Resep Tekwan - Daripada Beli, Mending Bikin Sendiri Di Rumah Yuk, Ma!

Resep Tekwan - Daripada Beli, Mending Bikin Sendiri Di Rumah Yuk, Ma!

3.7K
Resep tekwan barangkali masih jarang Mama coba untuk bikin di rumah. Daripada beli, mending dibikin sendiri aja Ma resep tekwan, biar puas untuk dimakan.

Selain pempek, tekwan adalah makanan dari Palembang yang banyak diminati oleh banyak orang. Barangkali ada di antara Mama yang favorit mencicipi tekwan? Kalau begitu, nggak ada salahnya mencoba resep tekwan yes di rumah.

Tekwan adalah penganan khas Palembang yang dibuat dari campuran ikan dan tepung tapiokan, lalu dibentuk bulat dan disajikan dengan kuah serta soun. Rasanya yummy banget ya, Ma kalau disantap saat cuaca mendung atau lagi santai kumpul keluarga.

BACA JUGA


Resep Masakan Ikan - Pepes Ikan Tenggiri, Bisa Mama Sajikan Sebagai Variasi Menu Harian Keluarga

Resep Masakan Ikan - Pepes Ikan Tenggiri, Bisa Mama Sajikan Sebagai Variasi Menu Harian Keluarga

Resep masakan ikan sering banget yes kita cari karena menggoreng ikan kemudian dicocol sambal atau ikan dibikin sambal balado sebagai menu ...

Read more..

Menikmati tekwan di rumah nggak kalah asyik kok dengan yang di restoran. Malah lebih enak, bisa sambil nonton film, baca buku ataupun ngobrol santai dengan Papa dan anak-anak. Ditambah minum es teh rasanya nikmat betul ya, Ma.

Penasaran pengin bikin tekwan di rumah? Yuk, disimak resep tekwan ini Ma.

Resep Tekwan

Bahan:

250 gr fillet ikan tengiri

1 butir putih telur

25 ml air es

25 gr tepung terigu

4 siung bawang putih, haluskan

1/2 sdt garam

1/4 sdt penyedap rasa (jika suka)

Bahan kuah:

50 gr jamur kuping, iris memanjang

25 gr sedap malam

75 gr bengkoang, iris memanjang

100 gr udang segar

1/2 sdt merica bubuk

5 siung bawang putih, haluskan

1 sdt ebi, rendam dengan air panas, tiriskan, sangrai lalu haluskan

2 sdm minyak untuk menumis

800 ml air

1 batang daun bawang, iris halus

1 sd gula pasir

garam secukupnya

Pelengkap:

100 gr soun, seduh dengan air panas, lalu tiriskan

50 gr ketimun, potong dadu

1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat :

Campur daging ikan tengiri dengan air es, masukkan ke dalam copper, proses sampai halus.

Tambahkan garam, merica bubuk, bawang putih dan penyedap rasa, proses kembai sampai rata lalu angkat.

Rebus air sampai mendidih, lalu kecilkan api. Ambil 1/2 sdm adonan ikan, bentuk bulat lalu masukkan ke dalam air mendidih.

Lakukan sampai adonan habus.

Rebus sampai bola ikan mengapung, Angkat, lalu tiriskan.

Sisihkan air rebusan untuk kuah kaldu.

Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan ebi dan udang, aduk rata. Masak sampai udang berubah warna. ANgkat, sisihkan.

Rebus kembali kauh kaldu sampai mendidih, masukkan tumisan bawang ptih dan udang. Tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk, irisan daun bawang, aduk rata.

Tambahkan jamur kuping, bengkoang, dan bunga sedap malam. Aduk rata.

Masukkan tekwan, rebus sampai mendidih kembali.

Siapkan mangkuk saji, tata soun dan irisan ketimun, tuang kuah dan tekwan. Taburi dengan irisan daung bawang dan bawang merah goreng di atasnya.

Sajikan hangat dengan pelengkap sambal, kecap manis dan jeruk nipis.

BACA JUGA


Resep Masakan Ikan Makarel Tepung Sambal Matah

Resep Masakan Ikan Makarel Tepung Sambal Matah

Resep masakan ikan yang selama ini Mama masak seringnya dimasak, balado atau goreng terus dicocol sambal? Kalau gitu Mama mesti coba resep ...

Read more..

Memang sih agak sedikit lama bikinnya untuk resep tekwan ini. Tapi dijamin deh pasti Mama puas makannya! Nggak perlu bayar lagi untuk nambah. Hehehe...

Selamat mencoba, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resep Tekwan - Daripada Beli, Mending Bikin Sendiri Di Rumah Yuk, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Kay N | @karennirwasita

Just me and my world of silence.

Silahkan login untuk memberi komentar