonan nugget bisa kita potong sesuai selera Mama, ya. Mama bisa loh memakai cutter beraneka bentuk seperti cutter bentuk ikan, cutter bentuk bunga dan lain-lain . Supaya anak kita lebih semangat mkan nugget nya ya Ma. Atau kalau Mama tidak mempunyai cutter, bisa di potong kecil-kecil panjang seukuran jari kelingking. Mudah kan, Ma ?

8. Sisa 2 telur yang ada masukkan ke dalam mangkuk, kocok rata. Siapkan juga kurang lebih 10 sendok makan tepung serbaguna dalam wadah yang berbeda.

9. Masukkan nugget yang sudah di potong-p0tong ke dalam adonan telur kemudian gulingkan ke dalam tepung serbaguna hingga semua nugget terbalur tepung. Lebih baiknya sih simpan terlebih dulu selama 30 menit supaya tepung menempel sempurna di adonan, tetapi kalau mau langsung di goreng nggak masalah.

10. Goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan.

11. Nugget bisa di sajikan dengan saus botolan atau mayones, sesuai selera keluarga kita.

*Catatan :

- Untuk memastikan adonan nugget sudah matang sempurna atau belum, dicoba pakai tes tusuk (lidi atau garpu). Jika masih ada adonan yang menempel berarti belum matang.

- Jangan lupa untuk selalu mengecek air di dandang kukusan ya, Ma.

Baca juga : Egg Flan - Variasi sarapan sehat sehat bergizi yang bisa Mama coba biar keluarga nggak bosan

Resep nugget mi stick ini praktis bukan? Cocok banget untuk Mama yang lagi pusing mikir camilan sehat pengganti junk food untuk keluarga di akhir pekan seperti ini. Bahan-bahan untuk resep nugget ini pun murah meriah, mudah ditemui dan biasanya Mama nyetok di dapur.

Selamat mencoba, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resep Nugget Mi Stick - Camilan Dengan Bahan Murah Meriah dan Bikinnya pun Gampang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indriyas Wahyuni | @indriyaswahyuni

Blogger, Freelancer, Book & Food Lover Blog : http://www.indriariadna.com

Silahkan login untuk memberi komentar