Ruangan di Dalam Rumah Terasa Sempit, Ma? 5 Trik Ini Akan Membuatnya Berkesan Lebih Luas!

Ruangan di Dalam Rumah Terasa Sempit, Ma? 5 Trik Ini Akan Membuatnya Berkesan Lebih Luas!

2.2K
Some people look for a beautiful place. Others make place beautiful. ~ Hazrat Inayat Khan

Betapa bahagianya kalau akhirnya kita bisa mendapatkan rumah impian kita. Iya nggak sih, Ma? Kata orang, home is where our heart is. So, meski kecil, pasti rasanya bahagia banget deh.

Dan, you know, tinggal dalam rumah kecil tak seharusnya membuat kita nggak merasa nyaman, bukan?

Yang kita perlukan adalah menatanya sedemikian rupa, hingga ruangan rumah yang sempit tetap terasa luas dan nyaman. Nah, hal ini bisa dicapai misalnya dengan menyesuaikan furniture atau perabotan yang dipergunakan, permainan warna dan cahaya, juga memaksimalkan ruang sirkulasi.

Dan, untuk bisa menata ulang rumah, Mama sebenarnya bisa melakukannya sendiri, nggak perlu bantuan desainer interior profesional. Nah, berikut adalah beberapa trik untuk membuat ruangan sempit menjadi terasa luas yang mungkin dapat Mama praktikkan.


1. Turunkan ketinggiannya


Sumber: remodellista

Pada prinsipnya, untuk menciptakan kesan ruangan yang luas, adalah sebisa mungkin memberikan ruangan kosong di setiap sudut rumah. Salah satunya, pada dinding.

Jangan penuhi dinding rumah Mama dengan barang-barang atau aksesoris. Jangan tutup seluruh dinding dengan furniture, juga jangan penuhi dengan hiasan gantung. Pilihlah furniture-furniture yang ketinggiannya rendah, antara 75 – 100 cm. Kalaupun Mama membutuhkan lemari pakaian yang besar, lebih baik pecahlah menjadi beberapa lemari kecil. Atau Mama bisa juga tetap menggunakan lemari tersebut, tapi sisakan ruangan yang kosong juga di sekitarnya.


2. Pilihlah furniture yang berkesan ringan


Sumber: portender[dot]com

Furniture yang berkesan ringan adalah furniture yang menampakkan kaki-kakinya yang ramping.

Jangan memilih furniture dengan kaki yang besar, karena akan tampak berat. Sebaiknya Mama juga harus menghindari sofa fully-upholstered, atau sofa yang tertutup kain hingga ke kaki-kakinya. Jika Mama memang menginginkan sofa untuk hadir dalam ruangan kecil Mama, pilihlah yang berukuran tak terlalu besar, menampakkan kaki-kaki yang ramping, dan bergaya minimalis.


3. Pasang aksesoris yang tepat


Sumber: hotelkiya[dot]com

Jika Anda ingin menambahkan hiasan pada dinding Anda, cermin adalah pilihan yang tepat.

Cermin akan memantulkan kembali bayangan ruangan rumah kecil Mama yang akan menambah kesan luas di dalamnya. Namun ini juga nggak berarti bahwa Mama harus memenuhi setiap ruangan dengan cermin, ya. Mama bisa memadupadankannya dengan pigura-pigura foto keluarga berukuran kecil yang dikomposisikan sedemikian rupa, atau bisa juga memadukannya dengan poster-poster simpel yang menambah motivasi hidup Mama sekeluarga.


4. Singkirkan tirai dan karpet


Sumber: 87ist[dot]com

Tirai akan mempersempit area pandang, baik antar ruangan maupun keluar rumah. Jika memang Mama tetap menginginkan ada korden yang bisa menutup jendela, mungkin di malam hari, pilihlah yang berbahan ringan dan berwarna yang sama dengan warna dinding ruangan Mama. Pastikan untuk selalu membukanya di pagi hari, agar ruangan terasa lega dan juga agar sinar matahari bisa masuk dengan leluasa.

Hal yang sama berlaku juga untuk karpet. Saat karpet dibentangkan di dalam ruangan, maka terciptalah “ruangan” di dalam ruangan, sehingga akan menambah kesan sempit dalam ruangan tersebut. Ruang sempit dalam rumah bisa diatasi dengan menambahkan ruang terbuka, tentunya hal ini tak bisa didapatkan dengan menambahkan “ruangan” lain di dalam ruang tersebut, bukan? Jadi, sebaiknya simpan saja karpet Mama, pergunakan hanya saat Mama memang membutuhkannya.


5. Pilih rak-rak terbuka dan modular


Sumber: lowes[dot]com

Rak modular adalah rak-rak minimalis yang biasanya hanya terdiri atas kotak-kotak simpel, yang bisa disusun bagaikan puzzle. Rak-rak seperti ini memang cocok sekali Mama pergunakan jika Mama memerlukan tempat untuk memajang koleksi pernak pernik, buku, dan sebagainya. Rak-rak modular memungkinkan Mama untuk menyusunnya sedemikian rupa disesuaikan dengan ketersediaan tempat tanpa membuatnya tampak penuh.


Dengan beberapa trik yang bisa membuat ruang sempit terasa luas di atas, rumah kecil Mama sekeluarga akan semakin nyaman untuk ditinggali.

Rumah yang nyaman merupakan awal dari sebuah keluarga yang bahagia. Betul, Ma?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ruangan di Dalam Rumah Terasa Sempit, Ma? 5 Trik Ini Akan Membuatnya Berkesan Lebih Luas!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar