Saat Sedang Mengasuh Anak, Jangan Pernah Lupa untuk Ucapkan 3 Kalimat Ini Pada Mereka Agar Mereka Berkembang dengan Baik!

Saat Sedang Mengasuh Anak, Jangan Pernah Lupa untuk Ucapkan 3 Kalimat Ini Pada Mereka Agar Mereka Berkembang dengan Baik!

1.2K
Ada 3 jenis kalimat yang harus selalu kita ucapkan saat mengasuh anak pada mereka setiap hari. Ya. Setiap hari!

Apa Papa Mama sudah tahu? Menurut penelitian dari University of Maryland School of Medicine, rata-rata perempuan bisa berbicara 20.000 ribu kata per hari, sedangkan pria 7. 000 kata per hari? Banyaknya! Dan, dari semua kata itu, seberapa banyak yang kita ucapkan secara sia-sia saat mengasuh anak?

Hmmm. Banyak juga sepertinya ya! Duh, jadi mubazir banget kan? Seharusnya kita bisa menggunakan sebegitu banyak kata-kata untuk menolong si kecil mengembangkan dirinya. Eh ... malah disia-siakan dengan berbagai kalimat negatif yang kita lontarkan pada mereka saat kita mengasuh anak.

Nah, agar semua kalimat yang kita keluarkan itu, nggak sia-sia dan membawa dampak yang baik untuk si kecil, yuk, Ma, kita coba melatih diri mengucapkan banyak kalimat positif saat mengasuh anak kita agar menghasilkan sesuatu positif pula.

Dari semua kalimat positif itu, menurut Bu Yeti Widiati, Psikolog, ada 3 kalimat wajib yang sebaiknya kita ucapkan setiap harinya saat mengasuh anak. Apa saja sih itu?


BACA JUGA


Hai, Orangtua, Mau Mengasuh Anak dengan Bijak? Kalau Begitu, Jangan Katakan 8 Kalimat Ini pada Si Kecil!

Hai, Orangtua, Mau Mengasuh Anak dengan Bijak? Kalau Begitu, Jangan Katakan 8 Kalimat Ini pada Si Kecil!

Mengasuh anak dengan bijak itu tak cuma membutuhkan teori, namun terutama membutuhkan hati. So, sediakan hati Mama selalu untuk mereka ...

Read more..


3 kalimat wajib yang diucapkan saat mengasuh anak setiap hari


1. Ungkapan cinta kita terhadap anak

Seperti:

“Dek, Mama sayang Dedek!”

"Kak, Mama minta peluk dong! Kalau dipeluk, capek Mama ilang deh!"


2. Permohonan maaf kita pada anak

Seperti:

“Maaf ya, tadi Mama udah marah-marah nggak jelas ke Dedek!”

"Duh, jalannya macet banget, Kak! Jadi telat deh jemputnya. Maaf ya, Kak!"


3. Harapan kita pada anak

Seperti:

“Dede, jadi anak yang sholeh, yaa!”

"Nah, kalau Kakak rajin belajar, pasti nanti ulangan gampang deh!"


Ketiga kalimat tersebut, bisa diucapkan salah satunya saja atau langsung ketiganya saat mengasuh anak. Jangan lupa, kita sertai juga dengan sentuhan fisik ya, seperti, sambil memeluk, membelai, serta mengecupnya.

Semakin sering kita melakukan pengulangan kata-kata tersebut saat mengasuh anak, secara tidak langsung, cara ini bisa dikatakan kita sedang memberikan hipnoterapi pada anak.


BACA JUGA


Wahai, Papa Muda, Galau Mengasuh Anak? Coba Tiru Semangat Taylor 'MMMBop' Hanson Membesarkan 5 Buah Hatinya!

Wahai, Papa Muda, Galau Mengasuh Anak? Coba Tiru Semangat Taylor 'MMMBop' Hanson Membesarkan 5 Buah Hatinya!

MMMbop, ba duba dop/ Ba du bop, ba duba dop/ Ba du bop, ba duba dop/ Ba du, yeah... *dancing around

Read more..


Mengapa ya, 3 kalimat itu wajib kita ucapkan saat mengasuh anak setiap harinya?


1. Membangun bonding orang tua dengan anak

Banyak sekali ya, Ma sebenarnya manfaat yang bisa kita dapatkan, ketika kita mampu mengasuh anak dan membangun bonding yang kuat dengan anak.

Salah satunya, yaitu anak jadi lebih mudah mendengarkan kata-kata kita dibandingkan orang lain. Hal ini tentu saja akan dapat melindungi anak dari pengaruh buruk yang datang dari luar.


2. Memberikan konsep positif pada diri anak

Ketika kita sedang mengasuh anak sambil berkata, “Dede, jadi anak yang sholeh, ya!”, di saat yang sama kita sedang memberikan konsep diri yang positif pada anak.

Bahwa pastinya, ia akan berusaha menjadi anak yang sholeh sesuai harapan orang tuanya.


3. Mengajarkan kata maaf pada anak

Sebelum kita mengasuh anak dan mengajarkannya untuk mengucap kata ajaib tersebut, terlebih dahulu anak perlu melihat contoh itu dari kita, orang tuanya.

Jadi, Papa dan Mama, jangan sungkan ya untuk meminta maaf pada anak kita, jika memang kita salah.

Terkadang kita suka nggak sadar mengucapkan kata-kata yang kurang pantas pada mereka. Apalagi kalau badan lagi nggak fit atau lagi capek, kita jadi emosian deh. Jadi nggak sengaja marahin, berteriak, atau bahkan ada yang sampai memukul anak.

Aduh! Janganlah ya, soalnya suka bikin kita ngerasa bersalah pada anak akhirnya. Nah, biar nggak menyesal, mendingan sebelum anak tidur malam, jangan lupa kita untuk meminta maaf pada mereka jika kita sempat salah saat mengasuh anak setiap harinya.


4. Agar anak merasa dicintai

Tak semua rasa cinta itu mudah dicerna oleh anak-anak. Saat mengasuh anak, selain kita buktikan dengan perbuatan, rasa cinta pun perlu diucapkan. Agar anak akan lebih mudah untuk memahaminya, dan tahu bahwa betapa orang tuanya sangat mencintainya.


5. Meningkatkan rasa percaya diri anak

Dengan selalu mengatakan kalimat-kalimat tersebut pada mereka saat kita mengasuh anak, akan membuat anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan tidak mudah dibully oleh orang lain.

Tahu sendiri kan, Ma, sekarang kasus pembullyan semakin meningkat. Jadi, Mama pasti setuju pentingnya untuk membuat anak merasa percaya diri ini.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Cara Sederhana Mendidik Anak untuk Selalu Berpikir Positif

Ini Dia 7 Cara Sederhana Mendidik Anak untuk Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif sangat penting dalam keseharian kita. Setuju, Ma?Dengan perilaku ini, kita bisa mengenali hal-hal negatif yang terjadi dan ...

Read more..


Kapan saja ya, kita perlu mengucapkan 3 kalimat itu?


1. Ketika anak sadar

Seperti, ketika anak baru bangun tidur, ketika bermain dan bercanda dengan anak, dan lain-lain.


2. Tidak sadar

Ucapkan ketiga kalimat di atas langsung, sebelum anak tidur dan menuju ke bawah alam sadarnya dan bisikkan ke telinga anak sambil membelai rambutnya.


BACA JUGA


Dalam Mendidik Anak, Selalu Ucapkanlah 11 Kalimat Positif Ini Setiap Waktu Pada Mereka!

Dalam Mendidik Anak, Selalu Ucapkanlah 11 Kalimat Positif Ini Setiap Waktu Pada Mereka!

Mendidik anak bukanlah perkara mudah. Setuju? Terkadang anak-anak pun ingin mendapat kalimat-kalimat positif dari Mama, nggak selalu hanya ...

Read more..


Jika, kalimat ini sering kita ulang setiap harinya saat mengasuh anak, maka otak anak secara tidak langsung akan menangkap informasi tersebut, dan informasi itu akan langsung disalurkan ke alam bawah sadarnya, dan anak secara perlahan berperilaku seperti informasi yang ia dapatkan.

Nah, setelah kita tahu kalimat apa saja yang sebaiknya kita ucapkan saat mengasuh anak setiap harinya dan manfaatnya, lalu kenapa tidak kita memulainya dari sekarang? Karena masa kecil anak hanya sekali dan tak akan pernah terulang kembali.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Saat Sedang Mengasuh Anak, Jangan Pernah Lupa untuk Ucapkan 3 Kalimat Ini Pada Mereka Agar Mereka Berkembang dengan Baik!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yeni Sovia | @yenisovia

Bunda Erysha / IRT / Blogger www.yenisovia.com

Silahkan login untuk memberi komentar