Sedang Hamil dan Harus Traveling, Berikut Beberapa Hal yang Harus Mama Perhatikan Supaya Tetap Sehat, Aman dan Nyaman

Sedang Hamil dan Harus Traveling, Berikut Beberapa Hal yang Harus Mama Perhatikan Supaya Tetap Sehat, Aman dan Nyaman

2.5K
Meski hamil, kita selalu dituntut untuk selalu aktif. Termasuk kadang juga harus melakukan perjalanan atau traveling. Supaya aman dan tetap sehat selama traveling meski sedang hamil, berikut beberapa hal yang harus Mama perhatikan

Meskipun sedang hamil, Mama harus bergerak dan tetap dinamis ya, Ma. Karena dengan tetap aktif selama hamil, bisa membuat Mama menjalani kehamilannya dengan lebih baik.

Begitupun saat Mama dituntut untuk tetap bepergian, untuk urusan pekerjaan, misalnya. Nggak bisa enggak, ya harus traveling, baik itu jauh atau dekat. Sebisa mungkin hamil jangan sampai menghalangi aktivitas kita.

Nah, karena kondisinya agak berbeda dengan kehamilan Mama ini, pastinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, supaya Mama dan juga janin dalam kandungan Mama tetap sehat dan selamat.


BACA JUGA


Traveling Saat Hamil dan Beberapa Hal yang Harus Mama Perhatikan demi Kenyamanan Mama Sendiri

Traveling Saat Hamil dan Beberapa Hal yang Harus Mama Perhatikan demi Kenyamanan Mama Sendiri

Traveling saat hamil? Mengapa tidak? Kondisi hamil seharusnya tak membuat seorang mama berhenti melakukan aktivitas yang disenanginya. So, ...

Read more..


Kali ini ini saya akan share beberapa pengalaman saya saat harus traveling saat hamil, khususnya dengan menggunakan pesawat, mobil, dan kereta. Perhatikan apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan selama perjalanan ya, Ma.


Saat Hamil dan Bepergian dengan Pesawat Terbang

Jika Mama berada dalam kondisi yang menuntut untuk bepergian jauh dan perjalanan harus ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang, maka sebaiknya Mama dan janin dalam kandungan harus berada dalam kondisi yang sehat dan tidak sedang sakit.

Usia kehamilan Mama sebaiknya juga masih di bawah 32 minggu. Biasanya, maskapai penerbangan akan membatasi perjalanan seorang ibu hamil hanya untuk perjalanan selama 1-2 jam jarak tempuh, apabila kandungannya berusia di atas 28 minggu.

Sebelum berangkat menggunakan pesawat terbang, Mama wajib berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter kandungan mengenai aktivitas yang akan Mama lakukan ini. Jika diperlukan, Mama dapat meminta surat rekomendasi dari dokter kandungan Mama yang menyatakan bahwa Mama dan janinnya dalam kondisi sehat dan bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang.

Saat berada di dalam pesawat terbang, usahakan Mama duduk di posisi yang nyaman ya. Apabila terasa pegal, Mama bisa jalan-jalan sebentar di dalam kabin pesawat untuk sedikit relaksasi. Namun tetap perhatikan keamanannya ya, Ma. Jika perlu, mintalah bantuan pada pramugari/pramugara untuk membantu Mama beraktivitas di dalam pesawat.

Saat hamil, biasanya Mama akan cepat merasa lapar ataupun haus. Meskipun beberapa maskapai pesawat terbang menyediakan makan, minum, dan snack, namun ada baiknya jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman sendiri ya, Ma, sebagai cadangan.


Saat Hamil dan Bepergian dengan Mobil


Mau melakukan perjalanan dengan mobil? Boleh juga, Ma. Namun sebaiknya yang jarak dekat saja ya, atau maksimal 5 - 6 jam per hari saja, karena jika lebih dari itu perjalanan akan terasa melelahkan bagi Mama.

Apabila memang terpaksa, maka sebaiknya Mama memilih menggunakan mobil yang nyaman. Selalu gunakan sabuk pengaman untuk melindungi Mama dan janin dalam kandungan dari bahaya dan goncangan.

Mobil yang dilengkapi dengan air bag bisa dipilih untuk melindungi Mama dan juga pengemudi. Selalu aktifkan air bag ini ya Ma. Tapi sepertinya, akan lebih nyaman dan aman bagi Mama, kalau Mama naik dan duduk di kursi tengah saja.

Usahakan untuk berhenti setiap 2 jam sekali terutama bila Mama sudah merasakan pegal-pegal di punggung, pinggang ataupun kaki.

Saat berhenti ini, turunlah dari mobil dan lakukan peregangan. Berhentilah di tempat yang aman dan teduh ya, Ma. Bisa berhenti di pom bensin, warung makan, rest area, atau di tempat wisata. Bersantailah sejenak sembari makan, minum, buang air kecil dan juga menikmati lingkungan sekitar.


Saat Hamil Bepergian dengan Kereta


Perjalanan dengan kereta api biasanya adalah perjalanan yang panjang dan lama, sehingga sebaiknya Mama dan janin dalam kondisi yang benar-benar sehat. Usia kandungan terbaik saat melakukan perjalanan dengan kereta api adalah di trimester kedua (usia kandungan 4 - 6 bulan).

Sebaiknya, Mama jangan pergi dadakan, agar Mama bisa mendapatkan tempat duduk yang nyaman. Pesan tiket kereta api online jauh-jauh hari. Saat hari H perjalanan tiba, datanglah minimal 30 menit sebelum keberangkatan supaya ada waktu untuk check in dan juga istirahat sejenak.

Barang bawaan jangan terlalu banyak ya, Ma, apalagi jika Mama bepergian sendiri saja. Kalau memang terpaksa sih Mama dapat minta tolong pada porter untuk membawakan barang-barang. Pokoknya, jangan angkut-angkut sendiri ya. Ongkos porter di stasiun sekitar Rp 5.000 - Rp 10.000, tergantung jumlah barang yang dibawa. Tapi, sebenarnya sih, Mama jangan bepergian naik kereta sendirian, Ma. Kalau ada apa-apa gimana dong? Sebaiknya Mama selalu ada yang menemani saat harus bepergian jauh, apalagi sedang hamil.

Saat naik dan turun kereta api, tunggulah sampai agak lengang, supaya tidak perlu ikut berdesak-desakan. Jaga alat komunikasi ataupun handphone Mama tetap menyala. Jangan lupa bawa powerbank ya, oh, atau bawa charger juga bisa karena di dalam kereta sekarang sudah disediakan gratis. Dengan selalu menjaga baterai handphone selalu menyala, maka ibu hamil dapat menghubungi keluarga dengan cepat apabila ada sesuatu.

Di dalam kereta, Mama bisa jalan-jalan supaya nggak pegal.

Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Jangan pakai sepatu berhak tinggi karena akan menyulitkan. Jenis sepatu flats, sandal terbuka, atau sepatu kets akan lebih sesuai. Baju juga sebaiknya kenakan yang longgar, menyerap keringat, dan tidak panas. Dengan mengenakan baju dan sepatu yang nyaman, perjalanan Mama dengan naik kereta api bisa dinikmati.


BACA JUGA


Mau Traveling Bareng Balita dan Bingung Persiapannya? Berikut Ini Beberapa Tips Praktis yang Bisa Mama Coba!

Mau Traveling Bareng Balita dan Bingung Persiapannya? Berikut Ini Beberapa Tips Praktis yang Bisa Mama Coba!

Melakukan traveling bersama balita itu memiliki tantangan tersendiri, perjalanan menjadi semakin berwarna namun di sisi lain membutuhkan ...

Read more..


Nah, itu dia tips-tips dari saya untuk Mama yang ingin bepergian saat hamil, baik dengan pesawat terbang, mobil, ataupun kereta api. Insya Allah, aman jika Mama harus bepergian jauh meskipun sedang hamil ya, asal tetap memperhatikan tips-tips di atas. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Mama punya pengalaman pergi jauh selama hamil? Yuk, sharing di kolom komentar, gimana pengalamannya. Boleh juga bagikan tulisan ini jika sekiranya ada teman-teman Mama juga yang butuh informasi ini.

Happy traveling, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sedang Hamil dan Harus Traveling, Berikut Beberapa Hal yang Harus Mama Perhatikan Supaya Tetap Sehat, Aman dan Nyaman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Armita Fibriyanti | @Armita

Ibu dari dua orang putra yang saat ini menekuni pekerjaan sebagai konsultan nama bayi dan perusahaan, penerjemah dokumen, dan blogger.

Silahkan login untuk memberi komentar