Saat Mendidik Anak, Jangan Pernah Lupa untuk Mengajarkan 10 Keterampilan Dasar Hidup Ini pada Mereka!

Saat Mendidik Anak, Jangan Pernah Lupa untuk Mengajarkan 10 Keterampilan Dasar Hidup Ini pada Mereka!

4.4K
Mendidik anak yang sudah dititipkan pada kita itu memang tak pernah mudah. Ada banyak hal yang harus segera kita ajarkan dan biasakan, agar saat mereka besar nanti mereka pun bisa menyesuaikan diri dengan baik dengan lingkungannya.

Dalam mendidik anak, orangtua selalu menginginkan mereka unggul dalam segala hal. Entah itu di bidang akademik maupun non akademik. Setuju nggak, Ma? Angka-angka pun menjadi tolak ukur untuk hal ini.

Nah, salah satu kesalahan umum lain dari orangtua juga adalah mengharapkan bahwa anak-anak akan belajar segala hal dari sekolah. Memang benar, sekolah itu ada untuk mendidik anak kita, mengembangkan kecerdasan mereka. Tetapi perlu Mama ingat, bahwa ada keterampilan dasar tertentu yang hanya bisa dipelajari di rumah, dan dari Mama pastinya.

Kemampuan ini disebut keterampilan hidup atau life skills, yang kelak akan membantu anak-anak kita dalam menjalani hidup dan bisa bertahan pada situasi darurat.


BACA JUGA


Bagaimana Menjelaskan Mengenai Teror Kekerasan dan Situasi Darurat Pada Anak?

Bagaimana Menjelaskan Mengenai Teror Kekerasan dan Situasi Darurat Pada Anak?

Children learn more from what you are, than what you teach. ~ Unknown

Read more..


Mendidik anak seputar keterampilan hidup ini sangatlah penting, Ma. Dan satu juga, mengembangkan hal ini tuh butuh proses ya, Ma. Keterampilan hidup untuk anak-anak harus dipelajari dan dikembangkan bahkan selama bertahun-tahun.

So, apakah Mama sudah mendidik anak dan memberikan 10 keterampilan hidup ini sebelum Mama mendaftarkannya pada les ini itu yang sekarang si kecil ikuti? Kalau belum, well, ada baiknya Mama memikirkannya kembali, karena semua adalah demi kebaikan dan survival anak di masa depan nanti.


10 keterampilan hidup dasar yang jangan sampai Mama lupakan saat mendidik anak.


1. Memasak


Memasak tak mengenal gender, bisa dilakukan anak laki-laki maupun perempuan. Yes?

Untuk mengajarinya memasak, Mama bisa meminta si kecil untuk membantu Mama di dapur sebagai langkah awal. Bisa Mama minta dia untuk mengambilkan gula, garam atau terigu.

Secara bertahap Mama akan melihat bahwa si kecil akan menikmati proses dan kegiatan memasak akan menjadi mudah baginya. Ini merupakan hal yang baik, karena juga akan menanamkan etiket makan yang sehat dan sopan. Mama sudah mendidik anak dan mengajarinya, bahwa makan masakan rumah lebih terjamin kebersihannya dan terjangkau kantong, pastinya.

Keterampilan dasar ini penting untuk dirinya kelak saat memutuskan untuk memilih pendidikan di tempat lain yang jauh dari Mama, atau si kecil bisa memasak makanan untuk dirinya sendiri selagi Mama tidak ada di rumah.


2. Keterampilan bertahan hidup di alam liar


Bawalah si kecil ke perkemahan untuk melatih keterampilan dasar hidup ini, Ma. Kalau Mama merasa kesulitan mengajarkan yang satu ini, mintalah Papa yang melakukannya. Biasanya para papa nih yang memang lebih jago dalam hal ini.

Dengan mengikutkannya dalam kegiatan perkemahan, akan mendidik anak dan mengajarkan keterampilan dasar pada anak-anak bagaimana membangun tempat penampungan, memasak di atas api unggun, bergerak dengan aman di medan berbahaya dan lain sebagainya.

Keterampilan dasar ini akan membantu anak-anak membangun kepercayaan diri, juga kemandirian. Dan di saat bersamaan si kecil akan mengalami petualangan yang menyenangkan.


3. Dasar-dasar berkebun di rumah


Keterampilan hidup ini sering dilewatkan oleh para orangtua, berkebun.

Ini adalah keterampilan hidup yang mengajarkan dan mendidik anak untuk menghormati dan menghargai alam, juga menjadi mandiri jika diperlukan. Jadikan kebun belakang rumah atau depan rumah Mama sebagai area pelatihan keterampilan ini.

Anak-anak dapat belajar keterampilan dasar tentang bagaimana cuaca memengaruhi tanaman, bagaimana benih berkecambah, bagaimana tukang kebun mengatasi masalah tanaman, memilih tanah yang baik dan lain sebagainya.

Agar lebih menyenangkan, Mama bisa menamai tanaman atau pohon sesuai dengan nama si kecil dan lihatlah bagaimana mereka tumbuh bersama.


4. Berenang


Mama bisa mengajarkan keterampilan hidup yang penting ini pada saat aktivitas dalam air. Si kecil perlu belajar bagaimana cara berenang walaupun Mama tidak tinggal dekat dengan air.

Ini adalah salah satu keterampilan yang mungkin tidak hanya akan menyelamatkan diri sendiri, Ma, tapi juga orang lain.


5. Pertolongan pertama saat kecelakaan


Cukup sering bukan anak-anak melukai diri sendiri saat bermain, Ma?

Jadi pastinya akan perlu sekali ya, mendidik anak soal keterampilan yang satu ini. Malah sepertinya harus menjadi pelatihan prioritas utama bagi mereka.

Si kecil harus belajar bagaimana menyelamatkan diri sendiri dan orang lain dari kecelakaan serta dalam keadaan darurat. Dan ajarkan dia juga bagaimana menggunakan alat-alat P3K.


6. Mengatur keuangan


Keterampilan hidup ini juga penting dan bisa Mama ajarkan pada anak-anak sejak dini, Ma.

Ajarkan mereka nilai uang dan bagaimana cara menabung serta menyimpan uang untuk digunakan di masa depan. Bimbinglah mereka dalam menghitung berapa banyak uang yang dibutuhkan saat mereka hendak membeli sesuatu atau punya keinginan, lalu berapa uang yang harus tetap mereka sisihkan kembali untuk ditabung.


7. Mencuci baju


Ini juga termasuk keterampilan survival lho, Ma. Siapa tahu kan, mereka nanti akan keluar rumah dan harus hidup terpisah dengan Mama dan Papa. Selain memasak sendiri, pastinya mereka harus bisa mencuci baju sendiri. Ya masa mau ngandelin jasa laundry kiloan terus?

Jika Mama berhasil mendidik anak-anak untuk bisa mencuci baju, Mama tak hanya mengajarkan soal kebersihan saja. Namun juga soal merawat baju agar lebih awet, menghargai setiap baju yang melekat di badan, dan juga soal kerapian karena mereka kan nanti juga harus melipat baju-baju mereka sendiri.


8. Memperbaiki alat-alat rumah tangga


Jika Mama perhatikan, anak-anak selalu ingin tahu apa yang ada di dalam televisi, kulkas, mesin cuci maupun ponsel. Betul?

Yes, jadi jangan halangi kekepoan mereka untuk tahu lebih banyak mengenai peralatan yang ada di sekitar mereka. Beri mereka motivasi untuk belajar sesuatu yang lebih banyak lagi dan lagi.

Tak perlu yang sulit-sulit, Ma. Mama bisa mulai dari mengajarinya untuk mengganti bola lampu belajar mereka sendiri, memperbaiki toilet yang tersumbat, ataupun cara mematikan gas.

angan lupa mengingatkan mereka, Ma, mengenai keamanan saat menangani barang-barang elektronik ya.


9. Keterampilan melindungi diri


Mama tak selamanya bersama-sama dengan si kecil sepanjang waktu untuk melindungi mereka bukan?

Jadi mengapa Mama tidak mengikutkan mereka dalam kelas keterampilan bela diri, seperti karate atau pencak silat? Pelajaran tersebut tidak hanya akan memungkinkan anak untuk mencegah setiap serangan tiba-tiba, itu juga akan membantu dalam pengembangan cara berpikirnya. Juga bisa menambah kepercayaan dirinya lho, Ma.

Apalagi dengan maraknya kasus perundungan atau bullying belakangan ini. Keterampilan satu ini pasti akan dapat melindungi mereka.


10. Mengatur waktu


Mama harus mulai mendidik anak dan mengajarkannya, bagaimana mengelola waktu dengan baik sedini mungkin.

Ajarkan dia untuk bangun pagi, lalu segera bersiap-siap sekolah agar tak sampai terlambat. Juga saat sore hari, bangun tidur siang, lalu bermain sebentar sih oke saja. Tapi jangan sampai lupa waktu sehingga lupa belajar.

Ajarkan mengenai kapan waktu bermain, waktu belajar, waktu tidur, waktu makan dengan jelas. Dengan demikian, saat dia tumbuh, dia akan tahu bagaimana mengelola waktu secara efisien.


BACA JUGA


Dalam Mendidik Anak, Selalu Ucapkanlah 11 Kalimat Positif Ini Setiap Waktu Pada Mereka!

Dalam Mendidik Anak, Selalu Ucapkanlah 11 Kalimat Positif Ini Setiap Waktu Pada Mereka!

Mendidik anak bukanlah perkara mudah. Setuju? Terkadang anak-anak pun ingin mendapat kalimat-kalimat positif dari Mama, nggak selalu hanya ...

Read more..


Iya, Ma. Mendidik anak yang sudah dititipkan pada kita itu memang tak pernah mudah. Ada banyak hal yang harus segera kita ajarkan dan biasakan, agar saat mereka besar nanti mereka pun bisa menyesuaikan diri dengan baik dengan lingkungannya.

Semoga 10 keterampilan hidup untuk anak-anak ini juga bisa membantu Mama dalam mengembangkan rasa kepemimpinan saat mereka tumbuh.

Jika Mama merasa ada keterampilan hidup yang penting lainnya yang seharusnya ada di dalam daftar ini tapi belum ada, yuk, berbagi dengan Rocking Mama di kolom komen.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Saat Mendidik Anak, Jangan Pernah Lupa untuk Mengajarkan 10 Keterampilan Dasar Hidup Ini pada Mereka!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar