Resep Soto Betawi Gampang yang Bisa Dipraktikkan Bahkan oleh Mama yang Baru Mau Belajar Masak

Resep Soto Betawi Gampang yang Bisa Dipraktikkan Bahkan oleh Mama yang Baru Mau Belajar Masak

91
Yuk, Ma bikin sendiri resep soto Betawi ini di rumah. Dijamin deh resep soto Betawi ini antigagal bahkan untuk Mama yang baru mau belajar masak.

Indonesia kaya akan resep soto! Rasanya pun endeus banget. Saya salah satu penggemar soto, pun dengan keluarga. Dalam seminggu, pasti ada hari saya membeli soto ayam kampung langganan untuk keluarga.

Dari sekian banyak resep soto yang udah dicoba, soto betawi ini agak sedikit beda karena menggunakan santan sebagai kuahnya.

Singkat cerita, karena saking penasaran dengan soto betawi, saya meminta Abang untuk makan siang di restoran kecil dekat rumah. Kelezatan soto betawi ini sudah sering saya dengar dari tetangga, makanya jadi penasaran deh. Dan lucky me, restoran itu menyajikan soto betawi yang bikin saya ketagihan!

Walaupun menggunakan santan, tapi nggak enek, justru terasa segar karena kucuran air jeruk limau. Apalagi disantap dengan emping. Alamakjang! Maknyus banget!

See, Indonesia memang surga kuliner!

Kalau Mama pengin cobain makan soto betawi, yuk dimasak sendiri saja. Mudah kok cara masak resep soto ini. Yah, kayak soto pada umumnya, hanya beda sedikit pada bahan saja. Nggak membutuhkan skill masak yang wow banget.

Berhubung lagi musim hujan, hidangan soto ini bisa Mama sajikan untuk keluarga.


BACA JUGA


Resep Soto Banjar Kalimantan Selatan - yang Gurih dan Segar untuk Santap Siang atau Menjadi Menu Arisan

Resep Soto Banjar Kalimantan Selatan - yang Gurih dan Segar untuk Santap Siang atau Menjadi Menu Arisan

Soto memang punya kekhasan sendiri-sendiri menurut daerah asalnya. Kita cobain resep soto Banjar yuk, Ma! Temukan sensasi gurih dari ...

Read more..


Resep Soto Betawi


Bahan:


500 gram daging sapi (campur jeroan juga bisa)

250 ml santan kental dan cair (dari 1 butir kelapa)

2 cm jahe, memarkan

4 cm lengkuas, memarkan

3 lembar daun salam

2 batang serai, memarkan

1 sdm mentega

Air


Bumbu halus:

1 sdt merica

½ sdt jinten, disangrai lalu ditumbuk halus

1 sdt ketumbar, disangrai lalu ditumbuk halus (mau pakai yang sachetan bisa)

1 biji pala, memarkan lalu sangrai

3 butir kemiri, sangrai

7 butir bawang merah

4 siung bawang putih

Garam


Pelengkap:

Tomat, diiris sesuai selera

Kerupuk emping

Daun bawang yang diiris halus

Bawang goreng

Sambal


BACA JUGA


Resep Soto Lamongan - Tanpa Ayam Kampung, Tetap Gurih Loh Rasanya, Ma!

Resep Soto Lamongan - Tanpa Ayam Kampung, Tetap Gurih Loh Rasanya, Ma!

Resep soto tanpa ayam kampung ternyata enak juga. Kalau Mama takut pakai ayam biasa karena bau, resep soto yang satu ini bisa Mama coba

Read more..


Cara membuat:


1. Didihkan air, masukkan daging sapi-jeroan, juga jahe dan lengkuas.

2. Rebus hingga empuk. Angkat daging, tiriskan. Sisa air rebusan tadi jangan dibuang.

3. Tumbuk semua bumbu halus kecuali lada putih bubuk.

4. Tumis bumbu halus hingga wangi, lalu masukkan santan cair dan mentega. Biarkan hingga mendidih.

5. Tuangkan sisa kaldu tadi, lalu masukkan serai dan daun salam. Masak hingga wangi, mendidih. Jangan lupa diaduk ya biar tercampur bener.

6. Masukkan santan kental. Aduk hingga mendidih, jangan biarkan meletup sendiri tanpa diaduk karena akan menjadi santan pecah.

7. Aduk hingga susut sedikit. Tambahkan garam, koreksi rasa. Aduk sebentar. Matikan kompor

8. Angkat dan sajikan.

Catatan :

- Berbagai resep soto betawi yang ada saya cek pakai susu UHT. Tapi, dalam resep soto ini sengaja saya skip. Kenapa? Entah ya, demi kesehatan saya skip saja. Hahaha. Lagian pakai santan udah gurih, dan lezat kok.

- Bagi pemula pasti bingung nih santan kental dan santan cair. Santan kental: kelapa parut direndam dengan air panas nggak banyak ya, jangan sampai air lebih banyak dari kelapa. Setelah nggak panas, saring dan remas semua kelapa. Santan cair: air kedua setelah santan kental. Dari sisa kelapa parut yang sudah disaring dan diremas pertama sebelumnya, tuang lagi air ke dalam loyang berisi kelapa parut, diaduk dengan tangan dan remas-remas lalu saring.


BACA JUGA



See, resep soto betawi ini mudah banget Ma!

Disajikan ganti-gantian dengan soto ayam, sop konro sepertinya ide yang bagus, Ma. Biar keluarga nggak bosan yes?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resep Soto Betawi Gampang yang Bisa Dipraktikkan Bahkan oleh Mama yang Baru Mau Belajar Masak". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar