Sejenak Lepas dari Dunia Maya, Ini Dia 5 Hal Besar yang Bisa Mama Dapatkan!

Sejenak Lepas dari Dunia Maya, Ini Dia 5 Hal Besar yang Bisa Mama Dapatkan!

483
Dunia maya itu indah. Banyak hal menarik di sana. Namun sesekali, perlu juga 'hijrah' daripadanya. Untuk sekadar mengingatkan bahwa dunia nyata pun tak kalah indahnya.

Siapa sih, yang bisa lepas dari gawainya? Memandangi benda canggih yang memuat banyak hal itu memang menyenangkan, bukan? Banyak hal indah di sana; foto-foto, kata mutiara, produk jualan, berita-berita, sampai curhatan orang .... Begitulah, di dunia maya, semuanya ada.

Tapi, Mama tentu sadar juga kan, bahwa belum tentu semua hal itu nyata adanya? Banyak juga yang palsu, yang dibuat-buat, dilebih bahkan dikurangkan. Namanya saja 'dunia maya', Ma. Bukan dunia nyata.

Menurut penelusuran Kementrian Informasi dan Komunikasi, 10% dari berita yang beredar itu hoax lo, Ma! Kecil memang, hanya sepersepuluhnya. Namun sayang, kebanyakan orang lebih suka membaca yang demikian, ketimbang berita yang benar adanya. Hiks!

Yuk ah, beristirahat sejenak dari dunia maya, Ma. Berhenti daring (dalam jaringan/online) dan mulai menikmati indahnya dunia nyata luring (luar jaringan/offline), setidaknya barang sehari dua hari.


BACA JUGA


Gadget Kadang Bikin Mager Ya, Ma. Yuk, Lebih Produktif Lagi Dengan Gadget Lewat 5 Tips Ini!

Gadget Kadang Bikin Mager Ya, Ma. Yuk, Lebih Produktif Lagi Dengan Gadget Lewat 5 Tips Ini!

Gadget sudah menjadi bagian hidup kita, betul? Apapun kita lakukan gadget selalu dalam genggaman

Read more..


Jangan khawatir, Mama tetap bisa melakukan hal-hal positif yang ngga kalah asyik kok di luar dunia maya itu, seperti berikut ini!

Rendezvous


Ya, Ma, kongko dengan teman-teman tersayang! Benar-benar bertatap muka dengan mereka, untuk berbagi cerita sekaligus berbagi ekspresinya.

Bukan curhat yang panjang lebar bikin jari keriting dengan emoticon yang tinggal milih ala dunia maya itu! Bukan! Tapi curhat yang membuat Mama bisa langsung memeluk mereka saat sedih maupun senang!

Pelukan itu menentramkan, kan Ma? Pasti seru, dan berkesan!


Memperhatikan Anak-anak


Mama mana pun bisa saja berkilah, "Saya memperhatikan anak, kok!". Tapi berkilahnya sambil ber-whatsapp. Ha!

Padahal memperhatikan anak-anak dalam arti sebenarnya sangat menghibur lo, Ma! Melihat mimik mereka saat bercerita, ditemani aroma tubuh mereka yang wangi telon, dan ikut mengalami segala hal nyata yang mereka punya.

Apalagi, anak-anak itu tak pernah habis ceritanya. Ada saja yang menarik dan membuat mereka ingin membaginya dengan Mama.

Nah, would you be there, Ma? Sungguh, sampai kapan pun, momen-momen itu akan tersimpan di hati, Ma!


Nge-date sama Papa


Coba jujur, sudah berapa lama Mama dan Papa nggak berkencan? Eits, bukan berkencan ala orang sekarang yang dikit-dikit wefie dan nge-upload ke dunia maya ya!

Tapi berkencan ala yang dulu pernah dilakukan, yang betul-betul melakukan aktivitas berduaan, tanpa 'pihak ketiga' alias gadget dan dunia maya!

Indah kan Ma, makan roti bakar sepiring bersama, sambil ketawa-ketiwi mengingat tingkah polah si kecil. Pesan minumnya juga berdua, ya Ma, dengan dua sedotan yang minumnya berbarengan sambil bertatapan mesra. Aih!


BACA JUGA


Ini Dia 7 Cara Melepaskan Kecanduan Gadget pada Balita

Ini Dia 7 Cara Melepaskan Kecanduan Gadget pada Balita

Kecanduan gadget kita sudah sampai pada taraf yang memprihatinkan, apalagi kalau sudah menjangkiti balita-balita kita juga

Read more..


Me Time


Waktu 'sendirian' ini juga harus betul-betul sendiri, ya Ma. Tanpa handphone, laptop, atau dunia maya!

Oh ayolah, Ma, jujur saja, Mama sudah bosan kan, dengan status si anu yang penuh dusta? Juga dengan si grup itu yang penuh hate speech? Jadikan mereka alasan kuat untuk shut down gawai Mama.

Mama akan merasa lebih nyaman membaca novel berkualitasnya John Grisham, atau sekadar majalah Donal Bebek, ketimbang curhatan lebay seseorang di dunia maya.

Lebih damai juga bila Mama duduk diam sejenak, berdzikir atau bermeditasi mengkoneksikan diri dengan Sang Maha Memiliki di atas sana, daripada misuh-misuh gegara postingan kebencian.

Cobain deh, it works!


Beberes


Sebenarnya, ini nggak banget! Lebih bikin malas beberes rumah daripada mandangin hape dan berseluncur di dunia maya, bukan?

Tapi ini beberesnya beda, Ma, justru menyenangkan. Misalnya memisahkan baju lama yang sudah tak terpakai untuk diberikan pada simbok yang bekerja di rumah selama bertahun-tahun itu. Tunik jadoel Mama mungkin bisa jadi baju Lebaran yang berharga baginya!

Bereskan juga make up yang sudah kedaluwarsa, Ma. Jadikan alasan untuk membeli yang baru. Hihihi. Jangan lupa tas dan sepatu yang menumpuk di lemari, ya. Bagikan pada keponakan, lalu dandani mereka agar jadi sekeren Mama!


BACA JUGA


Si Remaja Kelamaan Main Internet? Hati-hati, Beberapa Hal Negatif Ini Mengintai Mereka yang Terlalu Lama Berinternet!

Si Remaja Kelamaan Main Internet? Hati-hati, Beberapa Hal Negatif Ini Mengintai Mereka yang Terlalu Lama Berinternet!

Di zaman modern seperti ini anak-anak Mama pasti semakin pintar main internet. Apakah si remaja Mama sering berlama-lama dengan handphone ...

Read more..


Nah, bagaimana rencana 'liburan' sejenaknya dari dunia maya ini, Ma? Sepertinya cukup menyenangkan, bukan?

Acara off-gadget ini perlu dilakukan sedikitnya dua minggu sekali, loh Ma, untuk mengembalikan 'kewarasan' Mama setelah sehari-hari bergumul dengan dunia maya. Untuk menyeimbangkan pikiran, mengingatkan bahwa banyak hal yang tak kalah indahnya di dunia nyata!

Selamat berlibur, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sejenak Lepas dari Dunia Maya, Ini Dia 5 Hal Besar yang Bisa Mama Dapatkan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar