Sebelum Persalinan, Sempatkan Diri untuk Ber-Babymoon Demi Kesehatan dan Kewarasan!

Sebelum Persalinan, Sempatkan Diri untuk Ber-Babymoon Demi Kesehatan dan Kewarasan!

1.8K
Liburan sebelum datangnya hari persalinan itu perlu untuk menambah kebahagiaan Mama dan Papa.

Sudah tak sabar menanti hari persalinan tiba dan menyambut kehadiran si buah hati, Ma? Yah, semua ibu hamil pasti merasakannya ya.

Namun, dalam masa penantian hari persalinan ini, nggak jarang membuat para ibu baru juga merasa lelah, stres, bahkan sampai ada yang mengalami baby blues duluan, karena merasa tak siap dengan kondisi baru tersebut.

Maka, sebelum Mama memasuki dunia ibu baru, ada baiknya Mama persiapkan diri lebih dulu dengan cara memberi ‘hadiah’ perjalanan libur berdua dengan suami sebelum persalinan. Liburan ini biasa disebut sebagai babymoon.

Yes, menyongsong hari persalinan tiba untuk menyambut kelahiran bayi dengan suasana hati yang bahagia pastinya akan menambah kebahagiaan saat akhirnya bertemu dengan bayi Mama nanti. Lagipula, saat buah hati Mama lahir nanti, boro-boro buat liburan, buat berduaan sama Papa aja susaaaah!

Nah, makanya, Ma, ayo manfaatkan kualitas liburan babymoon dengan tips berikut.


BACA JUGA


Ini Dia 6 Tips Aman Berkendara Saat Hamil

Ini Dia 6 Tips Aman Berkendara Saat Hamil

Kehamilan tak mencegah kami untuk selalu aktif bergerak

Read more..


Tips menikmati babymoon sebelum hari persalinan tiba

1. Lakukan pada trimester kedua


Saat kehamilan Mama memasuki trimester kedua, saat itu pulalah Mama mulai merasa nyaman dengan kondisi tubuh Mama sendiri. Lagipula, biasanya dokter tidak menyarankan Mama bepergian di trimester pertama, perjalanan juga barangkali akan terganggu oleh morning sickness.

Begitu juga pada trimester ketiga. Semakin dekat ke hari persalinan, semakin besar perut Mama, maka semakin sulit buat Mama jalan jauh. Ruang gerak Mama pun akan terganggu.


2. Hindari pergi sendiri


Idealnya, mintalah Papa untuk menemani ber-babymoon sebelum hari persalinan tiba.

Tujuannya, agar Papa siap membantu Mama jikalau Mama mengalami kondisi darurat. Jika suami tidak bisa menemani, pastikan ada orang terdekat Mama yang ikut, misalnya kakak, adik, ibu, atau sahabat ya.

Jangan pergi sendirian.


3. Pilih lokasi liburan yang tak terlalu jauh

Yes, pilihlah lokasi liburan yang nggak membutuhkan waktu tempuh perjalanan lebih dari 6 jam.

Tujuan utama dari liburan sebelum persalinan ini kan untuk istirahat dan relaksasi, Ma. Perjalanan jauh bisa jadi membuat tubuh Mama malah terlalu lelah dan stres.


4. Gunakan transportasi yang aman

Dalam perut, ada janin yang harus dijaga keamanan dan kenyamannya. Tempat duduk moda transportasi tidak sempit, sehingga masih ada ruang agar kaki bisa diluruskan.

Pastikan juga tidak ada goncangan yang hebat selama dalam perjalanan.


5. Konsultasikan dengan dokter


Kondisi kandungan Mama juga perlu dilihat, apakah layak untuk menempuh perjalanan atau tidak. Apalagi jika Mama akan pergi ke luar kota atau keluar negeri. Termasuk apakah Mama perlu mendapatkan vaksin atau tindakan preventif tertentu.


BACA JUGA


Ibu Hamil Harus Selalu Sehat dan Bebas Stres! Maka Lakukanlah 7 Hal Berikut, Ma!

Ibu Hamil Harus Selalu Sehat dan Bebas Stres! Maka Lakukanlah 7 Hal Berikut, Ma!

Ibu hamil harus selalu sehat dan bahagia, itu pasti! Karena kebahagiaan dan kesehatan Mama berarti juga adalah kebahagiaan dan kesehatan si ...

Read more..


6. Lokasi penginapan dekat dengan fasilitas kesehatan


Pastikan ada rumah sakit dan klinik terdekat dengan lokasi hotel atau wisata tempat Mama melakukan babymoon, untuk antisipasi jika ada sesuatu terjadi pada diri Mama.

Jangan lupa untuk minta dokter rujukan yang dekat lokasi penginapan Mama, serta bawalah juga buku periksa kehamilan untuk mempermudah melihat sejarah kandungan Mama.


7. Persiapkan kebutuhan kehamilan dengan benar

Jangan sampai ada kebutuhan yang ketinggalan ya, Ma.

Catatan nomor telepon penting, obat atau vitamin dari dokter, bantal, kipas angin, permen penghilang mual, dan lotion anti nyamuk yang aman untuk ibu hamil, wajib dibawa.

Liburan sebelum persalinan tiba ini harus bisa dinikmati tanpa waswas.


8. Jangan sembarang minum air

Ibu hamil memang mudah haus, tapi jangan mudah terpedaya oleh minuman yang dijajakan di lokasi rekreasi atau di pinggir jalan.

Lebih baik Mama membawa air mineral kemasan yang dibeli dari toko terpercaya.


9. Lakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan dan romantis


Image via Flytographer

Yes, karena nanti setelah persalinan, Mama akan susah menemukan waktu buat berdua saja bareng Papa, maka lakukan hal-hal yang menyenangkan selagi bisa.

Misalnya menonton bioskop atau teater, menonton pertandingan olahraga, melakukan perawatan spa, makan malam di outdoor, jalan-jalan di pantai, dan sebagainya.

Pokoknya have fun, Mama! Nikmati suasana berdua saja, mumpung belum ada tangis bayi.


10. Hindari kegiatan berat


Yes, hindari melakukan kegiatan high impact atau yang berbahaya untuk ibu hamil, seperti menyelam, memanjat, bersepeda atau berlari.


BACA JUGA


Sedang Hamil dan Harus Traveling, Berikut Beberapa Hal yang Harus Mama Perhatikan Supaya Tetap Sehat, Aman dan Nyaman

Sedang Hamil dan Harus Traveling, Berikut Beberapa Hal yang Harus Mama Perhatikan Supaya Tetap Sehat, Aman dan Nyaman

Meski hamil, kita selalu dituntut untuk selalu aktif. Termasuk kadang juga harus melakukan perjalanan atau traveling. Supaya aman dan tetap ...

Read more..


Nah, dengan beberapa tip di atas, kita bisa memastikan deh, bahwa kesempatan liburan sebelum persalinan Mama tiba akan menyenangkan.

Selamat berlibur, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sebelum Persalinan, Sempatkan Diri untuk Ber-Babymoon Demi Kesehatan dan Kewarasan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar