Sakit Saat Datang Bulan? Barangkali Mama Sendiri yang Menyebabkannya Karena 5 Kebiasaan Ini!

Sakit Saat Datang Bulan? Barangkali Mama Sendiri yang Menyebabkannya Karena 5 Kebiasaan Ini!

2.3K
Sering merasa sakit saat datang bulan? Tahu nggak sih, Ma, bahwa rasa sakit saat datang bulan itu bisa jadi karena Mama sendiri yang menyebabkannya loh!

Setiap perempuan di tiap bulannya pasti kedatangan tamu khusus ya, Ma. Ya, menstruasi aka datang bulan (kecuali bagi Mama yang sedang mengandung, ya).

Mama pernah mengalami sakitnya perut saat PMS? Atau mengalami mood-swing dan menyalahkan hormon? *dengar ada yang jawab "YAAA!", ada juga yang jawab, "Enggak!"*

Well, sebenarnya sih, setiap perempuan memiliki kondisi berbeda pada saat datang bulan. Saya punya cerita. Suatu ketika, teman sekelas saya, perempuan, merintih kesakitan sambil menangis keras. Ya pastinya sih jadi menarik perhatian orang seisi ruanganlah ya, meskipun, untungnya, saat itu kelas sedang istirahat, hanya beberapa orang saja yang berada di kelas, termasuk saya. Awalnya, saya kira dia kesurupan, karena meronta-ronta gitu, Ma, dan keluar air mata. Ternyata, pas saya dekati dan bertanya langsung, ada yang jawab, "Ini lho, dia lagi 'dapet' hari pertama".

Ealah. Hmmm, berlebihan? Ya, mungkin juga sih.

Tapi, Ma, memang tidak sedikit perempuan yang mengalami sakit yang amat sangat sebelum dan saat datang bulan.


BACA JUGA


Ini Dia 4 Penyebab Haid Tak Teratur yang Harus Mama Ketahui!

Ini Dia 4 Penyebab Haid Tak Teratur yang Harus Mama Ketahui!

Haid tak teratur kadang bikin pening, ya, Ma. Udah mikir macam-macam deh, mulai dari hamil lagi atau ada penyakit yang bersarang dalam tubuh ...

Read more..


Keterangan medis menyatakan bahwa jika Mama merasakan sakit yang tidak biasa (selain sakit perut atau pegal di bagian pinggang), berarti ada kemungkinan Mama punya penyakit. Penyakit yang umumnya diderita oleh perempuan yang sering mengalami nyeri berlebih saat datang bulan yaitu adenomyosis, miom, dan infeksi.

Akan tetapi, perlu Mama tahu bahwa ada beberapa hal yang memperburuk kondisi Mama saat datang bulan.

Mengutip dari Glamour, studi yang dilakukan oleh Mental Daily terhadap 2000 perempuan usia 18-29 tahun menyatakan, bahwa sebenarnya rasa sakit yang Mama rasakan saat datang bulan, itu bisa jadi penyebabnya adalah dari kebiasaan buruk yang Mama lakukan sendiri.

Nah loh.


Kebiasaan buruk apa yang bisa membuat Mama merasakan sakit saat datang bulan?


1. Kecemasan dan stres kerja


Yap! Bagi para ibu bekerja pasti ngangguk-ngangguk nih saat baca poin nomor 1 ini.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Mental Daily, stres pada ibu bekerja atau cemas tentang pekerjaan menempati posisi teratas yang menjadi pemicu Mama merasakan datang bulan yang lebih 'menyakitkan'.

Dari 2000 partisipan, 98% di antaranya menempatkan stres kerja atau kecemasan perihal kerja sebagai pemicu utama 'bad period'.

Kok bisa, ya?

Para pakar kesehatan mental menyatakan bahwa stres kerja dapat meningkatkan risiko Mama mengalami depresi, bahkan bunuh diri.

Hah? Masa karena datang bulan dan stres, lalu bunuh diri?

Ya, risikonya meningkat, Ma.

So, untuk mengurangi derita rasa sakit karena stres pekerjaan ini, maka lakukanlah peregangan selama beberapa menit ketika Mama terlalu lama berhadapan dengan layar laptop, atau ketika memeriksa seabrek dokumen penting. Kondisi mental Mama dapat memengaruhi kondisi fisik juga, lho. Makanya, kenapa Mama merasa saat sibuk di tempat kerja dan datang bulan hari pertama rasanya 'sudah jatuh tertimpa tangga'. Tarik napas, tahan, buang... Inhale ... exhale ...

Semangat Ma, semangat!


2. Konsumsi kafein


Ternyata, 78% dari 2000 partisipan merasakan 'datang bulan yang lebih buruk' ketika mereka mengonsumsi kafein sementara masih in period.

Kopi!

Yes, selama datang bulan sebaiknya Mama menyeduh teh saja deh untuk sarapan. Selain kopi, minuman bersoda juga mengandung kafein, ma. Jangan sampai Mama sudah menghindari kopi, tapi malah meneguk sekaleng minuman soda ya. Sama saja!

Mengonsumsi kafein pada saat datang bulan dapat menyebabkan kram pada perut. Itu dia mengapa haid Mama terasa lebih menyakitkan. Air mineral saja yang paling aman, ya, Ma.


3. Mengonsumsi makanan asin


Mengonsumsi makanan yang asin dan berlemak saat datang bulan juga dapat menyebabkan kram pada perut, Ma. Tingkat hormon tertentu pada tubuh Mama meningkat ketika Mama mengonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi.

So, say no to junk food selama datang bulan ya, Ma! Kentang goreng, burger, kebab, nanti dulu deh! Bhay!


4. Alkohol


Nah! Ini dia penyebab suasana hati Mama bisa berubah-ubah tak menentu, seperti ABG aka ababil.

Yes, Ma, alkohol!

Mengonsumsi alkohol sebelum (saat PMS) dan selama datang bulan dapat menyebabkan tingkat magnesium dalam tubuh menurun, dan Mama mengalami dehidrasi.

Gejala lainnya? Bisa ditebak, mood-swing, sakit kepala, bahkan depresi.


5. Rokok


Bagi Mama yang merupakan perokok aktif, tahan dulu deh selama kurang lebih seminggu period tersebut.

Faktanya, merokok saat datang bulan berdampak pada hormon estrogen, testosteron, dan progesteron, Ma. Hormon-hormon tersebutlah yang menjalankan peranan krusial saat Mama PMS. Nggak karuan deh, rasanya.

Kalau ada Mama yang merasa saat datang bulan justru nggak nafsu makan dan pengin merokok saja sepanjang hari karena merasa lebih baik, itu cuma sugesti, Ma. Fakta medis berkata lain.

So, 'puasa' rokok dulu ya, Ma agar haid tidak terasa jauh lebih buruk daripada biasanya.



Nahhh ... Sekarang, sudah tahu kan Ma, kebiasaan apa saja yang bisa membuat masa datang bulan Mama lebih buruk. Jangan lupa untuk mengganti pembalut maksimal 4 jam sekali ya. Juga minum jamu kunyit asam, agar nyeri saat datang bulan segera reda.

Selamat menerapkannya, Ma! And stay healthy!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sakit Saat Datang Bulan? Barangkali Mama Sendiri yang Menyebabkannya Karena 5 Kebiasaan Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda

Silahkan login untuk memberi komentar