Resep Puding Roti Keju Vanilla Ini Bisa Mama Bikin Dengan Memanfaatkan Roti Sisa di Rumah

Resep Puding Roti Keju Vanilla Ini Bisa Mama Bikin Dengan Memanfaatkan Roti Sisa di Rumah

4.2K
Resep puding kali ini memanfaatkan sisa roti tawar yang mama punya di rumah. So, jika mama masih punya beberapa lembar lagi, bisa dicoba resep puding yang satu ini. Dijamin ketagihan dan rasanya nggak kalah kayak di toko bakery.

Bosan nggak ma tiap beli roti selalu saja disajikan dengan selai ataupun keju? Sesekali bisa lah, ya, kita variasikan roti dengan resep puding yang ada.

Kadang nih roti tawar yang dibeli selalu menyisakan beberapa lembar di meja makan atau di kulkas dan pada akhirnya harus dibuang karena sudah berjamur. Pernah nggak mama mengalaminya? Kalau saya sih sering *hiks, sebenarnya bukan mau boros dan mubazir, tapi kadang saya suka lupa dengan tanggal kedaluwarasnya dan sukses deh rotinya terbuang percuma.

Setelah googling sana sini, buka Instagram para food blogger, akhirnya saya menemukan satu resep puding yang pas untuk divariasikan dengan roti sisa ini. Kali ini saya membuat resep Puding Roti Keju Vanilla yang terinspirasi dari dari resep Tripple Chocolate Bread Pudding milik Mbak Eliza Messy-Corner di Instagram. Berhubung roti yang ada di rumah adalah roti tawar putih, jadi resepnya saya modifikasi sedikit. Ada juga saya tambahan bahan lain seperti keju slice yang ternyata nih, Ma, bikin puding ini terasa manis, gurih dan lembut!

Karena roti sisa yang saya punya masih banyak, maka resep puding saya bikin dua kali. Hasilnya lumayan banyak lho, Ma untuk dijadikan camilan di rumah, bekal ke kantor dan bekal anak ke sekolah.

Resep Puding Roti Keju Vanilla


Bahan - bahan

8 lembar Roti Tawar, potong kotak atau bisa tanpa di potong

160 gr whipcream cair

5 1/2 sdm gula pasir

500 ml susu cair

4 lembar Keju cheddar slice

3 sdm butter salted – lelehkan (jika menggunakan unsalted, tambahkan sejumput garam dalam adonan)

4 butir telur utuh

1 butir kuning telur

1 sdt vanilla extract

Almond

Kismis

Cara Membuat

1. Siapkan oven suhu 180•

2. Tata sebagian Roti tawar di aluminium foil, atau pinggan tahan panas yang telah di oles margarin.

3. Kocok telur menggunakan ballon whisk, lalu masukkan whipcream cair hingga rata.

4. Masukkan susu cair dan gula pasir kedalam adonan telur, lalu aduk hingga gula tercampur rata.

5. Masukkan vanilla extract, dan terakhir masukkan butter leleh. Aduk rata.

6. Tuang sebagian adonan ke dalam tatanan roti.

7. Letakkan keju slice secara merata diatas roti yang sudah dibasahi adonan.

8. Tata kembali sisa potongan roti

9. Tuang kembali adonan sisa diatas roti sampai habis.

10. Taburi dengan almond dan kismis

11. Panggang Puding Roti selama ± 45-50 menit atau sampai matang

12. Pada waktu pemanggangan, adonan roti akan membumbung tinggi, jangan khawatir teruskan memanggang sampai selesai. Setelah keluar dari oven, puding akan mengempis dan apabila di dinginkan di kulkas puding akan menjadi set .

Baca juga : Resep apem kukus dari nasi sisa untuk mama yang nggak mau repot

Resep puding ini enak disajikan dingin atau panas. Kalau mau dinikmati dingin, ada baiknya mama memasukkannya ke dalam kulkas setelah uapnya hilang. Mau dinikmati selagi hangat pun bisa, mama tinggal masukkan ke dalam microwave sebentar. Kalau saya sih, lebih suka dingin, lebih terasa campuran keju, roti, almond, kismis di dalam mulut.

Sekarang mama nggak perlu pusing lagi kan mencari alternatif resep untuk roti sisa yang mendekati kedaluwarsa, resep puding roti ini adalah solusi yang tepat. Bisa mama sajikan untuk keluarga di akhir pekan atau pengganti junk food yang selama sepekan ini sering dikonsumsi mama yang terlampau sibuk atau anak-anak yang pengin coba menu baru di salah satu restoran junk food terkenal itu.

Selamat mencoba, Ma!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resep Puding Roti Keju Vanilla Ini Bisa Mama Bikin Dengan Memanfaatkan Roti Sisa di Rumah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Liza Chan | @lizachan

Silahkan login untuk memberi komentar