Segera Pulih Setelah Melahirkan? Berikut 5 Langkah yang Akan Bisa Membantu Mama!

Segera Pulih Setelah Melahirkan? Berikut 5 Langkah yang Akan Bisa Membantu Mama!

735
Setelah melahirkan, Mama pada umumnya sangat bahagia secara psikis. Tapi, bagaimana dengan kondisi fisik?

Pastinya lega banget ya, Ma, jika sudah melewati penantian panjang selama kurang lebih 36 minggu, Mama akhirnya bisa melihat langsung malaikat kecil Mama setelah melahirkan.

Selama ini kan, Mama dan Papa cuma bisa melihat si bayi lewat USG, atau kadang-kadang merasakan telapak kakinya tampak di permukaan perut Mama ketika ia menendang-nendang selama masa kandungan. Duuuh, gemes!

Akhirnya, seluruh keluarga besar, tim medis, dan kerabat juga bisa ikut menyambut hangat kehadiran malaikat kecil Mama ke dunia. Haru, syukur, dan nggak bisa dipungkiri, lelah juga ya, Ma, dari saat kontraksi sampai si bayi lahir.

Beberapa mama melahirkan dengan proses normal, dan beberapa mama lainnya harus melalui operasi caesar. Persalinan normal, tentunya akan lebih membutuhkan banyak tenaga untuk mengejan dan mengatur napas. Sementara, persalinan dengan operasi caesar perlu proses anestesi terlebih dahulu. Barangkali memang lebih cepat, namun proses penyembuhan akibat pembedahan akan lebih lama.

Untuk kembali ke kondisi fisik semula setelah melahirkan, tentu dibutuhkan waktu dan asupan yang sesuai, baik setelah melahirkan melalui persalinan normal atau caesar, atau mungkin Mama pernah mengalami keduanya?


BACA JUGA


Sudah Siapkah si Bayi Baru Lahir Pulang dari Rumah Bersalin? Ayo, Cek Persiapan Mama!

Sudah Siapkah si Bayi Baru Lahir Pulang dari Rumah Bersalin? Ayo, Cek Persiapan Mama!

Si bayi baru lahir sudah siap diajak pulang? Apakah rumah sudah siap menyambutnya? Yang penting, nikmati setiap detik bersama si bayi baru ...

Read more..


Memang ada mama yang begitu cepat pulih kondisinya setelah melahirkan, namun ada juga yang tidak. Butuh ekstra kerja keras agar kelelahan dan segala keriweuhan bisa diatasi.

Well, padahal kalau tidak segera diatasi, bisa menyebabkan depresi pada Mama, dan itu bahaya banget, Ma. Pasti sudah membaca beberapa artikel di Rocking Mama mengenai postpartum depression dan baby blues syndrome kan?

Yuk, Ma, segera pulihkan kondisi Mama setelah melahirkan yuk! Rocking Mama punya tips untuk membantu Mama mempercepat pemulihan kondisi fisik setelah melahirkan.


Berikut 5 langkah yang akan membantu pemulihan Mama setelah melahirkan.


1. Tetap terhidrasi


Sebetulnya, kapan pun, saat mengandung, sebelum atau setelah melahirkan Mama harus tetap terhidrasi.

Tapi, beda, Ma. Kebutuhan mineral wanita saat hamil dan kondisi setelah melahirkan akan lebih banyak daripada wanita tidak mengandung. Jika pada umunya, rata-rata orang harus minum minimal 2 liter air per hari, maka Mama yang berada dalam masa nifas atau setelah melahirkan membutuhkan minimal 3 liter air!

Nah, jadi nggak ada alasan untuk malas minum air karena takut keseringan buang air kecil, ya. Demi kondisi fisik Mama juga, kok. Saat tubuh Mama terhidrasi, Mama akan punya cukup energi untuk beraktivitas seharian, dan juga akan mengurangi mood swing yang biasa dialami para mama setelah melahirkan.


2. Tidur yang berkualitas


Kenapa bukan tidur yang cukup, melainkan tidur yang berkualitas? Karenaquality over quantity, Ma.

Rasanya cukup sulit untuk tetap tidur 7 jam sehari saat Mama baru saja melahirkan pasti ya?

Well, tempat tidur yang bersih, suasana nyaman dan sunyi, dan cahaya yang redup akan membantu Mama mendapatkan tidur yang berkualitas. Ketika tidur, manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin. Jangan sampai Mama cuma tidur-tidur ayam karena tubuh dalam posisi tidur, sementara pikiran melayang ke dapur atau urusan kantor yang tetap harus dikontrol meskipun sedang cuti melahirkan.

Rileks ya, Ma, ada Papa siaga yang bisa diandalkan saat Mama lagi tidur, bukan?


3. Jangan memaksakan diri

Well, Mama mungkin memang seorang supermom, tapi Mama juga manusia yang punya keterbatasan.

So, give yourself a break, Ma. Nggak usah merasa nggak enakan atau merasa bersalah ketika beberapa hal tidak bisa Mama kendalikan dalam satu waktu.

Toh, memang prioritas utama sekarang adalah bayi Mama, meski tanpa meninggalkan kewajiban Mama yang lain.


4. Meminta bantuan


Secara naluriah, wanita yang baru menyandang status baru sebagai seorang mama, pasti masih belum paham banget soal mengurus bayi sampai perintilan tentang 'do' and 'dont' nya.

Ya, jangan segan untuk meminta bantuan ya, Ma. Siapa pun bisa kok dimintai bantuan. Papa, mama mertua, mama sendiri, bahkan kakak si bayi pun bisa kok dikaryakan.

Apalagi kalau ada orang kepercayaan, misalnya si mbak ART atau babysitter. Akan lebih baik lagi kan? You don't have to do it all by yourself!


5. Bersosialisasi


Aduh, boro-boro bersosialisasi. Nggak ada waktu deh!

Hal yang satu ini yang biasa Mama abaikan nih, Ma. Padahal, penting loh untuk bisa bersosialisasi, minimal dengan tetangga.

Kalau Mama mager keluar rumah, Mama tetap bisa bersosialisasi secara online. Bergabunglah dengan forum mama-mama baru atau mama muda lain yang juga sedang dalam fase setelah melahirkan. Rocking Mama Community juga bisa jadi komunitas yang tepat untuk Mama lho, karena di Facebook Group-nya banyak sekali informasi bisa Mama temukan. Juga terbuka untuk bisa berinteraksi dengan sesama mama lain yang juga mempunyai permasalahan yang sama.


BACA JUGA


Persiapkan 6 Perlengkapan Bayi Berikut Sebelum Hari Perkiraan Lahir si Baby Tiba!

Persiapkan 6 Perlengkapan Bayi Berikut Sebelum Hari Perkiraan Lahir si Baby Tiba!

Hai, Mama! Bagaimana kabar kandungan Mama? Sudah semakin mendekati HPL? Sudah siap menyambut kedatangan si baby mungil kesayangan Mama itu? ...

Read more..


Nah, setelah membaca 5 langkah pemulihan kondisi setelah melahirkan tersebut, apakah setidaknya langkah nomor 1 dan 2 sudah Mama lakukan? Atau mungkin sudah, tapi masih belum rutin?

Untuk 40 hari ke depan pasca melahirkan sebaiknya Mama terapkan langkah-langkah tersebut agar kondisi fisik Mama segera pulih kembali. Manfaatkan jatah cuti melahirkan ya, Ma!

Semoga kondisi fisik Mama cepat pulih kembali, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Segera Pulih Setelah Melahirkan? Berikut 5 Langkah yang Akan Bisa Membantu Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda