Saat Anak Tak Suka Membaca Buku, Apa yang Harus Mama Lakukan? Cukup 5 Hal Ini Saja!

Saat Anak Tak Suka Membaca Buku, Apa yang Harus Mama Lakukan? Cukup 5 Hal Ini Saja!

5K
Membaca buku itu sangat mengasyikkan! Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari buku. Tapi, gimana kalau anak nggak suka membaca buku? Apa yang harus kita lakukan?

Nggak seperti kakaknya yang sangat hobi membaca buku sehingga koleksi buku di kamarnya nyaris sudah seperti perpustakaan mini, Dinda (7.5 tahun) tak tertarik pada buku sejak dia kecil. Dia lebih suka bermain boneka, mengoleksi pernak pernik rambut, dan suka bermain games fashion di gadget mamanya. Dia tak suka membaca buku.

Mama Dinda tentu sudah berusaha memperkenalkan dan mengajaknya untuk membaca buku bersama-sama sejak kecil. Berbagai buku dongeng telah dibacakan untuk Dinda, ya pastinya dengan harapan supaya Dinda suka membaca buku seperti kakaknya. Bahkan, sampai sekarang pun, masih juga telaten mengingatkan Dinda untuk bergaul lebih banyak dengan buku. Tapi apa, Ma? Setiap kali diminta membaca, Dinda selalu menjawab, “Malas ah, Ma!”

Wah! Apakah Mama punya pengalaman yang sama dengan mama Dinda? Bagaimana perasaan Mama saat menyadari bahwa si kecil nggak suka membaca buku? Gelisah, karena Mama selalu berpendapat bahwa buku sumber ilmu, gimana nanti dia bisa belajar ini dan itu kalau nggak suka membaca buku? Atau, Mama santai saja karena Mama juga nggak suka membaca buku? Hehehe.


BACA JUGA


Yuk, Tetap Membaca Buku Meski Mama Sibuk Luar Biasa, Luangkan Waktu dengan 5 Tips Berikut!

Yuk, Tetap Membaca Buku Meski Mama Sibuk Luar Biasa, Luangkan Waktu dengan 5 Tips Berikut!

Membaca buku barangkali merupakan hobi yang paling mudah ya, Ma. Nggak butuh bakat khusus, nggak butuh keterampilan aneh-aneh. Yang penting ...

Read more..


Well, jika Mama merasa gelisah, you’re not alone, Ma. Memang namanya anak-anak, mereka kan sudah berkembang menjadi pribadi yang utuh ya. Sudah punya kemauan, punya kesukaan, dan akan menolak hal yang nggak disukai. Satu sisi ini baik, karena berarti dia sudah mengenal dirinya sendiri. Dia tahu mana yang cocok untuknya dan mana yang tidak. Anak yang demikian juga berarti juga anak yang sudah pandai membuat keputusan, Ma. Sehingga tidak bisa tidak, kita harus menghargainya.

Namun, di sisi lain, duh, sedih nggak sih, anak kita nggak suka membaca buku? Iya sih, semua toh bisa didapatkan di internet di zaman sekarang. Tapi, bagaimanapun, informasi yang lebih akurat dan lebih detail pasti didapat dari buku, demikian pula soal ilmu pengetahuan.

Semua ada di buku.

Pastinya Mama akan khawatir ya kalau sampai anak tak suka membaca buku?

Well, Mama bisa melakukan beberapa hal berikut agar bisa pelan-pelan membujuk si kecil untuk mau membaca buku lebih banyak.


Saat si kecil nggak suka membaca buku, lakukanlah 5 tips ini.


1. Biarkan anak memilih buku yang diinginkan


Ensiklopedi anak mungkin memang bacaan yang bagus buat anak-anak karena full berisi ilmu pengetahuan yang akan berguna untuknya di masa mendatang, dan Mama pasti pengin banget agar anak mau membacanya ya.

Tapi, kalau ia masih suka membaca buku seri Princess atau Franklin ketika diajak ke toko buku, ya kenapa enggak, Ma? Turuti saja keinginannya membeli buku-buku yang disukainya. Namun, Mama juga tetap saja membelikan buku-buku bagus yang lebih ‘berat’, dan membujuk dia untuk membaca buku tersebut. Suatu hari barangkali ia akan tertarik.


2. Arahkan pada buku yang sesuai dengan minatnya


Untuk kasus seperti Dinda di atas, sebenarnya sudah terlihat minat Dinda ke arah mana. Kemungkinan dia suka segala hal yang berhubungan dengan fashion. Nah, ini bisa Mama jadikan sebagai 'senjata'.

Buku-buku anak sekarang sudah makin beragam. Mama bisa memilihkan buku dengan bahasan yang sesuai dengan minat si kecil. Dinda, misalnya, yang suka fashion, bisa dibelikan buku-buku stiker lepas tempel interaktif yang memungkinkannya memadu padan baju dengan tokoh karakter dalam cerita. Buku interaktif seperti ini banyak sekali, Ma, dijual di pasaran.

Jika si kecil suka hal-hal seputar mobil, Mama juga bisa membelikannya buku serba serbi tentang mobil. Pilihkan buku yang punya ilustrasi menarik, agar anak suka. Minta saja dia langsung memilih sendiri, Ma.

Saat anak menyadari bahwa dia bisa menggali minatnya melalui buku, maka dia pasti nggak keberatan untuk lebih dekat lagi dengan buku.


3. Daftarkan dia sebagai anggota perpustakaan


Atau bisa juga di taman bacaan, Ma.

Selain mendorongnya untuk lebih rajin membaca buku, katakan bahwa dia bisa saja bertemu dengan anak lain yang suka membaca buku di perpustakaan atau di taman bacaan tersebut.

Nah, dengan demikian, bisa jadi kan, dia lebih termotivasi untuk gemar membaca.


4. Batasi menonton TV dan main gadget


Ya, Mama. Kedua benda ini terbukti paling besar bisa menyita waktu anak di luar aktivitas sekolah. Gadget dan televisi.

So, meski mungkin akan sulit, sebaiknya terapkan disiplin ketat sejak dini soal batasan waktu menonton televisi dan main gadget. Selain tak baik untuk perkembangan jiwanya (sudah banyak penelitian mengenai hal ini ya), terlalu banyak menonton televisi dan gadget juga nggak terlalu baik pula untuk kesehatannya, seperti kesehatan mata dan juga tak baik karena anak terlalu banyak duduk.

Jika anak sudah tak terlalu banyak menonton televisi dan main gadget, maka dia pun punya waktu lebih banyak untuk kegiatan lain, termasuk membaca buku.


5. Ciptakan tempat yang nyaman untuk membaca buku


Mama tak harus menyediakan satu ruangan khusus sebagai perpustakaan mini di rumah kok, cukuplah satu sudut saja disulap menjadi pojok membaca buku. Misalnya, di ruang keluarga.

Letakkanlah rak-rak rendah tempat ia bisa meletakkan buku-bukunya, dan menyediakan karpet dengan bantal-bantal bersarung lucu dengan warna favoritnya atau bisa juga kursi empuk untuk membaca.

Dijamin deh, tempat tersebut akan membuatnya rajin ‘mojok’ untuk membaca buku.

Ah, ya, kapan-kapan kita bahas deh berbagai desain pojok membaca buku di rumah ini ya, Ma!


BACA JUGA


Ini Dia 13 Buku Anak Terasyik Sepanjang Masa versi Rocking Mama!

Ini Dia 13 Buku Anak Terasyik Sepanjang Masa versi Rocking Mama!

The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you'll go. ~ Dr. Seuss

Read more..


Nah, itu dia 5 tips yang bisa Mama lakukan untuk anak yang nggak suka membaca buku untuk bisa dekat kembali dengan buku.

Well, sebenarnya ada satu lagi sih, dan ini yang terpenting. Perlihatkan padanya bahwa Mama pun senang membaca buku. Orangtua yang senang membaca buku pastinya akan memiliki anak-anak yang senang membaca juga, karena mereka adalah peniru yang baik kan, Ma?

Well, Mama, semoga tips mengajak anak suka membaca buku di atas bermanfaat ya!

Selamat membaca bersama si kecil ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Saat Anak Tak Suka Membaca Buku, Apa yang Harus Mama Lakukan? Cukup 5 Hal Ini Saja!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar